Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Orang Kena Santet Menurut Islam, Patut Diwaspadai!

Ciri Ciri Orang Kena Santet Menurut Islam - Santet merupakan salah satu ilmu hitam yang marak beredar di Indonesia. Allah SWT tidak akan memberikan ampunan kepada pelaku santet. Hal tersebut karena ilmu santet termasuk ajaran syirik. Ciri ciri orang kena santet menurut Islam pun ada banyak dan bisa diketahui secara mudah.

Melakukan santet atau menggunakan ilmu sihir berarti sama saja dengan menyembah jin atau setan. Tentu saja hal tersebut tidak boleh untuk dilakukan. Apa saja tanda-tanda orang yang terkena santet menurut Islam? Berikut penjelasannya ciri-ciri orang kena santet atau ilmu sihir:

1. Mudah Marah dan Lepas Kendali

Ciri Ciri Orang Kena Santet Menurut Islam
Ciri-ciri orang kena santet menurut islam
Ciri ciri orang kena santet menurut Islam pertama yakni mudah marah sampai bisa lepas kendali. Marah merupakan hal yang wajar dan biasa saja. Marah adalah salah satu bentuk emosi yang disebabkan karena kesal, capek dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara mengusir jin kiriman orang di rumah

Namun, bagaimana jika seseorang sering marah sampai lepas kendali? Perlu diwaspadai jika seseorang mengalami hal tersebut. Bisa jadi orang tersebut terkena santet atau ilmu sihir. Orang yang terkena santet biasanya marahnya bisa sampai mencelakai orang lain.

2. Berpaling dari Allah SWT

Berpaling dari Allah SWT adalah ciri-ciri orang kena santet kedua. Tanda ini adalah ciri paling jelas ketika seseorang terkena santet. Berbeda dengan orang yang sedang futur, orang yang terkena santet akan terus-terusan berpaling dari Allah SWT.

Baca juga: Tata cara ziarah kubur sesuai sunnah dalam ajaran islam

Orang yang terkena santet atau ilmu sihir enggan untuk menunaikan ibadah. Jangankan ibadah sunnah, ibadah wajib seperti shalat fardhu pun akan ditinggalkan. Orang tersebut juga bisa sampai lupa dalam mengingat apapun yang berkaitan dengan akhirat.

3. Tampak seperti Orang Linglung

Ciri yang ketiga adalah linglung. Seseorang yang telah terkena guna-guna atau santet biasanya jalan pikirnya tidak bisa lurus. Tentu saja ciri-ciri ini harus diwaspadai apabila orang sekitar mengalami hal demikian.

Orang yang terkena tanda-tanda ini akan sulit menerima pendapat orang. Hal tersebut karena orang yang terkena santet atau ilmu sihir akan kesulitan dalam memfokuskan pikiran. Dalam merespon orang lain pun juga akan kacau sehingga sering tidak nyambung ketika diajak berinteraksi.

Baca juga: Cara mengganti puasa Ramadhan bagi perempuan

4. Sering Tertawa dan Menangis Tanpa Sebab

Orang normal jika tertawa pasti ada penyebabnya misalnya karena ada kejadian lucu atau unik. Selain itu mungkin karena sedang berinteraksi dengan orang lain agar terlihat ramah. Hal ini sangat berbeda dengan orang yang terkena santet atau ilmu sihir.

Pada umumnya, orang yang terkena santet biasanya akan tertawa sendiri tanpa ada suatu sebab. Selain tertawa, seseorang yang kena ilmu sihir juga akan menangis tanpa ada suatu sebab. Jika ada seseorang yang mengalami hal tersebut patut dicurigai kalau dia terkena santet.

Baca juga: Amalan yang harus dilakukan agar cepat hamil

5. Enggan Diam di Rumah

Dalam mengenali orang kena santet bisa dengan mudah diketahui oleh anggota keluarga. Biasanya seseorang yang terkena santet memiliki perasaan yang enggan diam ketika di rumah. Hal ini disebabkan karena ilmu santet yang mengenai orang tersebut sangat kuat.

Selain itu, orang yang terkena santet juga mudah dalam membenci anggota keluarga. Termasuk bapak dan ibunya. Ketika berinteraksi dengan sesama anggota keluarga juga akan cepat marah. Tidak jarang orang yang terkena santet akan kasar dan buruk dalam berkomunikasi.

Baca juga: Apakah puasa boleh sikat gigi siang harinya? Simak ulasan lengkapnya

6. Sering Mimpi Buruk

Sering mimpi buruk menjadi salah satu ciri-ciri orang kena santet menurut islam. Diantara mimpi yang dimaksud adalah mimpi melihat binatang. Terlebih binatang berupa simbol setan, seperti cicak, ular dan anjing. Pada umumnya binatang-binatang tersebut berwarna galap.

Mimpi dikejar-kejar binatang bahkan seakan diterkam atau dipatuk oleh binatang tersebut. Merupakan tanda-tanda yang bisa dipastikan adanya pengaruh terhadap setan atau gangguan makhluk halus.

7. Sering Kesurupan

Kesurupan atau kerasukan makhluk-makhluk gaib merupakan ciri-ciri orang kena santet. Hal ini dikarenakan banyaknya gangguan makhluk gaib yang terus mengganggu bahkan mengambil alih jiwa manusia sehingga manusia tersebut kehilangan kesadaran.


Jika seseorang telah kesurupan diperlukan penangan khusus agar bisa secepat mungkin disadarkan dari pengaruh jin maupun setan. Bisa meminta bantuan kepada ustadz yang berkompeten dibidang Riqyah syari'i. Jangan sesekali -kali meminta bantuan kepada dukun maupun paranormal yang tidak melakukan pengobatan secara syar'i. Karena hal demikian termasuk dalam dosa besar yang harus dihindari.

8. Sakit di Area Tertentu

Ciri-ciri selanjutnya adalah sering mengalami sakit pada area tertentu. Seperti merasakan sakit pada area dada, kepala, kaki, perut, mata, dan lain-lainnya. 

Rasa sakit yang dialami akan sembuh namun dalam kurung waktu yang tidak lama akan kambung sakitnya.


Perlu diketahui bahwa jika telah masuk pada tahap ini penanganan perlu segera dilakukan karena telah memasuki fase terakhir yang terget dari santet tersebut menyakiti anggota badan atau fisik.

Penanganan yang diperlukan berupa ruqiyah syari' yang dilakukan oleh seorang ustadz yang faham dibidang riqyah. 

Penjelasan terkait ciri-ciri orang yang kena santet di atas dijadikan sebagai pengetahuan saja. Kepercayaan akan hal tersebut kembali ke individu masing-masing.

Itulah ciri ciri orang kena santet menurut Islam yang perlu diwaspadai. Ada beberapa penangkal ilmu santet menurut ajaran Islam salah satunya adalah berdoa. Kekuatan doa sangat besar sekali dalam menangkal santet. Jangan lupa juga untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan SWT. Wallahu'alam bissowab.