Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Nabi Adam dan Hawa, Manusia Pertama yang Diciptakan

Kisah Nabi Adam dan Hawa, Manusia Pertama yang Diciptakan - Mengenali kisah tentang manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT tentu saja menjadi hal penting apalagi bagi generasi muda sekarang. Selain itu, ada juga jenis kisah Nabi Adam dan Hawa yang bisa memberikan banyak pembelajaran terutama jika dipahami secara tepat.

Secara sederhana, kisah antara Adam dan Hawa ketika di surga tidak berjalan dalam waktu lama dan akhirnya turun ke Bumi. Untuk kisahnya yang lebih lengkap, maka sebaiknya informasi yang dijelaskan di bawah ini secara kronologis yang mudah untuk dipahami nanti:

Baca juga: Inilah mukjizat para nabi dan rasul ulul azmi dan hikmahnya

Adam dan Hawa Diturunkan ke Bumi

Kisah Nabi Adam dan Hawa, Manusia Pertama yang Diciptakan
Kisah Nabi Adam dan Hawa

Untuk cerita yang pertama ini, lebih berfokus pada kronologi ketika keduanya harus turun ke Bumi yang wajib untuk diketahui. Untuk lebih lengkapnya, simak dua bagian terkait kisah diturunkannya dua manusia pertama ke bumi setelah beberapa lama tinggal di surga berikut ini:

1. Awal Mula Kehidupan Adam dan Hawa

Awalnya baik Adam maupun Hawa memang hidup di surga dengan nyaman dan penuh kebahagiaan seperti yang digambarkan dalam beberapa dalil. Namun kemudian sebuah kesalahan yang terlihat kecil yang membawa keduanya mendapatkan hukuman yang berat dari Allah dan harus meninggalkan surga tersebut.

Baca juga: Kisah para nabi dan mukjizatnya yang perlu diteladani

Hawa memang diciptakan secara khusus untuk menemani Adam yang kesepian yang diambil dari bagian tulang rusuk sehingga keduanya belahan jiwa. Setelah menghabiskan waktu dan kebersamaan di sana, keduanya pun sering jalan-jalan di beberapa taman yang konon diceritakan memang ada di surga.

2. Diturunkan dari Surga ke Bumi

Allah SWT menjelaskan beberapa larangan untuk Adam dan Hawa. Ada sebuah larangan yang benar-benar jelas tidak boleh dilakukan oleh keduanya, yaitu berupa menikmati buah khuldi yang terlihat memikat.

Baca juga: Keutamaan dan cara mengamalkan sholawat haibah

Sayangnya, keduanya malah menikmati buah tersebut dan akhirnya mendapatkan hukuman berupa diturunkan dari surga untuk kemudian tinggal lama di Bumi. Kisah ini juga secara turun temurun diberikan kepada anak keturunannya untuk bisa mengambil hikmah dari kesalahan yang dilakukan oleh keduanya.

Kisah Nabi Adam dan Hawa Bertemu setelah Berpisah

Untuk kisah yang berikutnya ini akan membantu dalam memahami seperti apa pertemuan dari Adam dan Hawa karena dipisahkan di Bumi. Berdasarkan pada sebuah riwayat hadits, diceritakan bahwa keduanya telah dipisahkan setidaknya selama sekitar 500 tahun sebelum dipertemukan lagi oleh Allah SWT.

Baca juga: Inilah cara agar doa dan keinginan terkabul dengan sholat hajat

Walaupun begitu, Adam diberikan bantuan dari Allah melalui malaikat Jibril untuk pergi ke kota Makkah dan melakukan thawaf terlebih dahulu. Setelah itu, ketika berada di Padang Arafah, Adam dan Hawa dipertemukan lagi lalu melakukan ibadah di sana sebelum melanjutkan hidup.

Kehidupan Adam dan Hawa di Bumi

Kemudian untuk kisah Nabi Adam dan Hawa selanjutnya akan menjelaskan mengenai seperti apa kehidupan yang dijalani oleh keduanya terutama setelah tinggal di Bumi. Tentu saja bukan hal yang mudah baik bagi Adam maupun istrinya untuk bertahan hidup di Bumi dengan segala keasingan yang ada.

Baca juga: Doa sholat tahajud lengkap disertai latin dan artinya

Namun sejak awal ketika turun ke Bumi, keduanya menggunakan bantuan dari dedaunan yang sudah ada demi bisa menutupi bagian tubuhnya. Selain itu, Allah SWT juga sudah menyediakan beberapa ekor lembu ditambah dengan kerbau yang nantinya menjadi sumber makanan bagi keduanya.

Sementara ketika semua sumber makanan habis, air mata dari Hawa yang jatuh ke tanah kemudian menumbuhkan kacang untuk makanan baru. Selain itu, ketika di Bumi, Hawa bisa merasakan indahnya gerakan janin yang ada dalam rahimnya sebelum lahir ke dunia.

Baca juga: 7 Persiapan penting sebelum memutuskan untuk berumah tangga

Informasi di atas yang menjelaskan mengenai kisah Nabi Adam dan Hawa bisa dijadikan sebagai pengetahuan terutama untuk generasi muda sekarang. Selain itu, kisah tersebut disajikan secara lengkap mulai dari diturunkan ke Bumi sampai bertemu kembali dan melanjutkan kehidupan di sana. Wallahu'alam bissowab