Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan serta Lafal Doa Setelah Sholat Sunnah Qobliyah dan Ba’diyah

Di dalam Islam, ada banyak cara untuk mengumpulkan pahala, salah satunya dengan membaca doa setelah sholat sunnah qobliyah dan ba’diyah. Sholat qobliyah dilaksanakan sebelum melakukan sholat fardhu.

Sementara itu, sholat sunnah ba’diyah dilakukan setelah menjalankan sholat fardhu. Mungkin Sahabat lebih mengenalnya sebagai sholat rawatib yang berfungsi sebagai penyempurna dari pelaksanaan sholat fardhu.

Keutamaan Sholat Sunnah Rawatib

Keutamaan Serta Lafal Doa Setelah Sholat Sunnah Qobliyah dan Ba’diyah
Keutamaan shaalat sunnah rawatib.
Ⓒ Unsplash.com
Hanya saja, pelaksanaan kedua sholat sunnah tersebut tidak berjamaah, melainkan sendiri-sendiri atau munfarid. Meski demikian, Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan kedua sholat tersebut, karena mempunyai banyak keutamaan, seperti:

1. Dijauhkan dari Sifat Buruk

Setiap manusia pasti mempunyai kekurangan dan pernah melakukan kesalahan. Dengan sholat rawatib, Allah SWT akan menjaga dan menjauhkan umat-Nya dari sifat-sifat buruk, seperti sombong dan riya’.

2. Diberi Kebaikan Berlimpah

Barangsiapa melakukan sholat rawatib secara rutin, maka kehidupannya akan dipenuhi dengan kebaikan dan rahmat. Ingat, rahmat atau rezeki tersebut bentuknya sangat beragam, baik berupa materi maupun orang-orang baik.

3. Diharamkan dari Api Neraka

Rasulullah SAW pernah bersabda, bahwa umat yang menjalankan sholat sunnah qobliyah dan ba’diyah dzuhur, maka akan dijaga dari api neraka. Mereka tidak akan tersentuh oleh api tersebut, karena Allah mengharamkannya.

4. Lebih Baik dari Dunia Beserta Isinya

Lain hal dengan kedudukan sholat rawatib sebelum subuh, dimana sholat tersebut ternyata jauh lebih baik dari dunia beserta seisinya. Maka dari itu, pastikan untuk menjaganya, agar hidup dengan mulia.

5. Dibangunkan Rumah di Surga

Mau mencicil untuk memiliki rumah yang indah di surga? Pastikan untuk selalu menunaikan sholat sunnah 12 rakaat, baik pada siang maupun malam hari, yakni sholat rawatib.

Baca jugaa: Tata cara dan doa setelah shalat sunnah Syuruq

Jumlah Sholat Sunnah Rawatib

Perlu diketahui, bahwa pelaksanaan sholat qobliyah serta ba’diyah ini ada yang bersamaan dan beberapa di antaranya tidak. Sahabat dapat memerhatikan tabel pembagian waktu di bawah ini:

Tabel Sholat Sunnah Qobliyah dan Ba’diyah

Lafal dan Arti Doa Setelah Sholat Sunnah Qobliyah dan Ba’diyah

Waktu pelaksaaan sholat rawatib sendiri tergantung pada jenisnya, selama belum memasuki waktu sholat (qobliyah). Namun, akan menjadi terlarang, apabila iqamat sudah berkumandang.

Meski sedang melaksanakan sholat qobliyah, saat ada iqamat maka lebih baik Sahabat memutusnya. Nah, berikut adalah lafal doa setelah sholat sunnah qobliyah dan ba’diyah beserta maknanya:

Lafal Arab:

اَللّٰ اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِي وَخَطَايَاىَ كُلَّهَا اَللّٰهُمَّ اَنْعِشْنِى وَاجْبُرْنِى وَاهْدِنِى لِصَالِحِ الْاَ عْمَالِ وَالْاَخْلاَقِ اِنَّهُ لاَيَهْدِى لِصَالِحِهَاوَلاَيَصْرِفُ سَيِّئها اِلاَّاَنْتَالْاَ عْمَالِ وَالْاَخْلاَقِ اِنَّهُ لاَيَهْدِى لِصَالِحِهَاوَلاَيَصْرِفُ سَيِّئها اِلاَّاَنْتَ

Lafal Latin:

Allohummaghfirlii dzunubii wa khothooyaaya kullahaa. Allohumman’isynii wajburnii wahdinii li shoolihil a’maali wal akhlaaqi innahuu laa haydii li shoolihihaa wa laa yashrifu sayyihaa illaa anta

Arti Doa:

“Ya Allah, ampunilah aku atas segala dosaku dan kesalahanku. Ya Allah, tinggikan aku dan tutupi (aib)-ku, serta berilah aku petunjuk kepada kebaikan amal dan akhlak. Sesungguhnya tidak ada seorang pun yang dapat menunjukkan kepada kebaikan amal dan akhlak, serta tidak ada seorang pun yang dapat memalingkan dari keburukan amal dan akhlak, kecuali Engkau.”

Manfaat Sholat Sunnah Qobliyah dan Ba’diyah

Tak berbeda dengan doa-doa yang lainnya, berdoa setelah sholat sunnah qobliyah dan ba’diyah juga mempunyai banyak keutamaan. Intinya, melalui doa tersebut umat Islam memohon kepada Allah SWT, agar dijauhkan dari keburukan.

Bukan hanya itu saja, tetapi juga meminta agar lebih didekatkan dengan hal-hal yang baik. Sebab, memang hanya Allah SWT yang mampu menunjukkan keduanya melalui berbagai cara.

Oleh karena itu, panjatkan doa setelah sholat sunnah qobliyah dan ba’diyah secara rutin dan istiqomah. Semoga perlindungan dan kebaikan senantiasa membersamai dalam setiap langkah para Sahabat.