Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Penyebab HP Cepat Panas dan Baterai Boros yang Harus Dipahami Pengguna

Penyebab HP Cepat Panas dan Baterai Boros - Ketika menggunakan HP untuk aktivitas, pengguna kadang mengalami kendala, seperti HP panas dan pemborosan pada daya baterainya. Tentunya ini sangat menjengkelkan, terutama bila terjadi di saat yang genting. Sebenarnya, mengapa masalah ini terjadi? Apa penyebab HP cepat panas dan baterai boros tersebut? Supaya tahu jawabannya, maka di sini akan disajikan sejumlah indikasinya, sebagai berikut:

Penyebab HP Cepat Panas dan Baterai Boros
Ketahui Penyebab HP Cepat
Panas dan Baterai Boros
1. Lemah Sinyal

Indikasi pertama yang kerap menjadi pemicu panasnya HP dan mengakibatkan keborosan pada baterai adalah kelemahan pada sinyal. Lantaran saat sinyal seluler yang dipergunakan di HP tersebut pengguna lemah, maka dipastikan terlebih perangkat akan bekerja maksimal untuk mendapat jangkauan. Sehingga ketika kinerja baterai yang semestinya dapat dipakai untuk performa yang lain, malah terkuras dengan hal tersebut.

Baca juga: Cara mengatasi Hp lag saat main game

2. Suhu Sekitar Panas

Selanjutnya, masalah overheating dan keborosan juga bisa diakibatkan oleh suhu sekitar yang panas. Semisal ketika pengguna memakai perangkatnya di luar rumah saat tengah terik, ataupun saat berada di dalam ruangan yang panas. Selain itu, juga dimungkinkan karena pengguna meletakkan HP di sembarang tempat, semisal di atas dashboard mobil ataupun CPU komputer. Padahal, tindakan tersebut berpotensi meningkatkan suhu HP dan memboroskan baterainya.

3. Adanya Bug

Secara sederhana, bug dapat dipahami sebagai kecacatan yang terjadi pada sistem kerja perangkat. Masalah ini bisa saja ada baik pada aplikasi maupun pada sistem operasinya, ditandai dengan kinerja yang lebih lemot dari biasanya. Jika dibiarkan begitu saja, maka lambat laun akan menjadi penyebab HP cepat panas dan baterai boros yang cukup meresahkan.

Baca juga: Fungsi ISO pada kamera HP serta informasi terkait

4. Error pada Baterai

Indikasi yang selanjutnya adalah barangkali memang baterainya yang sudah rusak dan perlu untuk dilakukan penggantian. Pasalnya, setiap komponen pada perangkat seperti HP, punya masa pakai tertentu yang jika sudah habis masanya, akan mengalami penurunan performa. Terlebih jika pemakaiannya intens, seperti untuk main game atau menyetel aneka layanan multimedia lainnya.

5. Pemakaian Charger yang Tidak Tepat

Berikutnya, masalah juga terkadang terjadi akibat kecerobohan dari pengguna. Semisal salah satunya yang paling sering ditemui adalah memakai charger palsu atau sembarangan. Padahal, masing-masing HP punya spesifikasi charger yang harus disesuaikan. Sehingga jika tidak tepat, maka masalah seperti kepanasan dan keborosan tidak lagi bisa dihindari.

6. Terlalu Banyak Pemasangan Aplikasi Aplikasi

Keenam, keseruan memakai aplikasi terkadang membuat pengguna lupa akan spesifikasi yang dipunyai oleh perangkatnya sendiri. Sehingga saking serunya, pengguna menginstal begitu banyak aplikasi, bahkan untuk yang tidak penting sekalipun. Akibatnya jika dibiarkan maka memori akan penuh, dan mulai menimbulkan gangguan semisal keborosan pada komponen baterai yang digunakan.

7. Penumpukan Cache

Terakhir tapi tidak boleh diabaikan adalah penumpukan file cache yang bersumber dari pemakaian. Bila dicermati, sejatinya file ini memberikan manfaat, agar pengguna bisa mengakses cepat aplikasi yang dijalankan. Hanya saja, jika tidak dibersihkan dan dibiarkan mengalami penumpukan, maka akan menyebabkan aneka permasalahan. Terutama berkaitan dengan pemberatan kinerja baterai yang berujung panas dan keborosan.

Baca juga: Cara memotret yang baik dengan kamera HP terkini

Nah, demikianlah pembahasan mengenai penyebab HP cepat panas dan baterai boros yang dapat diterangkan. Pada dasarnya permasalahan ini lebih diakibatkan oleh pemakaian yang kurang bijak. Seperti jarangnya melakukan pembersihan memori, penginstalan terlalu banyak aplikasi, atau tindakan lainnya yang kurang memperhatikan spesifikasi. Jadi, agar tidak kembali terjadi, maka sebaiknya selalu pastikan untuk memakai perangkat sesuai kemampuannya!