Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Mudah Dilakukan Di Rumah

Gusi bengkak memang terasa tak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas harian sahabat. Oleh karena itulah sangat penting bagi Sahabat untuk mengetahui penyebab terjadinya gusi bengkak ini sekaligus cara mengatasi gusi bengkak.

Kenapa Gusi Bengkak?

Permasalahan gusi bengkak ini sudah sering dijumpai. Namun apa sebenarnya yang menjadi penyebab dari gusi bengkak ini?

Dibawah ini merupakan hal-hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya gusi bengkak :
  • Penumpukan plak yang ada gigi akibat gosok gigi yang tidak teratur
  • Kebiasaan merokok
  • Adanya infeksi jamur, virus, serta bakteri yang bisa menyebabkan peradangan di gusi
  • Kehamilan
  • Karena kekurangan vitamin C
Karena sedang menggunakan obat-obatan, misalnya obat antiepilepsi, kostikosteroid, obat kontrasepsi hormonal serta obat untuk menghambat saluran kalsium disamping itu, terjadinya gusi bengkak ini juga bisa terjadi karena gusi yang terlalu sensitif saat pemakaian pasta gigi maupun obat kumur. Selain itu juga karena pemasangan gigi palsu serta pemasangan perlengkapan gigi lainnya yang kurang tepat.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Apabila Sahabat mengalami gusi bengkak yang masih ringan maka bisa diatasi dengan meningkatkan kebersihan pada area mulut. Dibawah ini adalah cara yang bisa Sahabat lakukan untuk cara mengatasi gusi bengkak antara lain :
  • Yang pertama Sahabat harus rutin menggosok gigi 2 kali sehari. Lalu jangan lupa untuk selalu membersihkan gigi dengan memakai benang gigi.
  • Kemudian Sahabat juga bisa mengompres area pipi yang sedang mengalami gusi bengkak. Gunakan air hangat atau bisa juga menggunakan air dingin.
  • Gantilah pasta gigi atau obat kumur yang bisa menjadi penyebab sensivitas di gusi
  • Selanjutnya yaitu dengan melakukan prosedur scalling untuk membersihkan plak gigi. Kemudian root planning untuk membersihkan area akar gigi serta sela-sela gusi dan sekaligus juga bisa menghilangkan bakteri.
Apabila terjadi gusi bengkak yang diakibatkan karena efek samping obat maka segera konsultasikan ke dokter yang meresepkannya. Ini bertujuan agar dokter bisa segera memutuskan untuk mengganti ataupun menghentikan pemakaian obat tersebut. Jika gusi bengkak ini sudah parah maka perlu untuk mendapatkan pengobatan dari dokter. Nantinya dokter biasanya akan membuatkan resep obat kombinasi untuk pereda nyeri, antibiotik dan obat kumur. Untuk obat kumur tersebut mengandung klorheksidin atau hidrogen proksida yang berfungsi untuk mengobati gusi bengkak. Bacara juga: Cara mengatasi sakit gigi ampuh

4 Cara mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

Cara Mengatasi Gusi Bengkak
Atasi masalah gisi bengkak dengan tips berikut
Saat gusi Sahabat membengkak seringkali akan keluar darah saat menggosok gigi. Lalu saat terjadi gusi membengkak biasanya juga akan mengalami bau mulut. Saat Sahabat seringkali mengalami gusi membengkak ini maka sudah memasuki tahapan awal dari gingivitis, kemudian jika dibiarkan akan terjadi periodontitis. Apabila Sahabat ingin cara alami untuk mengatasi gusi bengkak ini maka dibawah ini beberapa cara mengatasi gusi bengkak secara alami :

1. Kumur dengan Air asin

Cara mengatasi gusi bengkak secara alami bisa dengan berkumur menggunakan air asin. caranya mudah saja yaitu dengan menyiapkan segelas air hangat lalu tuangkan satu sendok garam. Setelah itu aduklah secara merata. Jika sudah tercampur, gunakan untuk kumur di dalam mulut, dan buanglah ke wastafel. Kandungan garam yang ada di dalamnya bisa untuk mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan pembengkakan.

2. Ramuan Herbal

Untuk cara yang kedua ini dengan menggunakan herbal serta rempah-rempah lalu dibuat ramuan. Cara mengatasi gusi bengkak ini dilakukan dengan alami. Langkah yang perlu Sahabat lakukan juga cukup mudah yaitu dengan mencampurkan ramuan pilihan dan air hangat sampai tercampur rata. Jika sudah, oleskan campuran tersebut pada gusi sampai sakitnya reda. Setelah itu bilaslah dengan menggunakan air.

3. Teh Celup

Cara mengatasi gusi bengkak lainnya dengan cara alami yaitu dengan sekantong teh segar lalu rendam dalam air mendidih hingga 5 menit. Setelah itu oleskan ke gusi yang membengkak selama 5 menit. Sahabat bisa memilih teh dengan kandungan tanin yang tinggi, misalnya pada teh hitam dan teh hijau.

Kemudian untuk alternatif lainnya yaitu dengan memilih teh yang mengandung anti inflamasi misalnya seperti jahe dan chamomile. Dengan rendaman ramuan anti inflamasi ini bisa untuk menenangkan gusi bengkak. Kandungan tanin yang terdapat pada teh tersebut juga menyerap yang bisa menyebabkan gusi bengkak.

4. Berkumur dengan Air Lemon

Untuk cara mengatasi gusi bengkak ini juga bisa dengan memanfaatkan lemon. Seperti yang kita tahu bahwa lemon ini mengandung asam yang merupakan alkali alami agar bisa menyeimbangkan kadar PH pada mulut. Caranya cukup mudah yaitu dengan memeras satu buah lemon lalu campur dengan air hangat. Lalu kumur dengan menggunakan campuran air lemon hangat tersebut. Sahabat bisa gunakan sebanyak 3 kali sehari.

Pencegahan Gusi Bengkak

Untuk mencegah gusi bengkak ini, salah satu cara yang terbaik yaitu dengan selalu menjaga kebersihan pada area gigi dan mulut setiap hari. Selain membiasakan menyikat gigi setiap gari, Sahabat juga harus:
  • Berusaha untuk selalu mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Diutamakan yang mengandung kalsium dan vitamin C.
  • Perbanyak minum air putih serta hindari makanan maupun minuman yang terasa panas dan dingin
  • Hentikan kebiasaan merokok
Gusi ini memiliki peran yang sangat penting. Apabila terjadi gangguan pada gusi yang tidak segera tertangani maka bisa berdampak di bagian lainnya yang ada di mulut. Untuk permasalahan gusi bengkak ini apabila masih ringan, Sahabat bisa mengatasinya dengan cara sederhana di rumah.

Namun jika sudah cukup mengganggu aktivitas keseharian dan sudah tidak bisa diatasi dengan cara mengatasi gusi bengkak diatas maka bisa langsung memeriksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.