Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperkuat Sinyal HP di Daerah Terpencil dengan Berbagai Metode

Cara Memperkuat Sinyal HP di Daerah Terpencil dengan Berbagai Metode - Sinyal merupakan komponen wajib yang harus ada di ponsel. Tanpa adanya sinyal, maka proses komunikasi tidak akan bisa dilakukan secara lancar. Lalu bagaimana saat ada di tempat terpencil dan sinyalnya lemah? Jika memiliki masalah seperti ini, maka harus tahu cara memperkuat sinyal HP di daerah terpencil dengan beberapa metode yang ada.

Dengan menerapkan beberapa komponen langkah ini, maka sinyal yang ada di tempat terpencil bisa lebih kuat. Penerapan metodenya bukanlah langkah yang sulit. Jadi, siapa saja bisa langsung mengaplikasikan caranya tanpa harus memiliki keahlian khusus. Simak beberapa cara yang ada di bawah ini:

1. Pergi ke Tempat Terbuka

Cara Memperkuat Sinyal HP di Daerah Terpencil
Tipe memperkuat sinyal HP di daerah terpencil 
Metode pertama yang bisa diaplikasikan untuk memperkuat sinyal adalah dengan pergi ke tempat terbuka. Saat berada di dalam ruangan yang sempit, biasanya sinyal akan sulit masuk dan sulit dijangkau. Maka dari itu, pengguna bisa segera pindah ke lokasi atau ruang yang lebih luas daripada ruang yang sebelumnya.

Baca juga: Cara mengatasi layar bergerak sendiri Hp Samsung

Atau kalau perlu, bisa langsung keluar ruangan dan cari tempat yang strategis. Biasanya, lokasi yang dekat dengan jalan raya akan memberikan sinyal yang lebih baik. Hal ini dikarenakan tempat yang dekat dengan jalan raya tidak dibatasi oleh tembok yang menjulang. Dengan demikian, sinyalnya akan jauh lebih kuat.

2. Kunci Satu Sinyal Saja

Setiap ponsel, pasti memiliki pengaturan untuk memilih jenis sinyal yang akan dipakai. Pengaturan ini juga memungkinkan pengguna untuk mengunci satu jenis sinyal saja. Melalui proses penguncian ini, maka sinyal yang dipakai akan fokus pada yang dipilih saja. Hal ini tentu bisa membuat sinyal menjadi lebih kuat.

Coba mulai mengunci jaringan 4G yang ada di perangkat. Jika jaringan yang didapat stabil, maka sinyalnya akan kuat. Namun jika masih belum kuat, maka ganti saja dengan mengunci jaringan 3G. Karena ada di daerah terpencil, bisa jadi jaringan 4G masih belum bisa dijangkau. Jika dengan 3G sinyalnya sudah kuat, maka bisa langsung dipakai.

3. Aktifkan Airplane Mode

Cara memperkuat sinyal HP di daerah terpencil selanjutnya adalah dengan mengaktifkan komponen airplane mode atau mode pesawat. Dengan memanfaatkan komponen fitur ini, maka jaringan yang ada di ponsel akan di-refresh. Pastikan untuk mengaktifkan mode ini paling tidak tiga menit untuk mendapatkan hasil yang baik.

Setelah tiga menit, matikan mode pesawat yang sudah diaktifkan tadi. Kemudian, perangkat akan secara otomatis mencari sinyal yang sesuai. Hal ini akan membuat perangkat menemukan sinyal yang lebih kuat dari sebelumnya. Proses ini sendiri sangat mudah dan tidak menyulitkan pengguna untuk penerapannya.

Baca juga: Tata cara membersihkan layar handphone dengan mudah

4. Jauhkan dari Perangkat Elektronik

Menjauhkan ponsel dari perangkat elektronik lain juga bisa dilakukan. Jika saling berdekatan, sinyal yang ditangkap oleh ponsel juga tidak akan maksimal. Bentrokan radiasi dan perebutan sinyal akan terjadi jika dua komponen elektronik saling berdekatan. Maka dari itu, pastikan untuk menjauhkannya jika ingin sinyalnya kuat.

5. Atur Jaringan di Ponsel

Rekomendasi cara terakhir adalah dengan mengatur jaringan yang ada dalam ponsel. Langkah ini sangatlah penting dilakukan jika ingin sinyal ponsel lebih kuat. Langsung saja masuk ke bagian "Pengaturan" yang ada di perangkat. Kemudian, masuk kebagian "SIM Card & Mobile Network". Lalu dilanjutkan dengan memilih provider yang dipakai.

Baca juga: Cara mengatasi layar Hp tidak bisa disentuh sebagian

Jika sudah ada halaman baru yang muncul, maka pastikan untuk mengaturnya sesuai ketentuan provider yang dipakai. Setiap provider tentunya memiliki jenis pengaturan yang berbeda-beda. Mulai dari APN, sandi, dan berbagai komponen lainnya harus diisi dengan baik dengan menyesuaikan aturan yang ada.

Daftar metode atau cara memperkuat sinyal HP di daerah terpencil yang ada di atas tentunya bisa langsung diaplikasikan. Semua caranya juga mudah dan tidak perlu komponen khusus. Agar prosesnya menyeluruh, maka pastikan untuk memanfaatkan semua langkah satu per satu dan buktikan sendiri hasilnya.