Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Amalan yang Paling Disukai Allah? Ketahui di Sini!

Apa Saja Amalan yang Paling Disukai Allah? Ketahui di Sini! - Setiap orang tentu saja ingin melakukan sebuah amalan yang memang mendapatkan banyak pahala dan disukai oleh Allah SWT sebagai hasilnya. Untungnya, memang ada beberapa jenis amalan yang paling disukai Allah yang ternyata didasarkan pada beberapa dalil penting dalam agama Islam.

Menunjukkan bentuk takwa kepada Allah memang bisa dilakukan melalui berbagai cara, terutama dengan melakukan beberapa amalan yang memang disukai oleh Allah. Namun bagi yang ternyata belum mengenali beberapa jenis amalan ini, maka bisa mencoba terlebih dahulu untuk menyimak informasi berikut ini:

Baca juga: Pahala memaafkan suami yang selingkuh secara lengkap

Adakah Amalan yang Dicintai Allah?

Ada banyak umat Islam yang menanyakan tentang apakah memang ada beberapa amalan khusus yang disukai oleh Allah ketimbang yang lainnya. Untuk jawabannya, memang ada beberapa amalan yang berdasarkan pada dalil tertentu, lebih disukai oleh Allah ketika dilakukan rutin oleh hamba-Nya.

Baca juga: Kisah Nabi Adam dan Hawa, manusia pertama yang diciptakan

Amalan yang Paling Disukai Allah SWT

Amalan yang Paling Disukai Allah
Berikut diantara amalan yang paling disukai Allah

Setelah mengenali beberapa informasi di atas, maka penting juga untuk mengenali beberapa contoh amalan yang paling disukai Allah secara lengkap. Setidaknya ada lima jenis amalan yang dimaksudkan ini yang bisa dikenali sejak saat ini sebelum nanti dicoba dengan mudah:

Baca juga: Cara merawat kemaluan wanita menurut islam, muslimah wajib tahu

1. Mempermudah Urusan Orang

Pertama, ada sebuah amalan yang sebenarnya paling mudah untuk dilakukan hanya dengan mencoba memberikan waktu luang yang mungkin saja dimiliki. Ternyata Allah menyukai hamba-Nya yang lebih suka untuk membantu orang lain bahkan ketika ada kesulitan yang tidak bisa diselesaikan sendiri.

Untuk amalan ini, setiap orang bisa memulai dengan memberikan perhatian kepada teman-teman yang ada di sekitar yang ternyata memiliki kesulitan. Setelah itu, bisa mencoba menawarkan apa yang bisa dibantu dan mencoba untuk membantu dari hal terkecil sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Baca juga: Pahala memberi makan kucing dan keutamaannya

2. Menjadi Orang Bermanfaat untuk Orang Lain

Kemudian ada juga amalan lainnya yang bisa dilakukan oleh setiap orang Islam dengan begitu mudah tanpa harus merasa bingung nantinya. Mulai dengan menjadi sosok bermanfaat, dengan memberikan banyak bantuan walaupun tidak diminta jika memang sesuai kondisi yang di depan mata.

Untuk menjadi sosok yang bermanfaat memang bukan hal yang mudah apalagi mengingat adanya banyak kesibukan yang dimiliki. Namun ternyata menjadi orang yang bermanfaat bisa memberikan banyak pahala yang bisa menutupi beberapa dosa yang mungkin pernah dilakukan sebelumnya.

Baca juga: Inilah mukjizat para Nabi dan Rasul

3. Berbakti kepada Orang Tua

Ada jenis amalan yang lainnya yang bisa mendatangkan banyak pahala dan juga disukai oleh Allah hanya dengan berbakti kepada orang tua. Bentuk berbakti ini juga masih bisa disesuaikan dengan seperti apa cara yang dinilai terbaik kepada orang tua sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Cara melunasi hutang riba secara islam

4. Memperbanyak Amalan Sedekah

Kemudian ada amalan yang lainnya yang ternyata sangat disukai oleh Allah SWT hanya dengan mencoba untuk memperbanyak amalan khusus sedekah. Amalan sedekah yang bisa dilakukan ini juga tidak perlu dipaksakan hanya dengan melihat uang yang bisa diberikan mana yang tidak.

5. Shalat Tepat Waktu

Terakhir, ada juga amalan lainnya yang ternyata sangat disukai oleh Allah SWT adalah hanya dengan menunaikan shalat secara tepat waktu. Mulai dengan menunaikan ibadah ini sesuai dengan aturan syariah yang sudah ada dan pastikan niatnya memang ikhlas karena untuk Tuhan.

Baca juga: Hukum bisnis MLM menurut islam

Daftar contoh amalan yang paling disukai Allah yang lengkap tersebut yang sudah dijelaskan di atas bisa dilakukan mulai saat ini. Bahkan ternyata ada yang bisa dilakukan hanya dengan memberikan sedekah dan ada juga yang mengutamakan sikap untuk berbakti kepada orang tua. Wallahu'alam bissowab