Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Sholat dan Doa Sunnah Setelah Akad Nikah yang Bisa Dipraktekkan Pasangan Baru

Bungaab.my.id - Pernikahan adalah wujud ibadah yang memiliki kontribusi yang besar untuk mencapai surganya Allah SWT. Agar selama menjalani rumah tangga selalu dalam keberkahan, sangat dianjurkan untuk melakukan sunnah setelah akad nikah oleh pasangan suami istri. Hal ini tentunya juga akan menambah poin pahala bagi keduanya.

Terdapat banyak sekali sunnah-sunnah yang bisa dilakukan oleh pasangan yang baru menikah. Namun sebelum memulai keseluruhan sunnah tersebut, ada baiknya untuk mempraktekkan sholat dan berdoa sebagai langkah awal. Sebagai panduan, artikel ini akan membahas panduan sholat sunnah setelah akad beserta doa yang bisa diamalkan;

Sholat Sunnah Setelah Akad

Sunnah Setelah Akad Nikah
Ilustrasi sunnah setelah akad nikah

Tahapan keseluruhan shalat sunnah jenis apapun itu masih memiliki satu aturan, hanya niat dan jumlah rakaat saja yang membedakan. Meski terkesan sama saja, namun tetap ada tata cara khusus yang harus dilakukan pada masing-masing sholat termasuk sholat setelah akad. Berikut tahapan sholat sunnah setelah akad:

Baca juga: Doa agar suami sayang dan nurut sama istri, insya Allah tambah lengket

1. Dilakukan Setelah Akad Berlangsung

Sholat sunnah setelah akad dilangsungkan setelah akad selesai. Ibadah ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW sebelum memulai kehidupan rumah tangga yang akan dijalani bersama.

Sholat setelah akad ada baiknya dilakukan setelah seluruh rangkaian walimah selesai digelar. Kemudian dilaksanakan hanya bersama pasangan di tempat tertutup dalam dua rakaat.

Baca juga: Doa untuk keluarga dan saudara

2. Bersuci dari Segala Macam Najis

Dalam menjalankan sholat sunnah setelah akad nikah, kedua mempelai hendaknya terbebas dari segala macam najis. Pasangan suami istri bisa mandi dan berwudhu terlebih dahulu agar sholat menjadi lebih khusyu. Apabila pasangan wanita dalam keadaan haid, sholat sunnah tetap bisa dilakukan oleh suami sendirian.

3. Membaca Niat

Jika sudah mengemas diri dan bersiap untuk sholat, langkah selanjutnya adalah membaca niat yakni; “Aku berniat sholat sunnah setelah menikah karena Allah maha besar.”

Baca juga: Tata cara dan doa setelah sholat syuruq

4. Mendoakan Istri yang Dipanjatkan Oleh Suami

Langkah terakhir dari seluruh rangkaian sholat sunnah setelah akad digelar oleh pasangan, suami bisa memanjatkan doa untuk kebaikan istri sambil meletakkan tangan di ubun-ubun kepala istri. Tidak ada doa spesifik yang harus dibacakan, cukup yakini dan syukuri atas berkah yang Allah berikan.

Doa Sunnah Setelah Akad

Selain sholat, ada pula anjuran untuk memanjatkan doa sunnah setelah akad nikah yang bisa langsung dilakukan pasangan. Doa tersebut mengandung makna yang baik untuk kehidupan rumah tangga yang baru dibentuk agar tetap harmonis. Tentunya doa ini bisa dihafal sebelum akad nikah berlangsung.

Baca juga: Waktu dilarang shalat istikharah dan waktu terbaik untuk sholat istikharah

1. Doa Rumah Tangga Diberikan Keberkahan dan Kebahagiaan

Doa sunnah setelah akad nikah yang bisa dibaca yakni doa semoga rumah tangga diberikan keberkahan dan kebahagiaan seumur hidup. Dalam riwayat Imam at- Thabrani kalimat untuk membaca doa tersebut yakni;

"Ya Allah beri mereka rezeki dariku, rezekiku dari mereka. Satukan kami dalam kebaikan, pisahkan pula kami selama demi kebaikan. Anugerahilah kami dengan beribu-ribu kebaikan."

2. Doa Kebaikan Atas Pasangan Hidup Suami dan Istri

Doa lainnya yang bisa dilakukan setelah akad nikah berlangsung yakni doa kebaikan atas pasangan hidup dengan membaca; “ya Allah aku meminta kepadaMu kebaikan pasangan yang muncul darinya dalam pernikahan. Dan aku berlindung dari segala keburukan pasangan yang muncul dalam pernikahan.”

Baca juga: Amalan sebelum sholat tahajud agar keinginan terkabul

Menjadi impian setiap pasangan suami istri selama mengarungi bahtera rumah tangga selalu dihiasi dengan keberkahan. Sebagai penguat ikatan antara suami dan istri ada baiknya untuk selalu mengamalkan sholat dan doa di atas walaupun bukan lagi pengantin baru. Hal ini agar rumah tangga diliputi oleh energi positif yang membawa kebahagiaan.