Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Cara Mengatasi Layar Hp Tidak Bisa Disentuh Sebagian

Ini Cara Mengatasi Layar Hp Tidak Bisa Disentuh Sebagian - Mayoritas pengguna smartphone era modern menggunakan layar sentuh. Namun, tetap ada risiko layar mengalami gangguan, misalnya tidak berfungsi di beberapa bagian. Tahukah bahwa cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh sebagian dapat diusahakan sendiri? Tidak perlu panik, ada beberapa tips yang bisa dicoba sehingga layarnya dapat berfungsi kembali, yakni:

1. Membersihkan Layar Hp

Cara Mengatasi Layar Hp Tidak Bisa Disentuh Sebagian
Cara Mengatasi Layar Hp Tidak
Bisa Disentuh Sebagian
Bersihkan layar dari kotoran yang menempel. Hal ini terkesan sepele, namun sebenarnya cukup berdampak terhadap performa layar. Jika kotor, layar akan terganggu fungsinya. Misalnya kotoran yang berasal dari minyak, debu, keringat, bumbu makanan, dan lain-lain di jari.

Baca juga: Tata cara membersihkan layar handphone dengan mudah

Kotoran yang terabaikan dan menempel bisa membuat beberapa bagian layar tidak dapat disentuh. Bersihkan layar dengan tisu yang dibasahi sedikit secara hati-hati hingga bersih. Bisa juga melepas pelindung layar jika diperlukan.

2. Menekan Layar

Lakukan cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh sebagian dengan menekannya. Ada kemungkinan terdapat bagian yang longgar di layar, sehingga cara ini dapat mengencangkannya kembali.

Caranya menjepit dengan jari telunjuk serta jempol pada bagian layar yang tidak berfungsi, antara layar dengan casingnya. Atau cukup dengan menekan layarnya saja dengan agak keras, namun tetap berhati-hati.

3. Memeriksa Pemakaian RAM

Perhatikan penggunaan RAM yang merupakan sistem untuk menjalankan fungsi smartphone. Masalah di layar juga bisa dipengaruhi oleh gangguan sistem, misalnya RAM penuh. Jika RAM penuh, respon dari sistem dapat berkurang sehingga memunculkan error/bug tertentu.

Periksa pemakaian memori dengan membuka pengaturan/settings hp kemudian pilih memori. Periksa pemakaian RAM, kemudian bersihkan jika mulai penuh. Bisa juga dengan memanfaatkan aplikasi cleaner RAM yang banyak ditemukan di toko aplikasi.

4. Mematikan Hp Sementara

Mematikan daya ponsel untuk sementara. Cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh sebagian ini sederhana, namun dapat mendinginkan smartphone yang panas berlebih. Salah satu penyebab tidak berfungsinya layar hp adalah karena suhunya yang terlalu tinggi.

5. Mengganti Charger

Pertimbangkan untuk mengganti charger dari hp. Error pada proses pengisian daya dapat menjadi penyebab tidak berfungsinya layar hp sebagian. Untuk itu, cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh sebagian dapat dilakukan dengan mengganti chargernya dengan yang original.

Cara ini cocok untuk pengguna yang layarnya sering mengalami gangguan pada saat sedang diisi dayanya. Jika diteruskan dengan charger yang kurang tepat, dapat menimbulkan masalah lain misalnya mati sendiri atau kerusakan pada baterai.

Baca juga: Cara mengatasi layar Hp bergaris tanpa mengeluarkan biaya besar

6. Mengubah Resolusi Layar

Coba ganti resolusi dari layar hp. Jika sudah mencoba cara lain namun belum berhasil, opsi ini dapat menjadi alternatif untuk mengakali layar yang bagian tertentunya tidak berfungsi. Umumnya, resolusi dari hp sudah menggunakan HD bahkan full HD. Di sinilah pengguna bisa mengakali dengan mengganti resolusi layar agar lebih kecil.

Dengan demikian, bagian layar sentuh yang tidak berfungsi dapat dihindari. Caranya dengan membuka menu “Pengaturan”, selanjutnya cari “Tentang ponsel”. Lanjutkan dengan klik “Nomor bentukan” untuk beberapa kali lalu pilih “Opsi pengembang”. Geser, lalu cari “Smallest width” yang artinya lebar terkecil.

Ganti nilai tersebut agar lebih rendah dibandingkan sebelumnya. Contohnya 480-640 dan lain-lain sesuai kebutuhan. Tampilan layar akan berubah, namun untuk penggunaan sehari-hari sebenarnya masih baik dan menghindari area yang mengalami gangguan.

Baca juga: Cara mengatasi layar Hp gerak sendiri supaya normal kembali

Itu tadi beberapa cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh sebagian. Selain lokasi yang berbeda, penyebabnya pun bisa berlainan. Untuk itulah tersedia beragam cara yang dapat dicoba daripada langsung membawanya ke jasa servis. Semoga informasi ini dapat memberi pencerahan akan apa yang perlu dilakukan sehingga dapat menggunakan hp kembali dengan nyaman.