Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi dengan Baik

Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi - Saat ini, penggunaan laptop semakin bertambah mengingat banyak kegiatan yang dilakukan secara daring. Komponen kamera tentunya menjadi pendukung utama untuk melakukan berbagai kegiatan online tersebut. Namun tidak jarang kamera pengguna mengalami masalah. Maka dari itu, cara mengatasi kamera laptop tidak berfungsi harus diketahui agar bisa mendapat solusi. Baca juga: Penyebab Laptop mati tiba-tiba yang sering dialami

Metode yang bisa dimanfaatkan untuk proses ini sangatlah banyak. Semua metode yang bisa diterapkan ini tergantung dari permasalahan kamera laptopnya. Untuk mendapatkan solusi paling pas, maka harus tahu setiap metode yang ada. Simak daftar metode di bawah ini beserta dengan penjabarannya:
Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi dengan Baik
Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi

1. Aktifkan Kamera

Metode pertama yang bisa dimanfaatkan adalah dengan mengaktifkan kamera. Tidak sedikit pengguna laptop yang tidak sadar kameranya belum diaktifkan. Akhirnya, kamera tidak berfungsi dan seakan mengalami kerusakan. Untuk mengaktifkan kamera ini, diperlukan langkah yang tepat. Simak uraian langkahnya di bawah ini:
  • Pertama, buka laptop dan langsung masuk ke bagian "Komputer".
  • Kemudian, masuk ke komponen "Properties" dan lanjutkan dengan memilih "Device Manager".
  • Setelah muncul berbagai opsi, klik kanan pada pilihan "Kamera/Imaging Devices".
  • Lalu pilih opsi "Enable" untuk mengaktifkan kamera.
  • Terakhir, melakukan restart pada laptop dan kamera sudah bisa dimanfaatkan.

2. Install Ulang Driver Camera

Jika kamera sudah aktif namun masih tidak bisa dimanfaatkan, kemungkinan terbesar permasalahan ada pada driver kameranya. Maka dari itu, pengguna perlu melakukan install ulang pada driver kamera yang bermasalah. Proses install ulang ini sendiri cukup mudah untuk diaplikasikan. Berikut urutan langkahnya:
  • Masuk ke bagian "Device" yang ada di laptop.
  • Kemudian, lakukan uninstall pada driver kamera yang sudah terpasang saat ini.
  • Lalu, unduh driver baru yang sesuai dengan laptop di berbagai website terpercaya. Jika saat melakukan pembelian laptop diberi driver serupa, maka bisa memakai driver tersebut.
  • Jika sudah terunduh, maka lakukan proses install di perangkat laptop. Proses ini tidak membutuhkan waktu lama.
  • Apabila sudah terpasang, maka kamera bisa dipakai kembali.

3. Update Driver yang Terpasang

Cara mengatasi kamera laptop tidak berfungsi lainnya juga bisa dilakukan dengan meng-update driver yang sudah terpasang. Hal ini juga mungkin dilakukan jika perangkat sudah memiliki tingkatan yang lebih tinggi dari drivernya. Untuk melakukan update ini, tentunya diperlukan langkah-langkah sistematis sebagai berikut:
  • Masuk ke bagian "Properties" yang ada di bagian "This PC".
  • Kemudian, buka bagian "Device Manager" dan klik kanan pada opsi "Camera". Langkah ini harus benar agar masuk ke halaman yang tepat.
  • Setelah muncul beberapa opsi, maka pencet sama bagian "Update Driver Software". Proses update ini tidak membutuhkan waktu yang panjang.
  • Jika prosesnya selesai, segera restart laptop dan kamera bisa dipakai lagi.

4. Izinkan Penggunaan Kamera

Saat memakai aplikasi untuk pertemuan daring, biasanya kamera tidak dapat berfungsi. Hal ini disebabkan belum adanya izin dari sistem. Maka dari itu, segera izinkan kamera untuk dipakai dalam aplikasi tersebut. caranya mudah, langsung saja buka Chrome dan masuk ke pengaturan. Pada bagian "Kamera", pastikan untuk mengubahnya menjadi "Allow" atau "Izinkan".

5. Lakukan Konfigurasi Webcam

Metode terakhir yang bisa diaplikasikan adalah melakukan konfigurasi webcam. Bagi pengguna Windows 10, kamera tidak berfungsi sangat mungkin terjadi karena hal ini. Maka dari itu, pastikan untuk melakukan konfigurasi dengan masuk ke pengaturan Windows-nya. pada bagian "Camera Access for This Device", ganti menjadi "On".

Demikianlah berbagai cara mengatasi kamera laptop tidak berfungsi yang bisa diaplikasikan dengan mudah. Setiap langkah sudah dijabarkan secara sistematis. Dengan begitu, pengguna yang mengalami masalah serupa bisa langsung memanfaatkannya dengan baik. Jika dilakukan secara berurutan, maka tidak akan ada hambatan yang muncul.