Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan 7 Cara Mengatasi Susah Tidur Menjadi Nyenyak

Gangguan tidur ini bukan hanya insomnia saja. Namun yang seringkali susah tidur ini akan membuat Sahabat merasa tak nyaman dan bisa mengganggu aktvitas keseharian. Cara mengatasi susah tidur dibawah ini layak untuk Sahabat coba.

Penyebab Susah Tidur

Banyak yang menyebut gangguan susah tidur ini dengan insomnia. Namun yang harus Sahabat ketahui bahwa tidak semua orang yang susah tidur ini mengalami insomnia. Insomnia akut yang dialami seseorang ini terjadi jika gangguan sulit tidur dialami dengan waktu yang cukup lama yaitu hitungan hari maupun minggu. Dan untuk insomnia kronis ini bisa terjadi hingga berbulan-bulan lamanya.

Dibawah ini akan kami berikan ulasan singkat mengenai penyebab orang menjadi susah tidur :

1. Stres

Penyebab susah tidur yang sering dialami banyak orang yaitu dikarenakan stres. Stres ini juga bisa terjadi karena pekerjaan maupun banyak tugas-tugas yang tak kunjung selesai sampai dengan kehilangan orang terkasih. Biasanya ini semua membuat Sahabat menjadi susah tidur.

Baca Juga: Cara mengatasi jerawat tanpa resiko

2. Jadwal Sibuk

Apabila Sahabat seringkali bepergian baik keluar kota maupun luar negeri yang memiliki zona waktu berbeda lalu melakukan pekerjaan hingga larut malam. Ini semua akan membuat ritme sirkadian yang ada didalam tubuh jadi terganggu. Tipe sirkadian ini merupakan jam biologis tubuh yang berjalan otomatis. Contohnya saat menjelang tidur maka tubuh juga akan menyiapkan diri untuk tidur.

Pada orang yang jarang terkena sinar matahari ini seringkali terkena jetlag, sering terjaga sampai pagi. Ini akan membuat tipe sirkadian yang ada pada tubuh akan jadi berantakan. Tubuh juga akan kebingungan kapan waktunya makan dan waktu untuk bangun tidur.

3. Terlalu Banyak Makan di Malam Hari

Mengkonsumsi kudapan ringan menjelang tidur ini tak jadi masalah. Akan tetapi jadi masalah saat mengkonsumsinya menjelang tidur . Hal ini dikarenakan perut terasa penuh dan berat. Disarankan kamu juga tak mengkonsumsinya saat akan tidur. Hal ini akan membuat terasa penuh dan tak nyaman. Apabila langsung tidur saat sudah makan ini juga bisa memicu gangguan pada lambung yang akan membuat Sahabat menjadi susah tidur.

4. Terlalu Banyak Menggunakan Gadget

Apabila Sahabat terlalu lama dalam menggunakan gadget ini maka akan membuat Sahabat menjadi lebih susah untuk tidur. Hal ini dikarenakan sinar terang yang berasal dari gadget.

7 Cara Mengatasi Susah Tidur Tanpa Obat

Cara Mengatasi Susah Tidur
Tips mudah mengatasi Insomnia
Bagi Sahabat yang pernah ataupun seringkali mengalami susah tidur mungkin bisa melakukan cara mengatasi susah tidur dibawah ini sehingga akan membuat Sahabat menjadi terlelap. Sahabat bisa mulai dengan latihan pernapasan dahulu hingga memperhatikan tempat untuk tidur. Dibawah ini kami juga akan berikan cara mengatasi susah tidur yang alami dan tanpa obat yang perlu Sahabat coba.

1. Bersiap tidur saat sahabat sudah benar-benar mengantuk

Banyak orang yang mengatakan bahwa ada yang tidur lebih awal yaitu sekitar pukul 7 hingga 8 malam. Akan tetapi hanya untuk berbaring saja dan sulit ketika akan memejamkan mata. Dan untuk alternatifnya, Sahabat penting untuk mengatur ulang jadwal tidurnya saat benar-benar mengantuk.

Misalnya biasanya tidur dan mengantuk pada pukul 9 malam maka bersiaplah untuk tidur saat mendekati pukul 9 malam. Jadi cobalah untuk bersiap-siap tidur saat benar-benar mengantuk. Sehingga lama-lama tubuh juga akan mudah terlelap di tempat tidur.

2. Tidak tidur di sofa

Apakah Sahabat seringkali tidur di sofa? Cobalah untuk menghilangkan kebiasaan yang kurang baik ini. Sebaiknya biasakan untuk tidur ditempat tidur. Lakukan olah raga ringan sebelum tidur agar Sahabat menjadi makin nyenyak untuk tidur malam.

3. Latihan pernapasan dengan menggunakan teknik 4-7-8

Cara mengatasi susah tidur lainnya yaitu dengan melakukan relaksasi. Hal ini akan membuat tubuh serta pikiran jadi lebih santai. Sahabat bisa melakukan latihan pernapasan agar tidak susah untuk tidur :
  • Langkah pertama dengan tarik napas lewat hidung dalam hitungan 1-4
  • Kemudian tahan napas selama tujuh hitungan
  • Setelah itu hembuskan melalui mulut di hitungan yang kedelapan
  • Lalu ulangi sebanyak tiga kali
Bukan hanya itu saja, sahabat juga bisa mencatat hal-hal lainnya yang dipikirkan untuk kegiatan esok hari.

4. Tinggalkan kamar tidur sejenak

Apabila sahabat seringkali terbangun di malam hari dan tidak bisa tidur lagi maka tak perlu untuk memaksakan bisa tidur kembali. Sahabat bisa langsung bangun dan tidur di ruangan lainnya. Sahabat juga bisa melakukan sesuatu yang menyenangkan hingga lelah lalu tertidur. Jadi cara mengatasi susah tidur ini cukup unik.

5. Buat suasana kamar jadi lebih nyaman

Memiliki kamar yang terlalu terang, bising serta panas ini bisa membuat Sahabat menjadi susah untuk tidur. Saat sahabat ingin tidur maka jangan menyalakan lampu terlalu terang pada tempat tidur. Karena hal ini akan membuat jadi lebih susah tidur.

Nah jadi cara mengatasi kurang tidur ini penting untuk membuat suasana kamar jadi lebih nyaman.

6. Batasi Gadged di malam hari

Cara mengatasi susah tidur ini yaitu dengan membatasi bermain gadget saat malam hari. Karena aktivitas ini akan membuat Sahabat menjadi semakin terjaga dan susah tidur. Selalu ingat bahwa blue light pada layar gadget ini akan membuat Sahabat menjadi makin terjaga dan menjadi sulit untuk tidur.

7. Batasi waktu tidur siang hari

Tidur siang ini memang tak jadi masalah. Yang jadi permasalahan yaitu apabila tidur siangnya lama dan bangun mendekati waktu tidur malam. Hal ini akan membuat Sahabat menjadi susah untuk tidur malam dan tetap terjaga. Jadi sebaiknya batasi saja waktu tidur siangnya hanya 30 menit saja dan untuk tidur siang ini sebaiknya dilakukan sebelum pukul 3 sore sehingga tak mengganggu saat Sahabat ingin tidur malam. Itulah beberapa cara mengatasi susah tidur dan semoga bermanfaat.