Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa 10 Muharram Lengkap dengan Amalan yang Dilakukan

Salah satu hari yang paling istimewa bagi umat islam adalah datangnya hari asyura yang tepat jatuh pada tanggal 10 Muharram di kalender Hijriah. Ada banyak keutamaan yang dimiliki hari asyura ini, oleh sebab itu banyak sekali doa dan dzikir yang harus sering dibaca pada hari assyura.

Pada hari asyura ini adalah termasuk bulan Muharram dimana seseorang bisa mendapat kemuliaan dari Allah Subhanahu wata’ala. Dengan begitu, ada sejumlah amalan mulai dari puasa, doa, dan dzikir yang dianjurkan untuk dapat dilakukan pada waktu asyura ini.

Doa 10 muharram lengkap
Teks doa 10 muharram. Ⓒ Pixels.com
Berbagai amalan diperintahkan untuk dilakukan oleh umat islam pada hari assyura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram ini. Perlu diketahui oleh Sahabat bahwa amalan yang paling utama untuk dapat dilakukan adalah puasa sunnah assyura. Sementara itu, umat islam juga diperintahkan untuk berdzikir dan berdoa.

Amalan seperti dzikir dan doa bisa dilakukan kapan saja saat melakukan berbagai aktivitas, syaratnya tentu umat islam harus dalam keadaan suci dan berniat baik. Sebelum melakukan bacaan doa 10 Muharram, sebaiknya lakukan dzikir juga.

Baca juga: Doa pembuka hati agar memudahkan segala urusan

Daripada Sahabat penasaran dengan doa yang dimaksud, sebaiknya langsung saja simak bacaannya di bawah ini.

Doa 10 muharram
Artinya:

“Ya Allah, wahai yang memberikan jalan keluar dari segala kesusahan, wahai Yang mengeluarkan Zun Nun pada hari assyura, wahai Yang menghimpun semua keturunan Ya’qub pada hari assyura, wahai Yang mengampuni dosa Daud pada hari assyura wahai Yang melengkapkan penyakit Ayyub pada hari assyura, wahai Yang mendengar seruan Musa dan Harun pada hari assyura, wahai Yang menciptakan ruh Muhammad pada hari assyura.”

Amalan Hari Assyura

Pada hari assyura, dianjurkan untuk melakukan beberapa amalan. Beberapa amalan yang dimaksud akan dijelaskan di bawah ini.

1. Puasa Assyura

Amalan pertama yang dianjurkan untuk dilakukan pada 10 Muharram adalah berpuasa sunnah Muharram. Puasa dilakukan pada hari ke sembilan dan hari ke sepuluh bulan Muharram.

Anjuran ini diterangkan dalam dalil dari Abu Hurairah RA bahwa ia berkata: Nabi Muhammad Salallahu’alaihi wassalam bersabda: “Shaum yang paling utama yaitu setelah shaum Ramadhan adalah shaum di bulan Allah yaitu bulan Muharram. Dan sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam.”

2. Meluaskan Belanja

Amalan berikutnya adalah meluaskan belanja. Hal ini ada hadist dari Abi Said Al-Khudhri RA, bahwasanya Rasulullah bersabda, “Siapa yang meluaskan belanja kepada keluarganya pada hari assyura, maka Allah akan meluaskan atasnya belanja selama setahun.”

3. Bersedekah

Selanjutnya yaitu bersedekah. Pada hari assyura juga disunnahkan untuk bersedekah. Bersedekah tentu menjadi suatu kewajiban bagi setiap muslim untuk melakukan amal kebajikan, bersedekah bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Namun pada hari assyura sangat disunnahkan untuk bersedekah.

4. Berdzikir

Berikutnya, pada hari asyyura dianjurkan untuk berdzikir membaca tasbih, tahmid dan takbir kepada Allah Subhanahu wata’ala. Amalan ini memang sangat mudah dan ringan untuk dilakukan, namun ganjarannya sangat besar di akhirat.

Dzikir seperti bacaan alhamdulillah, subhanallah, allahuakbar, laailahailallah memang sering dibaca saat setelah selesai melakukan sholat fardhu. Namun berdzikir pada hari assyura juga akan mendapat pahala yang amat besar.

Baca juga: Doa nabi Sulaiman yang dikabulkan Allah SWT

Demikian informasi tentang bacaan doa 10 Muharram lengkap dengan amalan yang dianjurkan untuk dilakukannya. Sahabat bisa melakukan amalan-amalan tersebut di hari assyura untuk mendapat keutamaan dan pahala dari hari assyura.