Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Talqin Mayit, Doa yang Patut Dibaca Ketika Melayat

Apabila seseorang meninggal dunia, maka biasanya ustadz akan membacakan doa talqin mayit. Talqin mayit adalah sebuah tradisi masyarakat yang sudah turun temurun dilakukan. Talqin mayit dilakukan dengan tujuan untuk mengingatkan bahwa sang mayit akan bertemu dengan malaikat dan ditanyakan pertanyaan kubur.

Doa Talqin Mayit, Doa yang Patut Dibaca Ketika Melayat
Doa untuk talqin mayit. Ⓒ Unsplash.com
Definisi dari talqin sendiri menurut bahasa yaitu mengajarkan dan mengingatkan dengan lisan. Sedangkan, menurut syar’iyah, talqin itu merupakan mengajarkan atau mengingatkan lagi pada orang yang akan meninggal dunia, dan kepada mayit yang baru saja dimasukkan ke dalam liang kubur.

Dari hal tersebut maka ada dua talqin yang sebaiknya bisa dilakukan, yaitu talwin saat mayit dalam kondisi naza’ dan talqin setelah sesaat jenazah dikuburkan.

Talqin mayit ini dilakukan umumnya setelah mayit dikuburkan sampai selesai dan sempurna. Biasanya dibacakan oleh sang ustadz atau ulama yang paham agama dan memimpin proses penguburan berlangsung. Proses penguburan mayit juga dihadiri oleh para keluarga, sanak saudara, kerabat, tetangga, dan orang lain yang turut mengantarkan jenazah ke liang lahat.

1. Saat Naza

Di bawah ini merupakan bacaan doa talqin mayit saat naza. Berikut merupakan bacaannya.

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah.”

Bacaan tahlil ini adalah versi singkatnya. Namun adapun anjuran dari Rasulullah Salallahu’alaihi wassalam untuk membacakan doa talqin mayit apabila ada yang meninggal dunia.

لقنوا موتا كم لا إله إلا الله

Artinya:

“Talqinlah orang-orang (yang akan) mati diantara kalian dengan bacaan laa ilaahailallah.”

Dari bacaan talqin di atas, dapat disimpulkan bahwa orang-orang yang akhir perkataannya di dunia menyebut lafadz laa ilahailallah maka akan mendapat jaminan surga. Hal ini juga ditegaskan oleh baginda besar Nabi Muhammad Salallahu’alaihi wassalam dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Imam Abi Dawud.

من كان آخر كلامه لا إله إلا الله دخل الجنة

Artinya:

“Barangsiapa yang pada akhir perkataannya di dunia laa ilahailallah, maka dia akan masuk surga.”

Demikianlah ajaran Nabi Muhammad Salallahu’alaihi wassalam yang apabila ketika seseorang mendapati ajalnya, hendaknya orang yang akan meninggal membaca kalimat tahlil tersebut. Jika membacanya, niscaya akan masuk surga.

2. Setelah Dikuburkan

Membaca doa talqin mayit ini hukumnya sunnah, namun walaupun begitu tidak sampai wajib dalam ajaran Islam. Berikut merupakan bacaan doa talqin mayit setelah dikuburkan.

نَسْتَوْدِعُكَ اللَّهـُمَّ يَا أَنِيْسَ كُلِّ وَحِيْدٍ وَيَا حَاضِرًا لَيْسَ بِغَائِبٍ, آنِسْ وَحْدَتَنَا وَوَحْدَتَهُ وَارْحَمْ غُرْبَتَنَاوَغُرْبَتَهُ وَلَقِّنْهُ حُجَّتَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ

Artinya:

“Kami menitipkan saudaraku kepada-Mu ya Allah, Ya Tuhan yang memberi kesenangan setiap orang yang mendirikan, Ya Tuhan yang selalu hadir tidak pernah absen berilah kesenangan atas kesendirian saudaraku ini. Kasihanilah pengembaraan kami dan pengembaraan saudara kami ini, peringatkanlah dua dari hujjah yang telah kami ajarkan kepadanya, janganlah Engkau menfitnah kami sesudah dia meninggal dan ampunilah kami dan dia wahai Tuhan seluruh Alam. ”

Dari bacaan doa talqin mayit di atas, bahwa sesungguhnya selain Sahabat sebagai orang muslim, diwajibkan atas empat perkara ketika ada saudara muslim Sahabat lainnya yang meninggal dunia.

Selain dari keempat perkara tersebut, adapun anjuran dan kesunahan lainnya yang sebaiknya dilakukan yaitu membaca doa talqin mayit.

Demikianlah informasi mengenai bacaan doa talqin mayit yang biasa dibaca ketika setelah menguburkan jenazah ke liang lahat. Alangkah baiknya jika Sahabat menghafalnya dan mengamalinya apabila ada saudara muslim lainnya yang meninggal dunia.

Baca juga: Doa pembuka hati agar memudahkan segala urusan

Dengan begitu, Sahabat bisa turut mendoakan atas sang mayit agar dipermudah jalannya dalam kuburnya. Selain itu diharapkan agar Sahabat bisa mengirimkan doa talqin mayit kepada jenazah.