Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Mengatasi Insomnia Supaya Tidur Lebih Nyenyak

Cara Mengatasi Insomnia - Informasi seputar bagaimana cara mengatasi insomnia memang banyak dicari oleh mereka yang mengalami gangguan tidur ini. Kegelisahan berupa susah tidur di malam hari memang mengganggu aktivitas ketika di siang hari. Ketika harus bekerja, tidak mampu dilakukan dengan maksimal dan lelah yang luar biasa. 

Insomnia merupakan sebuah kondisi yang membuat siapa pun yang menderita yang tidak bisa tidur walaupun punya waktu dan kesempatan untuk istirahat. Jika terjadi sesekali saja memang tidak terlalu berbahaya. Akan tetapi, kalau berlangsung dalam jangka waktu cukup lama maka tidak boleh dibiarkan dan patut diwaspadai. 

cara mengatasi insomnia
Simak ulasan cara mengatasi insomnia
agar tidur lebih nyanka
Cara mengatasi insomnia penting dipahami dan penyebabnya dapat terjadi karena berbagai faktor. Bisa mulai dari kebiasaan mengkonsumsi minuman alkohol atau berkafein, gangguan cemas atau depresi. Insomnia bisa sangat mengganggu karena di waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk mengistirahatkan tubuh malahan tidak bisa dilakukan. Nah, jika sahabat mengalami susah tidur atau insomnia maka sahabat telah berada di halaman yang tepat. Berikut kami sajikan ulasan lengkap cara mengatasi insomnia yang bisa diterapkan di semua usia.

9 Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

Jika insomnia dibiarkan, maka akan berdampak secara akumulatif terhadap kesehatan. Saat Sahabat sering mengalami insomnia, cara mengatasi insomnia bisa dicoba seperti dibawah ini:

1. Meluangkan Waktu Agar Berelaksasi

Sahabat dapat menyempatkan waktu untuk relaksasi dahulu sebelum tidur. Contohnya, dengan yoga atau pilates. Dengan melakukannya, bisa membuat tenang dan nyaman sehingga tidur akan lebih lelap. Melakukan aktivitas lain yang menyenangkan misalnya membaca Al Qur'an, membaca buku atau mendengarkan murottal Al Qur'an dengan volume pelan, juga bisa membantu membuat tidur lebih baik.

2. Berpikir Positif

Gangguan tidur atau insomnia ini lebih sering dialami oleh mereka yang memiliki kekhawatiran atau kecemasan berlebihan. Karena itulah, disarankan untuk tetap berpikiran tenang dan positif dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Meditasi sebagai cara mengatasi insomnia, bisa Sahabat lakukan untuk semakin menenangkan pikiran. 

Kalau kesulitan, bisa mendatangi psikolog untuk berkonsultasi. Selanjutnya, melakukan konseling maupun psikoterapi. Salah satu cara psikoterapi yang sekarang ini banyak dilakukan adalah terapi perilaku kognitif.

3. Mengonsumsi Makanan Yang Menyehatkan

Cara mengatasi insomnia berikutnya yaitu dengan menghindari makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks atau kandungan lemak jenuh tinggi jika sebelum tidur. Ini disebabkan jenis makanan tersebut bisa membuat kinerja sistem pencernaan berat, yang memuat tubuh kesulitan beristirahat. Kalau yang makan camilan di malam hari, pilih yang sehat seperti yogurt atau cracker tawar.

Baca juga: Cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat

4. Menghindari Minuman Beralkohol Dan Berkafein

Agar bisa mengurangi insomnia, Sahabat juga sebaiknya mengurangi konsumsi minuman berkafein dan beralkohol. Terlebih lagi jika di malam hari sebelum tidur. Berbagai makanan dan minuman seperti kopi, minuman bersoda, dan sejenisnya bisa membuat Sahabat tetap terjaga di malam hari. Akibatnya, bisa semakin memperberat insomnia.

5. Menghindari Rokok

Cara mengatasi insomnia selanjutnya yaitu menghindari rokok. Seperti yang diketahui, kandungan nikotin yang ada dalam rokok bisa membuat Sahabat tetap terjaga. Jika ingin berniat untuk mengatasi insomnia, maka sebaiknya secara perlahan-lahan mulai mengurangi rokok yang dihisap. Bahkan, mungkin suatu saat akan lebih baik berhenti sama sekali. 

6. Mengantisipasi Perubahan Jam Tidur

Berikutnya, Sahabat bisa mengantisipasi perubahan jam tidur yang mungkin terjadi. Misalnya, ketika dituntut untuk bekerja malam hari karena ini bisa mengganggu ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah mekanisme di dalam tubuh yang yang berfungsi untuk mengatur kapan waktu tidur dan bangun, metabolismenya, serta menjaga suhu tubuh.

Apabila ritme ini terganggu, maka potensi Sahabat mengalami insomnia semakin besar. Oleh karena itu kalau memungkinkan, aturlah jadwal kegiatan Sahabat sehari-hari. Usahakanlah untuk bisa tidur maupun bangun pada waktu yang sama di setiap harinya. 

7. Membuat Suasana Kamar Tidur Nyaman

Banyak yang mengalami susah tidur karena melakukan aktivitas yang membuat tidak nyaman. Misalnya, digunakan untuk bermain game semalaman, bekerja atau aktivitas lain yang menguras pikiran. Pada dasarnya, kamar tidur secara ideal memang digunakan untuk beristirahat.

Karena itulah, cara mengatasi insomnia bisa dengan menerapkan sleep hygiene supaya lebih gampang tidur. Langkahnya yaitu dengan meletakkan meja belajar, televisi, komputer, dan hal lainnya yang bisa mengganggu tidur diluar. Aturlah pencahayaan serta suhu kamar sehingga lebih nyaman untuk beristirahat. 

Atur bantal supaya tidak terlalu tinggi untuk menghindari leher kaku ketika bangun. Kalau sedang hamil atau sakit punggung, posisi tidur bisa diatur secara menyamping dan meletakkan bantal di antara kedua paha atau di bawah lutut.

8. Menerapkan Gaya Hidup Yang Sehat

Cara mengatasi insomnia lainnya yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat. Sahabat dapat melakukan aktivitas yang bisa mengurangi stress, mengatur pola makan dengan baik, dan berolahraga secara teratur. Sahabat dapat melakukan aktivitas fisik paling tidak selama 30 menit per hari.

Ada sejumlah pilihan olahraga yang bagus untuk mengatasi insomnia misalnya berenang, jogging, atau yoga. Aktivitas fisik yang dilakukan bisa membuat tubuh menjadi rileks di malam hari. Nantinya bisa menghasilkan efek tidur lebih berkualitas.

9. Minum Obat Tidur Sesuai Resep

Langkah terakhir yang bisa dilakukan jika memang insomnia sudah tidak bisa diatasi dengan cara sebelumnya yaitu berkonsultasi dengan dokter. Selanjutnya, Sahabat akan diberikan obat tidur yang sesuai dengan resep dan anjurannya. Walaupun memang bisa membuat terlelap, namun memang ada efek samping yang bisa terjadi. Contohnya, bisa meningkatkan risiko kecanduan, sakit kepala, sulit konsentrasi sampai mood yang berubah.

Sejumlah cara mengatasi insomnia yang disebutkan diatas, bisa dilakukan secara rutin supaya semakin bisa meningkatkan kualitas istirahat di malam hari. Dengan tidur yang berkualitas, maka segala urusan di siang hari bisa dikelola dengan baik. Tubuh akan sehat dan lebih segar untuk bekerja.