Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Kemaluan Wanita Menurut Islam, Para Muslimah Wajib Simak !

Cara Merawat Kemaluan Wanita Menurut Islam, Para Muslimah Wajib Simak! - Islam sangat memperdulikan bagaimana umatnya selalu menjaga apa yang dimiliki. Termasuk salah satunya adalah anggota tubuh. Bukan hanya yang nampak seperti wajah dan tangan, namun cara merawat kemaluan wanita menurut Islam juga telah diatur. Berikut ini akan dipaparkan penjelasan lengkapnya:

Cara Merawat Kemaluan Wanita Menurut Islam

Cara Merawat Kemaluan Wanita Menurut Islam
Cara Merawat Kemaluan Wanita Menurut Islam

Menjaga kebersihan alat kelamin memang jadi kewajiban. Tidak hanya dari segi medis yang menganjurkan, namun agama juga mengajarkan cara merawat kemaluan wanita secara rinci. Berikut ulasan lengkapnya:

Baca juga: Amalan agar cepat hamil

1. Mencukur Rambut Kemaluan

Sebagai wanita dewasa, wajar jika mulai tumbuh rambut-rambut halus di sekitar kemaluan. Maka dari itu hal yang bisa dilakukan sebagai cara merawat kemaluan wanita yang telah diatur menurut Islam adalah dengan mencukur rambut tersebut sebagai mana caranya berikut ini:
  • Memastikan menggunakan alat cukur yang tajam, sehingga akan mempermudah prosesnya. Misalnya menggunakan gunting atau alat cukur khusus.
  • Bersihkan dengan teratur dan bisa dilakukan saat melakukan mandi. Bila perlu bisa gunakan sabun khusus vagina.
  • Kemudian berhati-hati saat mencukurnya, dan bilas perlahan dengan air bersih.

2. Mengganti dan Menggunakan Pakaian Dalam Yang Sesuai

Peran underwear dalam menjaga alat reproduksi wanita sangat penting. Maka dari itu pembaca tidak boleh mengabaikan. Jika memiliki banyak beraktivitas, maka secara tidak langsung akan banyak berkeringat. Termasuk juga di area kemaluan, sehingga lebih baik menggunakan celana dalam dengan bahan katun.

Selain menggunakan bahan katun, pastikan juga untuk lebih rajin dalam menggantinya. Misalnya adalah dengan mengganti pakaian dalam sehari dua kali. Hal tersebut juga meminimalisir tumbuhnya jamur karena berada di area yang lembap.

Baca juga: Doa pelunas hutang dan dibebaskan dari kefakiran

3. Membersihkan Vagina Setelah BAB atau BAK

Adapun cara merawat kemaluan wanita menurut Islam selain dengan rutin mencukur rambut halus pada kemaluan, namun juga bisa membersihkan vagina tersebut setiap hari. Berikut cara yang paling tepat:
  • Setelah melakukan buang air besar ataupun kecil, maka pastikan membersihkan area dubur dan jangan lupa juga vagina.
  • Untuk membersihkan area vagina bisa menggunakan sabun dengan pH yang sesuai.
  • Kemudian bilas dengan air mengalir dari depan ke arah belakang bukan sebaliknya. Jadi, kotoran sehabis buang air besar dan kecil tidak akan masuk ke area kelamin atau vagina. Walaupun nampak sederhana, faktanya masih banyak perempuan yang tidak paham dengan hal ini.

Cara Merawat Kemaluan Dan Niatnya

Ternyata dalam merawat kemaluan khususnya saat mencukur bulu. Tidak sembarangan bisa dilakukan, dalam Islam ada adab dan tata caranya berikut ulasannya:
  • Saat akan mencukur rambut kemaluan maka niatkan dalam hati bahwa sedang menjalankan apa yang diperintahkan syariat. Pasalnya untuk niatnya belum ada yang spesifik.
  • Tidak lupa diawali dengan basmallah yang cukup didalam hati, jika memang posisinya ada di kamar mandi.
  • Kemudian guyur badan dengan air bersih, dan jika memungkinkan bisa dengan air yang hangat. Pasalnya dengan air hangat akan membuat kulit lebih melunak, selain itu juga minyak mudah terangkat.
  • Tidak disarankan mencukur dalam keadaan kering sebab bisa mengakibatkan iritasi.
  • Memangkas bulu dengan menggunakan gunting kecil yang tajam. Jika perlu bisa mengoleskan dengan krim cukur terlebih dahulu. Hal ini untuk mempermudah proses mencukur nantinya.
  • Untuk mencukurnya sendiri bisa diarahkan dengan lajur pertumbuhan rambut kemaluan tersebut. Tidak disarankan melawan arah.
  • Pastikan keadaan kamar mandi atau kamar terang, sehingga meminimalisir kesalahan dalam proses pencukuran tersebut.

Demikian itu beberapa namun cara merawat kemaluan wanita menurut Islam yang tentunya akan mendapatkan kesunnahan. Merawat kemaluan dengan baik juga bisa salah satu usaha untuk menjaga alat reproduksi.