Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Layar HP Samsung J2 Prime Bergerak Sendiri dengan Mudah

Cara Mengatasi Layar HP Samsung J2 Prime Bergerak Sendiri dengan Mudah - Semakin lama penggunaan HP, maka semakin banyak pula permasalahan yang muncul. Salah satu yang komponen permasalahan khusus paling sering terjadi adalah layar yang bergerak sendiri. Bagi pengguna Samsung J2 Prime, tentu ada cara atau metode penerapannya tersendiri. Cara mengatasi layar HP Samsung J2 Prime bergerak sendiri bisa segera diterapkan agar layar kembali seperti semula.

Metode yang bisa dipakai tidak hanya satu. Ada juga metode lanjutan yang bisa difungsikan agar permasalahan ini tidak berlanjut. Komponen ini juga penting untuk dilakukan agar HP bisa tahan lebih lama. Penasaran bagaimana metodenya? Simak daftar cara yang ada di bawah ini dan terapkan secara langsung:

Cara Menghentikan Layar yang Bergerak dengan Cepat

Cara Mengatasi Layar HP Samsung J2 Prime Bergerak Sendiri
Cara Mengatasi Layar HP Samsung J2 Prime Bergerak Sendiri
Jika tiba-tiba layar HP Samsung J2 Prime bergerak sendiri, maka ada metode atau cara cepat yang bisa segera diaplikasikan. Komponen langkah ini bisa segera diterapkan secara cepat tanpa perlu menyiapkan komponen bantuan apa pun. Inilah langkah pastinya yang bisa diaplikasikan pada HP Samsung:


● Pastikan untuk memencet tombol power dan tombol menurunkan volume secara bersamaan. Tahan selama tujuh sampai sepuluh detik hingga soft reset atau reboot terjadi. Hal ini bisa langsung dilakukan saat layar ponsel bergerak sendiri.

● Jika HP tidak memiliki tombol power khusus, maka pencet tombol menurunkan volume dan tombol samping selama waktu yang sama. Hal ini juga akan memberikan hasil soft reset yang sama pada komponen perangkat.

Dua metode ini tentunya bisa diterapkan secara langsung saat layar HP sedang bergerak sendiri. proses ini akan dilakukan dan tidak akan berbahaya untuk data dalam perangkat. Soft reset yang dilakukan tidak akan menghilangkan data yang tersimpan. Setelah melakukan proses ini, biasanya layar HP tidak akan bergerak lagi.

Metode Lanjutan agar Layar Tidak Bergerak

Selain metode cepat di atas, cara mengatasi layar HP Samsung J2 Prime bergerak sendiri juga bisa dilakukan dengan berbagai metode lanjutan yang ada. Dengan menerapkan metode-metode ini, maka layar HP tidak akan bergerak sendiri lagi. Berikut beberapa metode lanjutan yang bisa segera difungsikan:

1. Bersihkan Layar HP

Metode lanjutan pertama yang bisa segera dipakai adalah membersihkan layar HP. Terkadang, alasan utama kenapa layar bergerak sendiri adalah karena layarnya kotor. Maka dari itu, pastikan untuk membersihkan komponen ini secara berkala. Proses pembersihannya juga harus dilakukan dengan rangkaian yang baik agar tidak terjadi kerusakan.

Baca juga: Cara mengatasi layar Hp bergaris tanpa mengeluarkan biasa besar

2. Bersihkan File Virus

 Terkadang, permasalahan virus juga bisa berpengaruh pada komponen layar HP. Lakukan pembersihan secara berkala pada virus yang ada di perangkat. Jika tidak dibersihkan, maka bisa jadi ada file virus yang berdampak secara penuh pada sensor layar yang ada di ponsel. Meski tidak terlihat secara langsung, hal ini tentu akan berbahaya.

3. Bawa ke Tempat Service

Jika permasalahan ini sering terjadi dan tidak bisa diperbaiki dengan berbagai metode di atas, maka pilihan metode terakhir yang bisa diaplikasikan adalah mendatangi tempat service. Dengan mendatangi tempat ini, maka proses pengecekan permasalahannya bisa menyeluruh. Kalau perlu, ganti beberapa komponen layar agar tidak bergerak sendiri lagi.

Baca juga: Cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi sama sekali 5 menit

Semua metode atau cara mengatasi layar HP Samsung J2 Prime bergerak sendiri yang ada di atas tentunya bisa segera dipakai. Pastikan untuk menerapkan semua metodenya dengan langkah yang tepat. Jika ada satu langkah saja yang kurang, maka proses pengembalian layar agar tidak bergerak akan terhambat.