Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mengatasi Sakit Gigi yang Layak Dicoba Terbukti dan Ampuh

Bagaimana cara mengatasi sakit gigi memang tentu dibutuhkan oleh siapapun yang mengalaminya. Ketika menderita sakit gigi, tentu akan sangat mengganggu. Aktivitas yang dilakukan sehari-hari bisa tidak maksimal bahkan waktu tidur di malam hari juga akan rusak.

Memang, cara paling mudah untuk meredakan sakit gigi yaitu membeli obat di apotek atau datang langsung ke dokter gigi. Namun, jika ada kendala untuk ke sana tentu harus dilakukan perawatan sendiri di rumah yang bisa meredakan sakit gigi ini. 

Beberapa cara mengatasi sakit gigi sederhana dengan bahan alami. Nantinya jika sudah memungkinkan dari segi waktu maupun akses kau mah bisa mendatangi lokasi apotek maupun klinik dokter gigi. 

10 Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami Di Rumah

Cara mengatasi sakit gigi
Cara mengatasi sakit gigi yang
bisa dilakukan di rumah

Ada sejumlah cara mengatasi sakit gigi secara alami di rumah. Berikut ini diantaranya: 

1. Bawang Putih

Walaupun memang punya aroma yang cukup menyengat, bawang putih ternyata efektif untuk meredakan sakit gigi. Senyawa allicin yang ada didalamnya, bisa berperan sebagai antibakteri yang berarti infeksi penyebab nyeri gigi ini bisa diatasi.

Caranya, yaitu dengan mengunyah bawang putih mentah kemudian ditempelkan pada area gigi yang nyeri selama beberapa waktu. Akan tetapi, menang Sahabat harus memperhatikan juga bahwa jangan menggunakannya terlalu banyak karena bawang putih juga cukup kuat dan bisa melukai kulit.

2. Teh Peppermint

Ada banyak sekali jenis teh yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satu jenisnya yaitu teh peppermint yang bisa berfungsi meredakan sakit gigi. Selain terkandung antibakteri, di dalam teh peppermint kaya dengan antioksidan dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Mengatasi masalah sakit gigi bisa juga dengan cara berikut ini ya: Cara mengobati sakit gigi yang ampuh dengan cepat.

3. Air Garam

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi, yaitu air garam. Seperti halnya bahan alami lain, air garam punya sifat antibakteri yang bisa meredakan sakit. Kumur-kumur dengan air garam cukup efektif juga untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela-sela Gigi.

4. Kompres Dengan Air Dingin

Cara mengatasi sakit gigi selanjutnya yaitu dengan menggunakan air dingin. Sahabat bisa mengkompres bagian gigi atau gusi yang bengkak. Suhu dingin yang berasal dari kompresan, bisa mengecilkan pembuluh darah sehingga sakitnya dapat lebih berkurang.

Caranya, masukkanlah beberapa es batu ke dalam kantong plastik, lalu dibalut memakai handuk bersih. Selanjutnya, tempelkan pada sekitar pipi yang sakit kurang lebih 15-20 menit. Hal ini dapat diulangi beberapa kali sampai rasa nyeri benar-benar menghilang.

5. Hidrogen Peroksida

Dilansir dari medical news today, Sahabat dapat memakai hidrogen peroksida sebagai cara mengatasi sakit gigi. Dari penelitian yang dilakukan, berkumur-kumur dengan hidrogen peroksida mampu membersihkan gigi dan plak. Penyakit gigi seperti periodontitis dapat diatasi.

Caranya bisa dilakukan dengan mencampur hidrogen peroksida serta air dengan perbandingan sama. Berikutnya, campuran tersebut dapat dipakai untuk berkumur dan agar mengurangi resiko tertelan, jangan memberikan larutan ini untuk anak-anak. 

6. Mengatur Posisi Tidur

Cara mengatasi sakit gigi selanjutnya yaitu dengan cara mengatur posisi tidur. Sahabat dapat mengangkat kepala atau meletakkannya di bantal yang cenderung lebih tinggi. Hal ini dapat dilakukan ketika malam hari saat sakit gigi tiba-tiba datang. Jika hal ini terjadi, tentu bisa mengganggu waktu tidur. 

Sahabat dapat mengatur posisi kepala supaya lebih tinggi dan meredakan sakit gigi malam hari. Ini akan mencegah tekanan air yang darah ke area mulut agar lebih berkurang sehingga nyeri di gigi hilang. Cara ini juga dapat dilakukan untuk mengurangi pembengkakan karena sakit gigi.

7. Menggunakan Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh juga menjadi bahan alami yang banyak punya manfaat kesehatan, salah satunya meredakan sakit gigi. Biasanya cengkeh dimanfaatkan untuk pengobatan dalam bentuk minyak. Eugenol yang terkandung di dalamnya bisa menjadi antiseptik dan malam minimalisir peradangan karena sakit gigi.

Sahabat bisa meneteskan minyak cengkeh ke kapas dan selanjutnya ditempelkan pada gigi yang nyeri. Hal ini dapat Sahabat lakukan beberapa kali dalam sehari sampai sakitnya berkurang. Bisa juga dengan meneteskan minyak cengkeh di air, selanjutnya dipakai untuk bertemu. 

8. Rimpang Jahe

Indonesia juga memiliki berbagai rempah-rempah yang punya manfaat besar, salah satunya rimpang jahe. Tumbuhan ini memang sudah dikenal lama bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan antibiotik alami di dalamnya, dapat meredakan rasa nyeri di gigi. Cara mengatasi sakit gigi dengan tumbuhan ini, dapat menghaluskan rimpang jahe dan selanjutnya tempelkan di area yang sakit. 

9. Madu

Madu juga bisa menjadi bahan alami untuk meredakan sakit gigi. Meskipun memang seringkali dicampurkan pada minuman maupun makanan manis, ternyata manfaat madu sangat besar juga untuk meredakan sakit gigi. Ada kandungan antiseptik dan antibakteri yang bisa menghambat pertumbuhannya.

Bisa memanfaatkannya dengan melarutkan 1 sendok madu ke dalam 1 gelas air. Aduk rata dan kemudian gunakan sebagai obat kumur kurang lebih 30 detik. Berikutnya, Sahabat bisa berkumur atau minum dengan air putih untuk menetralisir rasa manis. 

10. Ekstrak Vanili

Sahabat juga bisa menggunakan ekstrak vanila sebagai cara mengatasi sakit gigi. Ada kandungan alkohol di dalamnya yang membantu meredakan nyeri sementara serta antioksidan yang bisa menyembuhkan sakit gigi. Sahabat dapat memakai bola kapas maupun jari dan di oleskan sedikit bagian gusi dan Gigi yang terasa sakit.

Demikianlah beberapa cara mengatasi sakit gigi secara alami di rumah. Dengan mempraktekkan tips di atas, paling tidak bisa meredakan sakit gigi atau sebelum dibawa ke dokter atau membeli obat ke apotek.