Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Meredupkan Layar Laptop Asus Paling Gampang

Bungaab.my.id - Hampir seluruh bidang pekerjaan pasti berkutik dengan layar laptop ataupun komputer. Dari seringnya intensitas mata orang yang berhadapan dengan layar laptop ini akan menyebabkan mata menjadi kering. Guna menjaga kesehatan mata ini, ada baiknya kecerahan pada laptop untuk direndahkan. Lalu, bagaimana cara meredupkan layar laptop Asus yang paling gampang untuk dilakukan?

Sebagian masyarakat di Indonesia yang memiliki laptop, tampaknya banyak yang bermerek Asus. Karena merk Asus ini menjadi laptop yang dikenal sebagai laptop berkelas tinggi dengan harga yang terjangkau. Oleh karenanya, sangatlah wajar jika masih terdapat cukup banyak dari orang-orang yang masih memiliki laptop dari Asus ini.

1. Memakai Kombinasi Tombol Windows

Cara Meredupkan Layar Laptop Asus
Agar mata tetap sehat ada baiknya
 kecerahan pada laptop direndahkan
Seperti yang diketahui bahwa hampir setiap kombinasi pada keyboard terdapat fungsinya tersendiri. Dari setiap shortcut yang dikombinasikan ini, memiliki fungsi yang berbeda-beda. Lalu, kombinasi tombol windows dengan apa yang digunakan sebagai cara meredupkan layar laptop Asus ini?

Baca juga: Cara mengatasi kamera Laptop yang tidak berfungsi dengan baik

Untuk meredupkan pencahayaan pada laptop Asus ini, pengguna dapat memakai kombinasi dari tombol Windows dengan X. Setelah pengguna menekan tombol ini, maka akan muncul beberapa menu pada layar yang dapat dipilih oleh pengguna untuk meredupkan pencahayaan dari laptop Asus ini. Pilih menu brightness dan atur keredupan pencahayaan laptop sesuai dengan keinginan pengguna.

2. Menggunakan Menu Mobility Center

Sebenarnya, pada sistem laptop dari Asus ini juga terdapat menu khusus untuk pencahayaannya sendiri. Tentunya tidak hanya pada laptop Asus saja, melainkan pasti setiap laptop dari merk apapun juga memiliki menu khusus tersebut untuk mengatur kecerahannya ini. Hanya saja, untuk beberapa merk laptop biasanya menu tersebut tidak tersedia shortcut nya pada menu bar.

Baca juga: 6 Cara agar kamera Laptop Asus jernih saat dipakai Zoom

Oleh karenanya, pengguna harus mencari menu pencahayaan ini pada sistem pengaturan di laptop ini. Untuk menu pencahayaan di laptop Asus ini, pengguna bisa mencari menu mobility centre. Agar bisa mengakses menu mobility centre ini, sebelumnya pengguna bisa mengklik kanan pada start menu kemudian masuk ke WinX.

Pada layar akan muncul tab dari menu mobility centre ini, yang dimana terdapat menu brightness dan pengguna bisa menyesuaikan kecerahan pencahayaan layar sesuai keinginan. Jika sudah selesai untuk menyesuaikan, jangan lupa untuk menutup tab layar menu dari mobility centre ini.

3. Menekan kombinasi tombol FN

Untuk pengguna laptop Asus generasi baru, tampaknya perlu bersenang hati saat ingin meredupkan pencahayaan di laptop Asus ini. Karena pada laptop Asus generasi yang terbaru ini, terdapat shortcut keyboard khusus sebagai cara meredupkan layar laptop Asus ini.

Kombinasi tombol yang dapat digunakan ini yaitu pengguna cukup menekan tombol FN yang berbarengan dengan menekan tombol F1 untuk meredupkan. Saat ingin mencerahkan pencahayaan laptop Asus ini, pengguna cukup menekan tombol FN bersamaan dengan tombol F2. Sayangnya, untuk shortcut keyboard ini, hanya dapat digunakan pada jenis laptop generasi terbaru saja.

4. Melalui Personalize

Di laptop Asus yang masih memakai sistem Windows 7 ini, bisa melalui menu Personalize untuk meredupkan layar laptop Asus ini. Untuk dapat mengakses menu Personalize ini, pengguna bisa menekan klik kanan pada home yang kemudian akan keluar tab menu box untuk memilih Personalize.

Setelah itu, pilih display dari menu tab box ini, dan klik Adjust Brightness. Disini pengguna bisa mengatur dan menyesuaikan pencahayaan dari laptop Asus sesuai keinginannya.

Baca juga: Ini dia 5 penyebab laptop tidak menyala dan cara mengatasinya

5. Memakai Slider Windows 10

Jika laptop Asus pengguna telah di update menjadi sistem Windows 10, maka para pengguna tersebut perlu bersenang hati. Karena disini, akan langsung muncul menu untuk mengatur pencahayaan ini pada toolbar shortcut di bagian bawah. Pengguna cukup menekan gambar pada baterai dan pilih menu pencahayaan tersebut, kemudian sesuaikan dengan keinginan pengguna.

Itulah informasi secara lengkap mengenai cara meredupkan layar laptop Asus yang pastinya sangat mudah untuk dipraktekkan oleh siapapun. Selalu jaga kesehatan mata pengguna, meskipun seluruh pekerjaan mengharuskan mata untuk selalu berada di layar gadget.