Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Mimisan Dengan Mudah

Apakah sahabat tahu jika di dalam hidung terdapat banyak pembuluh darah? Pembuluh darah tersebut sangat rentan pecah. Saat pembuluh darah pecah, hidung pun akan mengeluarkan banyak darah. Dan gejala ini dinamakan mimisan. Sebenarnya mimisan bisa diatasi sendiri di rumah. Tapi sahabat tidak bisa menganggap remeh gejala ini juga karena ada beberapa kasus yang ternyata memerlukan perawatan medis.

Mimisan sendiri biasanya disebut epistaksis yang kelihatannya sangat menakutkan. Gejala ini juga terkadang membuat penderita dan orang-orang disekitar yang melihat menjadi panik. Pasalnya ada darah yang mengucur di salah satu lubang hidung. Jika pendarahan yang terjadi cukup berat bisa meluap ke dua lubang hidung. Jika sahabat ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi mimisan, lebih baik sahabat ketahui dulu apa saja penyebabnya.

Baca juga: Cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat dengan cepat

Mengenal Sejumlah Penyebab Terjadinya Mimisan

Cara Mengatasi Mimisan Dengan Mudah
Atasi mimisan dengan tips berikut
Terkadang banyak orang menganggap remeh gejala mimisan yang terjadi. Padahal, mimisan bisa menjadi salah satu tanda ada penyakit berbahaya lainnya. Karena itu, jika terjadi mimisan, segeralah mencari tahu penyebabnya baru kemudia pelajari cara mengatasi mimisan itu sendiri.

Umumnya, mimisan terjadi karena penyebab yang tidak begitu pasti. Tapi, beberapa kasus yang terjadi dikarenakan trauma di hidung. Mimisan terjadi karena pukulan pada wajah atau bisa juga trauma di dalam hidup dikarenakan pengorekan hidung yang terlalu dalam hingga terluka.

Beberapa kondisi lain yang bisa menjadi penyebab mimisan adalah rinitis, infeksi hidung, kecapean, anemia dan sebagainya. Sebenarnya mimisan adalah gejala yang umum terjadi. Bahkan semua kalangan usia bisa saja mengalami gejala ini. tapi jika dilihat secara keseluruhan, gejala ini paling sering dijumpai pada anak-anak yng memiliki kemungkinan pendarahan lebih besar yakni hingga dua kali lipat dibandingkan orang dewasa. Jadi jika sahabat punya adik di rumah, pastikan sahabat mengetahui terlebih dahulu penyebab terjadinya mimisan baru kemudian cari tahu apa saja cara yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi gejala mimisan yang terjadi.

Baca juga: Penyebab dan cara mengatasi hidung mampet sebelah

5 Cara Mengatasi Mimisan

Seperti yang dikatakan sebelumnya, mimisan bisa diatasi sendiri tanpa harus pergi ke dokter. Tapi untuk hal ini, pastikan mimisan yang terjadi tidaklah parah. Karena ada beberapa kasus yang ternyata mengharuskan penderita mimisan untuk pergi ke dokter. Jika sahabat ingin belajar cara mengatasi mimisan jika berada sendiri di rumah, berikut diantaranya:

1. Majukan Tubuh Ke Depan

Cara pertama untuk membantu sahabat mengatasi mimisan di rumah adalah majukan tubuh ke depan. Jadi saat darah sedang keluar dari hidung, cobalah untuk duduk kemudian sandarkan tubuh. Sahabat juga harus sedikit majukan kepala ke depan. Cara ini sangat efektif untuk mencegah terjadinya aliran darah yang mengalir ke tenggorokan. Karena jika darah sudah masuk dan mengalir ke tenggorokan, ini tentu akan menyebabkan permasalahan lain seperti mual, muntah bahkan diare.

Jadi yang harus dilakukan pertama kali ketika terjadi mimisan adalah tidak panik. Sahabat harus tetap tenang kemudian ambil kain bersih atau tisu untuk membersihkan darah yang keluar. Sahabat juga harus pastikan posisi tubuh tegak dengan tubuh yang sedikit dimajukan ke depan. Sahabat harus meletakkan tubuh dengan posisi seperti ini supaya mencegah darah yang keluar.

2. Mencupit Cuping Hidung

Kemudian, sahabat bisa gunakan cara mengatasi mimisan yang kedua yakni dengan mencupit cuping hidung. Bisa gunakan ibu jari dan juga jari telunjuk untuk melakukan cara yang kedua ini. sahabat bisa lakukan cara ini selama 10 hingga 15 menit saja. Tidak perlu terlalu keras karena meski sahabat meremas tulang hidung sekalipun, ini tidak akan menghentikan pendarahan yang terjadi. Dengan mencubit cuping hidung, darah akan segera berhenti keluar.

3. Bernafaslah Dari Mulut

Langkah ketiga, sahabat harus bernafas dari mulut. Jadi ketika sahabat melakukan cara yang kedua tadi atau sedang mencubit cuping hidung, sahabat harus bernafas lewat mulut sampai pendarahan berkurang. Tujuannya adalah supaya mimisan yang terjadi segera berhenti dan pendarahan ulang yang terjadi juga bisa diminimalisir. Sumbat hidung menggunakan kapas agar dapat menyerap semua sisa pendarahan di dalam hidung. Pasang masker mulut baru kemudian bernafaslah lewat mulut hingga pendarahan berhenti. Jika ada darah masuk ke mulut, ludahkan langsung. Karena ketika darah tertelan, ini akan membuat sahabat menjadi mual bahkan muntah.

Baca juga: Cara mengatasi gusi bengkak mudah di rumah

4. Mengompres Dengan Air Dingin

Cara mengatasi mimisan yang keempat adalah dengan mengompres menggunakan air dingin. Jadi ini adalah salah satu cara yang efektif untuk membantu mengatasi permasalahan yang terjadi. Sahabat bisa tempelkan kompresan air dingin ke hidung. Tapi jangan tempelkan es batu langsung ke hidung. Sahabat harus membungkusnya dulu dengan menggunakan kain lembut baru kemudian tempelkan ke hidung. Tujuannya adalah supaya aliran darah lebih cepat membeku dan akhirnya darah yang mengalir pun berhentu.

5. Menggunakan Daun Sirih

Dan cara mengatasi mimisan yang terakhir adalah dengan menggunakan daun sirih. Jadi di dalam daun sirih ada yang namanya kandungan antiseptik dan beberapa zat lainnya yang bisa membantu mengatasi rasa sakit akibat pendarahan yang terjadi. Bahkan cara ini juga sangat membantu supaya pendarahan berhenti lebih cepat. Tapi sebelum itu, sebaiknya bersikan dulu permukaan daun sirih baru daun sirih tersebut digulung dan dimasukkan ke lubang hidung.

Jadi demikianlah beberapa cara mengatasi mimisan yang bisa sahabat lakukan sendiri dari rumah. Jika sudah berhenti, jangan lakukan kegiatan yang berat karena ini akan membuat mimisan datang lagi. Semoga bermanfaat.