Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shalat Istikharah Jodoh Untuk Mendapatkan Pilihan Terbaik

Sholat istikharah jodoh menjadi topik yang sering dicari oleh mereka yang ingin menentukan pilihan perihal jodoh. Memang selayaknya kita sebagai umat muslim meminta petunjuk kepada Allah SWT agar diberikan keputusan atau pilihan yang terbaik termasuk urusan jodoh. Pasalnya dalam menentukan urusan siapa yang akan menjadi pendamping hidup kita harus betul-betul dilakukan dengan sebaik mungkin agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari.

Bagi sahabat yang ingin melaksanakan sholat istikharah jodoh namun masih sering bingun terkait tata cara sholat istikharah yang baik, sahabat telah berada dihalaman yang tepat. Insya Allah dalam artikel ini akan mengulas tentang sholat istikharah jodoh secara lengkap. Sebelum lebih dalam membahas sholat istikharah jodoh ada baik nya kita fahami terlebih dahulu pengertian dan dasar-dasar dari sholat istikharah tersebut.

Shalat Istikharah

Shalat istikharah adalah langkah ikhtiar sunnah yang dilakukan oleh seorang muslim memohon kepada Allah SWT agar diberikan dan dimudahkan dalam persoalan pekerjaan, pendidikan, jual beli, jodoh, dan lain sebagainya.

Pada intinya, Shalat istikharah adalah mohon petunjuk kepada dzat yang maha memberi petunjuk agar diberikan pilihan dan keputusan yang terbaik menurut Allah SWT. Segala kebaikan datangnya dari Allah SWT, Baik menurut Allah sudah pasti baik pula untuk hamba-Nya karena Allah SWT Maha Tahu atas segala sesuatu.

Dalil Shalat Istikharah

shalat istikharah jodoh
Mohon petunjuk untuk
jodoh terbaik
Dalil yang mendasari hukum shalat istikharah bersumber dari hadits sahabat Jabir bin Abdillah r.a yang artinya;

Rasulullah SAW mengajari kami shalat istikharah dalam setiap perkara atau urusan yang kami hadapi, sebagaimana Beliau SAW mengajarkan kami suatu surat dari Al-Qur’an. Berkata: “ Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua rakaat yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah………..”. (HR. Al-Bukhari)

Sudah sepantasnya kita sebagai hamba-Nya memohon petunjuk dalam segala macam bentuk urusan kepada Allah SWT dengan melakukan shalat istikharah dua raka’at. Segala yang baik tentu datangnya dari Allah dan Dialah yang maha mengetahui atas segala yang ada di dunia ini.

Baik menurut kita belum tentu baik menurut Allah SWT begitu pula sebaliknya, buruk menurut kita belum tentu buruk dipandangan Allah SWT. Allah lah sebaik-baik pemberi segala keputusan.

Shalat istikharah sebaiknya dilaksanakan secara munfarid atau sendiri-sendiri dan shalat isitikharah jodoh dilakukan pada waktu-waktu yang mustajab.

Shalat istikharah jodoh terbaik dilakukan dan diniatkan semata-mata memohon petunjuk dan pilihan terbaik dari Allah SWT. Agar nantinya pilihan yang diambil betul-betul yang terbaik. Baik untuk diri sendiri, keluarga, dan agama.

Baca juga: Amalan shalat tahajud agar keinginan terkabul

Shalat istikharah jodoh dilakukan berapa kali

Banyak diantara sahabat yang bertanya, berapa kalikah sholat istikharah dilakukan? Kelapangan dada bagi seseorang atas apa yang telah menjadi pilihan merupakan perwujudan dari kecenderungan dan kecintaanya pada seseuatu. Bukan karena menuruti kemauan hawa nafsu atau mungkin karena adanya tujuan dan maksud tertentu.

Jika dirasa masih belum didapati pilihan yang mantap maka disunnahkan baginya untuk melakukan shalat istikharah berulang-ulang sebanyak tujuh kali. Hal ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad SWT;

«يَا أَنَسُ، إِذَا هَمَمْتَ بِأَمْرٍ فَاسْتَخِرْ رَبَّكَ فِيهِ سَبْعَ مَرَّاتٍ، ثُمَّ انْظُرْ إِلَى الَّذِي يَسْبِقُ إِلَى قَلْبِكَ، فَإِنَّ الْخَيْرَ فِيهِ» أخرجه ابن السني

“Wahai Anas, jika kamu gundah dengan suatu hal, maka mintalah pilihan (petunjuk) kepada Tuhan mu sebanyak tujuh kali. Kemudian lihatlah yang tersirat pada hatimu, maka sungguh kebaikan ada di dalamnya.” (HR. Ibnu Sunni).

Maka shalat istikharah jodoh bisa dilakukan dengan tujuh kali, namun jika masih belum juga ada tanda-tanda baik baginya, maka dibolehkan untuk mengulangi shalat istikharah jodoh lebih dari bilangan itu.

Shalat istikharah jodoh dilakukan jam berapa

Shalat istikharah bisa dilakukan pada waktu kapan pun, di waktu siang hari maupun di waktu malam hari. Selama bukan pada waktu yang telah dilarang dalam islam. Seperti di waktu setelah shalat subuh sampai matahari terbit, matahari tepat berada diatas kepala sampai masuk waktu shalat zuhur, dan pada waktu setelah shalat asar sampai azan shalat magrib berkumandangan.

Namun sering kali kita bertanya kapan waktu terbaik mengerjakan shalat istikharah itu? Shalat istikharah jodoh sangat baik dilakukan di sepertiga malam terakhir, yaitu dimulai dari pukul 01.00 dini hari sampai masuk waktu shalat subuh. Di waktu sepertiga malam terakhir ini Allah SWT turun ke langit untuk melihat hamba-Nya, adakah hamba-Nya yang memohon maka Allah akan memberikannya, adakah hamba-Nya yang mohon ampunan maka Allah ampuni, dan adakah hamba-Nya berdoa pasti Allah SWT kabulkan.

Pada waktu tersebut, selain shalat istikharah jodoh juga baik dilakukan shalat tahajud dan memperbanyak doa dan berzikir. Maka jika melaksanakan shalat istikharah di waktu sepertiga malam terakhir bisa sekaligus melakukan shalat tahajud.

Shalat istikharah jodoh berapa raka’at

Shalat istikharah dilakukan sebanyak dua raka’at. Hal ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW:

“Jika salah seorang diantara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…….” HR. Al- Bukhari.

Baca juga: Syarat sholat tahajud apakah harus tidur dulu

Niat Shalat Istikharah Jodoh

Shalat istkharah di awali dengan niat, sama pada shalat-shalat lain pada umumnya. Niat shalat istikharah dilafalkan di dalam hati. Untuk penegas, agar terhindar dari keragu-raguan bisa juga dilafakan dengan lisan. Berikut adalah niat shalat istikharah jodoh;

أصلى سنة الإستخارة ركعتين لله تعالى

“Ussolli sunnatal istikharah rak’ataini lillahi ta’ala”

Artinya: “Saya berniat shalat sunnah istikharah dua raka’at semata karena Allah ta’ala.”

Tata Cara Shalat Istikharah Jodoh

Berikut merupakan uraian tata cara shalat istikharah jodoh secara umum;

1. Berniat
2. Takhbiratul ikhram
3. Doa iftitah
4. Membaca Al Fatehah
5. Membaca surat dari Al Qur’an, bisa dengan surat-surat pendek. Dianjurkan membaca surat Al Kafirun
6. Ruku’
7. I’tidal
8. Sujud
9. Duduk di antara dua sujud
10. Sujud kedua
11. Kembali berdiri untuk raka’at kedua
12. Membaca surat Al Fatehah
13. Membaca surat dari Al Qur’an. Bisa membaca surat pendek Al Ikhlas
14. Ruku’
15. I’tidal
16. Sujud
17. Duduk diantara dua sujud
18. Sujud kedua
19. Tahiyat akhir
20. Dan terakhir salam

Shalat istikharah jodoh baik nya dilakukan dengan tuma’ninah, penuh penghayatan dan tidak terburu-buru.

Doa shalat istikharah jodoh

Yang membedakan shalat istikharah dengan shalat lainnya adalah pada doa yang dipanjatkan saat setelah melaksanakan shalat istikharah. Berikut adalah bacaan doa shalat istikahah;

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِك وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ ، اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ{*} خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ{*} شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِ


“Allahumma inni astakhii-ruka bi ‘ilmika, wa astaq-diruka bi qud-ratika, wa as-aluka min fadh-likal adziim, fa in-naka taq-diru wa laa aq-diru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna hadzal amra {*} khairan lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii faq-dur-hu lii, wa yas-sirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Wa in kunta ta’lamu anna hadzal amra {*} syarrun lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii, fash-rifhu ‘annii was-rifnii ‘anhu, waqdur lial khaira haitsu kaana tsumma ardhi-nii bih”

“Ya Allah, aku memohon petunjuk kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu. Aku memohon kekuatan dengan kekuatan-Mu. Ya Allah, seandainya Engkau tahu bahwa masalah ini {*} baik untukku dalam agamaku, kehidupanku dan jalan hidupku, jadikanlah untukku dan mudahkanlah bagiku dan berkahilah aku di dalam masalah ini. Namun jika Engkau tahu bahwa masalah ini {*} buruk untukku, agamaku dan jalan hidupkku, jauhkan aku darinya dan jauhkan masalah itu dariku. Tetapkanlah bagiku kebaikan di mana pun kebaikan itu berada, dan ridhailah aku dengan kebaikan."

Baca juga: Doa shalat tahajud lengkap latin dan artinya

Nb: yang bertanda {*} silahkan sahabat ganti dengan hajat atau masalah yang tengah dihadapi.

Baik sahabat Budiman, itulah tadi sedikit ulasan terkait shalat istikharah jodoh yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih. Wallahu’alam bishowab.