Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Lengkap Disertai Arab, Latin, dan Artinya

Doa sebelum dan sesudah belajar merupakan doa yang harus dihafalkan oleh setiap penuntut ilmu. Baik itu belajar ilmu yang bersifat dunia apa lagi belajar ilmu agama. Dengan harapan berdoa sebelum dan sesudah belajar Allah SWT memberikan kemudahan dan kelancaran dalam membaca, menghafal, dan mempelajari ilmu tersebut. Allah SWT berikan keberkahan dalam ilmu yang dipelajari sehinga kelak menjadi ilmu yang barokah bermanfaat untuk diri sendiri dan untuk sesama umat islam.

Dalil menuntut ilmu

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Lengkap
Agar berkah baca doa sebelum
dan sesudah belajar
Telah sama-sama kita ketahui bahwa menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi sertiap muslim baik itu laki-laki dan perempuan. Sesuai dengan sabda baginda Nabi Muhammad SAW: 

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Thalabul 'ilmi faridatun 'ala kulli muslim wa muslimah

Artinya: "Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan." (HR Al-Baihaqi)

Jelas diterangkan dalam hadits di atas  bahwa menuntut ilmu merupakan kewajiban  bagi setiap muslim dan muslimat. Syeikh Az Zarnuji menerangkang bahwa kewajiban tersebut tidak terbatas hanya mempelajari ilmu agama melainkan juga ilmu yang bersifat dunia. Termasuk mempelajari ilmu yang dibutuhkan untuk dirinya sendiri pada waktu sekarang ini, dan juga mempelajari ilmu yang kelak bisa diamalkan dan bermafaat untuk sesama.

Baca juga: Doa sesudah sholat Dhuha arab, latin, dan artinya

Lalu Pertanyaannya mengapa menuntu ilmu itu wajib bagi setiap umat muslim? karena tentu ada banyak sekali keutamman dari ilmu. Berikut beberapa keutamaan dari ilmu:

  • Ilmu merupakan keistemewaan yang Allah SWT berikan hanya kepada manusia. 
  • Manusia dan hewan yang membedakan dari keduanya adalah ilmu. 
    لَوْلاَ العِلْمُ لَكَانَ النَّاسُ كَالبَهَائِمِ
    "Seandainya tanpa ilmu, manusia seperti binatang." [Maqalah]
  • Dengan ilmu manusia dapat membedakan mana yang haq dan yang batil
  • Ilmu bisa mengantarkan seseorang menuju kepada kebaikaan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
  • Dengan ilmu Allah SWT akan mengangkat derajat seseorang.
  • Orang yang menuntut ilmu sama pahalanya dengan orang yang sedang berjihad di jalan Allah SWT
  • Allah akan mudahkan baginya jalan menuju syurga.
  • Orang yang berilmu lebih mulia dari ahli ibadah.
  • Penduduk bumi dan langit memohon ampunan bagi penuntut ilmu.
  • Dan banyak lagi keutamaan lainnya bagi mereka yang menuntut ilmu ikhlas karena Allah SWT semata.
Berikut adalah bacaan doa sebelum dan sesudah belajar dalam islam dilengkapi dengan latin, arab dan artinya.

Doa sebelum belajar

Sebelum belajar awali dengan membaca Basmallah dan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW kemudian membaca doa berikut ini:

رَضِيْتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla, robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya: "Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik"

Doa agar diberi kemudahan memahami pelajaran

Setiap dari kita tentu ingin diberikan oleh Allah dzat yang maha pemberi ilmu kemudahan dan kelancaran dalam memahami segala materi pelajaran. Dengannya doa berikut ini sangat baik untuk dihafalkan dan diamalkan saat sebelum memulai belajar. Berikut ini doa dari sayyidina Al 'Arif billah Al Hasan bin Sholeh Al Bahr:

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ، وَحِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ، وَإِلْهَامَ الْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ اللَّهُمَّ أَغْنِنِي بِالْعِلْمِ ، وَزَيِّنِّي بِالْحِلْمِ ، وَأَكْرِمْنِي بِالتَّقْوَى ، وَجَمِّلْنِي بِالْعَافِيَةِ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمْيِنَ

Allahumma inni as'aluka fahman Nabiyyin, wa khifdzol mursalin, wa ilhamal malaikatil muqorrobiin, Allahumma aghninii bil 'ilmi, wazayyinnii bilhilmi, wa akrimnii bit taqwa, wajammilnii bil 'afiyah yaa arhamar roohimiin.

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku meminta kepada-Mu pemahaman para Nabi, ingatan para Rasul, dan ilham para malaikat yang mempunyai kedudukan istimewa. Ya Allah, cukupkan aku dengan ilmu. Hiasi diriku dengan hilmu (kesantunan dan kelembutan). Muliakan aku dengan takwa. Baguskan diriku dengan afiat (kesehatan). Duhai, yang Maha Pengasih di antara yang mengasihi."

Doa Sesudah Belajar

Setelah belajar jangan langsung beranjak dari meja belajar sebelum berdoa. Karena dengan berdoa kita memohon kepada Allah SWT agar diberi hafalan yang kuat, pemahaman yang baik, diingatkan saat lupa, dan diberikan ilmu yang telah dipelajari pada saat-saat dibutuhkan. Yang paling penting adalah dengan berdoa setelah belajar Allah SWT berikan keberkahan ilmu yang telah dipelajari. Bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, dan untuk sesama umat islam. Berikut ini adalah doa sesudah belajar yang bisa dihafalkan dan diamalkan.

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin

Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam."

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa'naa bima 'alamtanaldzi yanfa'una wa zidna 'ilman walhamdulillahi 'ala kulihal

Artinya: "Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan."

Itulah tadi doa sebelum dan sesudah belajar yang baik untuk diamalkan pada setiap sebelum dan sudah belajar. Baik itu belajar ilmu agama islam maupun ilmu lainnya. Dengan membaca doa sebelum dan sesudah belajar selain berharap kepada Allah SWT atas segala kebaikan bagi ilmu yang dipelajari juga akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. 

Demikian ulasan doa ketika sebelum dan sesudah belajar. Semoga bermanfaat untuk sahabat-sahabatku semua. Terimakasih. Wallahu'alam