Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Mudah Tanpa Harus Minum Obat

Cara Mengatasi Sakit Kepala - Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang bisa terjadi karena berbagai faktor dan bisa juga karena ada gangguan pada kesehatan pada tubuh lainnya. Selain itu, ada juga sakit kepala yang disebabkan dengan hal-hal yang ringan seperti kurang minum air putih, cuaca panas dan bisa juga karena keracunan makanan.

Saat sahabat terkena penyakit kepala tidak perlu bingung lagi bagaimana cara mengatasi sakit kepala, karena saat ini ada berbagai cara mengatasi sakit kepala dengan cara yang mudah dan sederhana.

Macam-Macam Cara Mengatasi Sakit Kepala

Cara Mengatasi Sakit Kepala
Atasi sakit kepala dengan cara alami

Pada saat terjadi sakit kepala banyak cara mengatasi sakit kepala yang bisa dilakukan. Namun untuk cara mengatasi harus disesuaikan dengan sebab akibat nya. Semakin penasaran bukan apa saja cara mengatasi sakit kepala yang ringan dan mudah. Mari kita langsung saja mulai membahas di bawah ini secara lebih jelas.

1. Banyak Minum Air Putih

Setiap tubuh manusia yang melakukan pekerjaan secara optimal membutuhkan kadar air putih secara cukup. Sakit kepala atau pusing sering terjadi karena tubuh manusia mengalami kekurangan cairan. Maka dari itu untuk mengatasi hal tersebut sahabat bisa dengan meningkatkan konsumsi air putih.

Pada dasarnya di setiap tubuh manusia yang ideal membutuhkan cairan air sebanyak satu liter. Ada beberapa waktu yang cocok untuk sahabat melakukan minum air putih, yaitu pagi hari setelah bangun tidur.

2. Istirahat Cukup di Tempat Minim Cahaya

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa cahaya yang terang atau menggunakan lampu hias kedip-kedip akan membuat sahabat menjadi sakit kepala.

Maka dari itu, untuk sahabat yang sedang mengalami sakit kepala karena cahaya lampu terlalu terang untuk cara mengatasi sakit kepala nya adalah sahabat melakukan istirahat di tempat yang minim cahaya.

3. Mengurangi Tekanan di Kepala

Pada saat sahabat sering menggunakan topi atau kacamata VR maupun AR akan menyebabkan kepala menjadi pusing dan banyak dari kalangan orang yang belum mengerti mengenai hal tersebut.

Sama hal nya ketika pada suatu hari sedang memikirkan pekerjaan atau masalah secara berlebihan maka hal tersebut juga menjadi salah satu akibat kepala sahabat menjadi pusing.

Untuk cara mengatasi sakit kepala yang satu ini adalah sahabat bisa mengurangi pemikiran pada hari tersebut dan baringkan tubuh sahabat di tempat tidur di kasur agar pikiran menjadi rileks.

4. Melakukan Peregangan Tubuh

Ada beberapa orang dalam melakukan pekerjaan harus duduk di depan monitor untuk menyelesaikan sesuatu pekerjaan. Saat sahabat mengalami kelamaan duduk di depan monitor akan membuat tubuh sahabat menjadi kaku dan pikiran menjadi stres karena pekerjaan yang terlalu menguras tenaga untuk berpikir.

Maka dari itu, untuk sahabat yang mempunyai pekerjaan seperti di atas bisa melakukan peregangan pada tubuh atau pemanasan agar sirkulasi darah di tubuh menjadi lancar kembali.

5. Mempunyai Waktu Istirahat yang Cukup

Sakit kepala juga bisa disebabkan karena sahabat kurang mempunyai waktu tidur yang cukup. Pada dasarnya manusia membutuhkan waktu istirahat kurang lebih selama 8 jam setiap hari nya.

Untuk sahabat yang mempunyai kebiasaan begadang sampai dengan larut malam atau mempunyai pekerjaan yang terlalu keras maka sebaik nya sahabat mengurangi kegiatan tersebut.

Pada saat sahabat mengurangi beberapa kegiatan tersebut maka sahabat akan mempunyai kesempatan untuk melakukan istirahat agar tidak bisa mendapatkan tubuh segar kembali.

6. Minum Kopi atau Teh Hangat

Cara mengatasi sakit kepala yang satu ini sangat unik yaitu sahabat bisa melakukan dengan meminum kopi atau teh hangat. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa pada saat sahabat minum kopi atau teh hangat bisa meredakan sakit kepala.

Baca juga: Penyebab dan cara mengatasi susah tidur menjadi nyennyak

Pembuluh darah pada kepala yang melebar bisa di lakukan penyempitan dengan mengkonsumsi minuman dengan kandungan kafein di minuman kopi atau teh hangat.
Sehingga cara sederhana nya untuk sahabat yang sedang mengalami sakit kepala bisa mencoba dengan cara tersebut agar meredakan sakit kepala secara perlahan-lahan.

7. Mengkonsumsi Makanan Penyembuh Sakit Kepala

Pada saat sahabat mengalami sakit kepala sahabat bisa langsung mengkonsumsi makanan yang diyakini dapat dijadikan sebagai cara mengatasi sakit kepala. Ada beberapa jenis makanan yang dapat dijadikan sebagai alat untuk mengobati sakit kepala mulai dari sayur-sayuran, kacang-kacangan, coklat maupun jenis makanan lainnya yang banyak mengandung magnesium.

Selain itu, untuk sahabat yang tidak suka dengan macam-macam jenis makanan tersebut maka sahabat bisa mengkonsumsi suplemen yang juga sama-sama mengandung magnesium.

Kandungan magnesium di makanan maupun suplemen sangat di percaya dapat membantu sahabat untuk melemaskan pembuluh darah sampai dengan melancarkan aliran darah.

8. Memperbaiki Bentuk Tubuh

Memiliki bentuk tubuh yang baik akan membantu sahabat agar tidak terjadi penegangan pada bagian-bagian otot, sehingga sakit kepala sangat jarang muncul dan dapat berkurang sedikit demi sedikit.

Maka dari itu, untuk cara mengatasi sakit kepala bisa di lakukan dengan memperbaiki maupun menjaga bentuk tubuh. Ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk menjaga bentuk tubuh sahabat dengan melakukan penegakan pada bagian bahu dan mengangkat kepala sambil menarik pada bagian perut maupun pantat pada saat berdiri.

Baca juga: Cara mengatasi gusi bengkak dengan mudah  

Untuk sahabat yang sedang duduk pastikan untuk paha sahabat sejajar dengan lantai dan kepala bisa tunduk di bagian depan. Beberapa cara mengatasi sakit kepala yang sudah disebutkan di atas bisa sahabat lakukan pada saat mengalami sakit kepala.

Akan tetapi pada saat sahabat sudah melakukan beberapa cara di atas dan tidak mereda bisa langsung melakukan konsultasi dengan dokter agar diberikan sedikit obat untuk menyembuhkan sakit kepala yang sedang dialami.