Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengikhlaskan Seseorang Menurut Islam, Syari dan Sukses Lupa

Bungaab.my.id - Hubungan asmara memang tidak selalu berjalan lancar. Ada kalanya seseorang harus melepaskan orang yang dicintainya dan masa lalunya. Ternyata ada cara mengikhlaskan seseorang menurut islam yang bisa dijalani oleh umat muslim.

Cara-cara mengikhlaskan menurut islam ini bisa menjadi jalan bagi seseorang yang sedang patah hati dan berharap kelapangan hati. Dengan cara-cara ini, para muslim bisa mendapatkan kelapangan hati untuk mengikhlaskan seseorang.

Cara Belajar Mengikhlaskan Seseorang Menurut Islam

5 Cara Mengikhlaskan Seseorang Menurut Islam, Syari dan Sukses Lupa
Cara belajar mengikhlaskan seseorang menurut islam

Masa lalu merupakan pelajaran berharga bagi seseorang yang telah melaluinya. Islam pun mengajarkan untuk terus belajar mengikhlaskan jika pengalaman itu terasa berat untuk dilupakan. Karena dengan mengikhlakan kita berharap ada kebaikan-kebaikan selanjutnya. Berikut tahapan-tahapannya agar bisa betul-betul mengikhlaskan.

1. Cara Mengikhlaskan Seseorang dengan Doa

Cara mengikhlaskan seseorang menurut islam yang pertama adalah dengan berdoa. Patah hati mungkin menjadi sebuah cara Allah SWT menegur umatnya, karena ini selama ini telah jauh darinya karena urusan asmara.

Karena itu umat muslim perlu untuk mendekatkan diri lagi kepada Allah SWT. Cara yang paling cepat untuk mendekatkan diri pada Allah SWT adalah dengan berdoa dan memohon ampunan pada-Nya.

Baca juga: Cara melunasi hutang riba secara Islam

Panjatkan doa agar memiliki hati yang lapang dalam mengikhlaskan orang yang dicinta. Percayalah bahwa Allah memiliki rencana yang lebih baik pada masa depan. Dengan begitu, hati akan lebih siap untuk melepaskan masa lalu.

2. Cara Melupakan Seseorang dengan Membaca Al-Quran

Ketika ingin mengikhlaskan seseorang, pikiran butuh pengalih perhatian agar tidak fokus pada masa lalu saja. Lebih baik untuk memilih pengalih perhatian yang bersifat positif, dalam Islam aktivitas yang bisa mengalihkan perhatian yang paling disarankan adalah dengan mengaji.

Baca juga: Ciri-ciri orang kena santet menurut Islam, wajib tahu

Selain sebagai pengalih perhatian pada masalah duniawi, membaca Al-Quran juga bisa menjadi ladang pahala. Selain itu, dapat memberikan ketenangan hati dan lebih dekat dengan Allah SWT.

Allah SWT menjanjikan pahala bagi yang menunaikan amalan baca Al-Quran. Selain itu, bagi yang membaca Al-Quran akan diberikan hati yang tenang dan kedamaian. Semuanya tertera pada Surat Ar-Rad ayat 8.

3. Alihkan Perhatian dengan Berdzikir

Dzikir juga menjadi salah satu cara untuk mengikhlaskan seseorang dan mengalihkan pikiran dari masa lalu. Selain menjadi pengalih pikiran, hati akan menjadi lebih dekat dengan Allah SWT dengan berdzikir dan selalu menyebut namanya.

Baca juga: Cara mengusir jin kiriman orang di rumah

Dzikir dalam Islam juga merupakan salah satu jalan agar keinginan dikabulkan. Karena itu, barengi doa dengan ibadah dzikir. Mintalah pada-Nya agar diberikan jalan yang terbaik pada masa depan.

Dengan begitu, apapun yang terjadi di masa depan. Hati bisa merasa jauh lebih ikhlas dan lebih ikhlas dalam menerima hasil yang ada di masa depan. Tenangkan hati dan dapatkan ketenangan melalui ibadah dzikir ini.

4. Cara Melupakan Seseorang dengan Berhenti Menghubungi

Untuk menenangkan diri dan memberikan diri waktu untuk melupakan, harus ada jarak antara orang yang ada di masa kini dan yang ada di masa lalu. Karena itu sangat perlu bagi yang sedang patah hati untuk berhenti menghubungi mantan.

Baca juga: Tata cara ziarah kubur sesuai sunnah dalam islam

Menghubungi mantan walaupun hanya sebentar dengan niat sekadar menanyakan kabar. Kemungkinan bisa bisa meruntuhkan pertahanan yang sudah Anda buat selama ini. Tentu saja, usaha Anda untuk melupakan dan mengikhlaskan bisa menjadi sia-sia.

5. Yakinkan Diri Bahwa Bisa Melupakannya

Dalam Islam mengajarkan untuk percaya pada Allah SWT dan kemampuan diri sendiri. Karena itu, untuk mengikhlaskan seseorang juga harus dimulai dari dalam diri sendiri. Tanamkan keyakinan dalam diri, bahwa mengikhlaskan adalah hal yang sangat mungkin untuk dilakukan.

Itulah berbagai cara mengikhlaskan seseorang menurut islam yang bisa para umat muslim coba. Dengan cara di atas, tidak hanya sekedar lebih mudah dalam melepaskan masa lalu. Namun hati juga bisa menjadi lebih tenang dan jauh lebih ikhlas. Wallahua'lam bissowab