Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Memperbaiki Kamera Depan yang Rusak secara Sederhana

Cara Memperbaiki Kamera Depan yang Rusak - Bagi pecinta selfie, komponen kamera depan di ponsel merupakan komponen yang penting. Namun sayangnya, terkadang kamera depan juga bisa memiliki masalah yang bisa mengganggu penggunaannya. Jika sedang mengalami masalah serupa, maka harus tahu dulu cara memperbaiki kamera depan yang rusak dengan beberapa metode mudah.

Setidaknya ada lima cara berbeda yang bisa diaplikasikan. Jenis-jenis metode ini muncul melalui penyesuaian dengan penyebab kerusakannya. Agar bisa menemukan solusi yang paling tepat, maka harus paham dulu tiap metodenya. Simak daftar penjabaran yang ada di bawah ini untuk mengetahui detail caranya:

1. Restart Ponsel

Cara Memperbaiki Kamera Depan yang Rusak
Dengan tips berikut ini, cara memperbaiki
kamera depan yang rusak jadi lebih mudah.
Metode pertama paling dasar yang bisa diaplikasikan adalah merestart ponsel yang dimiliki. Langkah ini memang terkesan sangat sederhana. Namun jika diterapkan, me-restart ponsel bisa memperbaiki atau mengembalikan beberapa komponen seperti semua. Salah satunya adalah penggunaan kamera depan yang rusak. Baca juga: Penyabab baterai HP boros dan solusinya

Jadi, sebelum jauh-jauh memperbaiki komponen kameranya coba saja metode ini terlebih dahulu. Restart ponsel dan gunakan lagi setelah prosesnya selesai. Biasanya, kamera depan yang bermasalah bisa kembali seperti semula. Hal ini dikarenakan ponsel diistirahatkan sebentar untuk bisa dipakai secara normal lagi.

2. Gunakan Sistem Operasi Bawaan

Proses root pada ponsel sering dilakukan oleh beberapa pihak. Root sendiri dilakukan untuk mengganti sistem operasi bawaan ponsel dengan yang baru. Hal ini tentunya bisa memberi berbagai dampak pada ponsel. Salah satunya adalah kamera depan yang bisa saja rusak setelah proses root dilakukan pada ponsel.

Maka dari itu, untuk memperbaikinya bisa dengan mengembalikan sistem operasinya sesuai dengan bawaan ponsel. Langkah ini tentunya tidak mudah karena sistem operasinya sudah terlanjur diubah. Namun proses ini masih bisa dilakukan oleh ahlinya. Jadi, pastikan untuk diperbaiki oleh ahli yang berkecimpung di bidang ini. Baca juga 7 penyebab HP cepat panas dan baterai boros yang harus dipahami pengguna

3. Update Versi OS

Cara memperbaiki kamera depan yang rusak selanjutnya adalah dengan meng-update versi OS. Langkah ini terlihat sepele tapi sebenarnya penting untuk dilakukan. Sistem yang masih lama dan tidak segera di-update bisa memberikan banyak dampak buruk pada ponsel. Salah satu yang mungkin terjadi adalah kerusakan kamera.

Untuk proses update ini sendiri bukanlah langkah yang sulit. Setiap jenis ponsel tentunya memiliki panduan masing-masing untuk melakukannya. Maka dari itu, ikuti panduan yang ada dan lakukan update secara menyeluruh. Dengan demikian, kamera depan bisa kembali seperti semula dan bisa dipakai lagi secara normal.

4. Lakukan Soft Reset

Soft reset adalah kegiatan yang aman dilakukan dan tidak akan membuat data hilang. Dengan melakukan soft reset, maka ponsel akan diistirahatkan sementara dengan langkah yang tepat. Setidaknya ada dua metode untuk melakukan langkah ini. Metode pertama bisa diterapkan di ponsel yang baterainya bisa dilepas.

Langsung saja lepas baterai dan diamkan selama 1 sampai 3 menit secara penuh. Kemudian, pakai lagi baterainya dan gunakan lagi ponselnya. Sedangkan untuk baterai tanam, maka yang bisa dilepas adalah soket kabeh baterainya. Namun untuk proses ini, diperlukan kehati-hatian yang tinggi agar tidak ada kerusakan. Baca juga cara mengatasi HP lag saat main game

5. Hapus Aplikasi Kamera dari Pihak Ketiga

Jika pengguna memiliki aplikasi kamera yang diunduh dari pihak ketiga, maka akan sangat disarankan untuk dilepas pemasangannya. Aplikasi semacam ini bisa membuat kamera di ponsel menjadi rusak. Hal ini jarang disadari oleh para penggunanya. Maka dari itu, segera lakukan pelepasan pemasangan agar kamera depan bisa digunakan lagi.

Semua metode atau cara memperbaiki kamera depan yang rusak di atas tentunya bisa dimanfaatkan dengan baik. Tanpa adanya langkah yang tepat, maka kamera depan di ponsel tidak akan bisa diperbaiki. Pastikan mengikuti semua panduan yang ada secara berurutan agar tidak ada hambatan saat proses dilakukan.