Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Alami dan Cepat

Informasi tentang bagaimana cara mengatasi rambut rontok memang sekarang ini sangat banyak dicari, terutama bagi mereka yang mengalami masalah ini. Kerontokan pada rambut menjadi hal yang sangat mengganggu. Tidak hanya mengurangi kepercayaan diri, jika dibiarkan berlarut-larut bisa berakibat kebotakan.

Sebenarnya, rambut rontok ada juga yang sifatnya siklus normal. Helaian rambut ini dapat sahabat temukan misalnya pada sisir, bantal, sampai di saluran air kamar mandi. Walaupun mengalaminya, banyak orang yang tidak memperhatikan bahkan cuek saja. Alasannya, baik garis rambut maupun ketebalannya umumnya tetap sama.

Namun, kerontokan rambut juga ada yang sifatnya berlebihan dan ini tidak boleh dibiarkan. Memang, salah satu faktor penyebabnya adalah usia dan ini terjadi secara alami. Akan tetapi, jika sahabat masih berusia muda namun mengalami kerontokan berlebihan maka hal ini perlu diwaspadai dan segera dicari solusi cara mengatasi rambut rontok.

10 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

cara mengatasi rambut rontok
Rambut Sahabat rontok? Simak ulasan cara
mengatasi rambut rontok secara alami berikut ini. 

Rambut rontok merupakan mimpi buruk bagi siapapun, apalagi jika dalam jumlah banyak. Kebotakan sebagian akan sangat mengganggu penampilan, dan oleh karena itu harus segera diatasi.

Dikutip dari Medical News Today serta sejumlah sumber referensi lain ada sejumlah cara mengatasi rambut rontok untuk membantu mengatasi kerontokan rambut seperti berikut ini: 

1. Minyak Zaitun

Olive oil atau minyak zaitun berasal dari buah zaitun yang merupakan pohon tradisional Mediterania. Di dalam minyaknya ini, ada asam oleat yang menghambat produksi dihidrotestosteron atau DHT. Keduanya menjadi pemicu rambut rontok. Disamping itu, minyak zaitun juga memiliki antioksidan yang mampu merawat rambut dan melindunginya dari radikal bebas.

2. Minyak Kelapa

Cara mengatasi rambut rontok lainnya yaitu dengan minyak kelapa. Studi yang dilakukan pada tahun 2012 menemukan minyak kelapa mampu membantu mencegah kerontokan terutama karena paparan sinar ultraviolet maupun karena efek dari perawatan.

Asam laurat yang terkandung di dalamnya, bisa membantu protein terikat di rambut serta melindunginya terutama di bagian helai serta akar. Memijat area kepala dengan minyak kelapa, bisa semakin memperlancar peredaran darah dan membantu rambut tumbuh dengan baik. Akan tetapi, agar hal ini terkonfirmasi butuh penelitian lebih lanjut. 

3. Mencuci Rambut

Mencuci rambut menjadi salah satu cara mengatasi rambut rontok. Tentu saja, hal ini sangat mudah dilakukan. Mencuci rambut setiap hari dapat mengurangi kerontokan dan menjaga kulit kepala sehat dan bersih. 

Sahabat bisa memakai shampo dengan formula yang cukup ringan. Kalau formulanya keras maka bisa membuat rambut jadi kering dan mudah patah. Akibatnya, kerontokan rambut semakin parah.

4. Memperhatikan Model Rambut

Sahabat juga perlu memperhatikan model rambut karena berpengaruh juga terhadap kerontokan. Sebaiknya, sahabat menghindari gaya rambut kuncir atau kepang ketat yang bisa menarik rambut dengan keras. Disamping itu, alat pelurus serta pengeriting juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok jika berlebihan digunakan. 

5. Memijat Kulit Kepala

Penelitian kecil dilakukan terhadap 9 pria dan ditemukan bahwa dengan memijat kulit kepala kurang lebih 4 menit dalam satu hari bisa semakin merangsang rambut tumbuh. Meskipun memang menjadi cara mengatasi rambut rontok, diperlukan penelitian lebih baik supaya terbukti bahwa dengan memijat kulit kepala secara rutin benar-benar terbukti.

6. Ginseng

Ginseng juga bisa bermanfaat sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok. Jenis tanaman herbal asal Korea Selatan ini memang banyak ditemukan di negara Asia. Kandungan yang ada di dalamnya, yaitu fitokimia bisa semakin merangsang pertumbuhan rambut supaya bisa lebih lebat. 

7. Mengkonsumsi Suplemen

Mengkonsumsi suplemen vitamin juga menjadi salah satu cara mengatasi rambut rontok. Tinjauan dari dermatologi dan terapi melakukan penelitian bahwa vitamin dan mineral berperan penting juga untuk mencegah kerontokan rambut semakin parah.

Kekurangan sejumlah vitamin bisa semakin memperbesar resiko rontok. Ada sejumlah vitamin dan mineral yang dipercaya dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Beberapa di antaranya vitamin A,D,B,E,C, zinc, selenium, serta zat besi. Sebelum mulai mengkonsumsi suplemen ini, pastikanlah terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan rambut supaya tidak menimbulkan efek samping. 

8. Saw Palmetto

Saw palmetto merupakan ramuan yang berasal dari pohon pinus kerdil dari Amerika. Ramuan tersebut dipercaya ampuh untuk meningkatkan kadar testosteron untuk pria. Dari jurnal yang diadakan tahun 2004 memperlihatkan bahwa kurang lebih 60% pria yang memakai saw palmetto, pertumbuhan rambut nya semakin meningkat. Tentu cara mengatasi rambut rontok ini cukup menarik bukan?

9. Diet Mediterania

Jurnal yang dilakukan tahun 2018 lalu yang membahas tentang Diet Mediterania, menunjukkan bahwa diet yang banyak mengandung rempah segar dan sayuran mentah ini bagus untuk kesehatan rambut. Resiko androgenic alopecia atau kebotakan pada pria dan wanita bisa dikurangi. 

Setelah baiknya yaitu para peserta yang mengkonsumsi makanan tersebut dalam jumlah tinggi mengalami pertumbuhan rambut yang beberapa sayuran seperti peterseli, kemangi, serta salad hijau dikonsumsi lebih dari 3 hari dalam seminggu. 

Demikianlah informasi mengenai apa saja cara mengatasi rambut rontok yang dapat dilakukan. Sahabat bisa mempraktekkannya di rumah dan tentu menggunakan cara yang paling mudah dahulu. Rambut perlahan-lahan akan semakin sehat dan kerontokan mulai berkurang. Tentu saja mencegah akan lebih bagus dibandingkan mengobati bukan?