Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Sahabat Nabi untuk Anak yang Mendidik

Kisah Sahabat Nabi untuk Anak yang Mendidik - Tentu saja setiap orang tua ingin mendidik anak-anak kesayangan dengan cara yang tepat dan Islami yang bisa bermanfaat untuk kelak. Apalagi ada banyak kisah sahabat nabi untuk anak yang bisa diketahui dan dipahami sejak awal untuk mempermudah dalam mendidik anak.

Bukan lagi sebuah rahasia jika mendidik anak bukan hal mudah dan perlu dilengkapi dengan banyak pertimbangan maupun penyesuaian dengan Islam. Untungnya, ada beberapa panduan atau contoh kisah dari sahabat nabi yang bisa dimasukkan ke daftar untuk diceritakan ke anak seperti berikut.

Baca juga: Berikut amalan yang paling dicintai Allah SWT

Bisakah Kisah Sahabat Nabi Mendidik Anak?

Mungkin banyak orang tua yang bertanya-tanya tentang apakah kisah-kisah yang menceritakan tentang sahabat nabi memang bisa membantu dalam mendidik anak. Tidak perlu merasa khawatir, karena kisah-kisah yang dimaksud ini memang bisa membantu ketika mendidik anak.

Apalagi melalui berbagai kisah sahabat dari Nabi Muhammad saw ini, nanti bisa didapatkan banyak hikmah yang bermanfaat bagi anak-anak umatnya. Tidak berhenti di situ, ada banyak kronologi dari ceritanya yang bisa membantu anak dalam memahami seperti apa sejarah penyebaran Islam.

Baca juga: Kisah Nabi Adam dan Hawa, manusia pertama di bumi

Kumpulan Kisah Sahabat Nabi yang Menginspirasi

Kisah Sahabat Nabi untuk Anak yang Mendidik
Kisah Sahabat Nabi untuk Anak

Kemudian ada beberapa contoh dari kisah sahabat nabi untuk anak yang dapat dikenali sejak awal sebelum nanti diajarkan kepada anak. Misalnya, ada beberapa kisah seperti di bawah ini secara lengkap yang bisa digunakan orang tua sebagai bahan utama untuk pembelajaran:

Baca juga: Mukjizat para nabi dan rasul ulul azmi dan hikmahnya

1. Sa'ad bin Abi Waqqash

Kisah pertama ini lebih menjelaskan mengenai sosok pemuda yang awalnya sama sekali tidak mengenal Islam apalagi berniat untuk mempelajari agamanya. Walaupun begitu, pemuda ini dikenal sebagai sosok yang baik nan teladan yang kemudian bertemu dengan Abu Bakar untuk sebuah tugas.

Saat itu, masih berusia 17 tahun, ia pun diminta bertemu dengan Nabi Muhammad SAW dan menariknya langsung jatuh hati. Setelah jatuh hati pada Islam, kemudian belajar agama Islam ini dengan mudah dan perlahan dan mempraktikkannya secara rutin setiap hari.

Baca juga: Kisah para nabi dan mukjizatnya yang perlu diteladani

2. Abu Bakar As Shiddiq

Kemudian ada juga kisah lainnya yang tidak kalah menarik yang berasal dari sahabat Nabi paling dekat dan juga paling dipercaya. Tidak hanya itu, sahabat Nabi ini juga menjadi orang pertama yang datang dan langsung saja masuk ke Islam dengan mudah.

Jenis kisah sahabat nabi untuk anak ini dimulai dengan sosok Abu Bakar yang selalu berusaha untuk menemani Nabi Muhammad. Tidak hanya itu, sosok ini juga selalu aktif dalam menyebarkan agama Islam ke beberapa orang sehingga jasanya akan dikenang selamanya.

Baca juga: Hukum melaksanakan sholat jumat bagi wanita

3. Umar bin Khattab

Selanjutnya, ada sebuah kisah menarik yang jangan sampai dilewatkan untuk dikenali terutama bagi yang terkejut dengan sosok yang menawan ini. Sosok sahabat Nabi ini awalnya dikenal sebagai sosok yang membenci Islam yang kemudian berusaha untuk menghancurkan Islam dan juga Rasulullah.

Walaupun begitu, Umar ini juga dikenal sebagai sosok yang logis dan kemudian memilih untuk masuk Islam setelah mengenali beberapa kebenaran. Sejak menjadi seorang pemimpin, sosok ini juga dikenal sebagai pemimpin terkuat dengan berbagai keputusan terbaik terutama untuk masa depan Islam.

Baca juga: Doa nabi sulaiman yang dikabulkan Allah SWT

4. Utsman bin Affan

Tidak kalah menarik dari yang lainnya seperti uraian di atas, ada juga kisah yang lainnya yang berfokus pada Utsman bin Affan. Sosok sahabat Nabi ini memang masuk Islam saat usia muda namun dengan sikapnya yang lembut, ia bisa menjadi pemimpin terbaik.

5. Ali bin Abi Thalib

Terakhir, ada sebuah kisah menarik lainnya yang menceritakan tentang menantu dari Rasulullah yang tidak lain adalah sosok Ali, suami Fatimah. Sosok ini dikenal sebagai pejuang Islam sejak masih muda dan selalu setia berada di sisi Rasulullah dalam berbagai kondisi bahaya.

Baca juga: Doa mengubur ari-ari dan tata caranya

Beberapa kisah sahabat nabi untuk anak yang dijelaskan secara detail tersebut bisa menjadi sumber terbaik untuk diceritakan secara langsung nanti. Bahkan beberapa kisah di atas juga bisa memberikan banyak pembelajaran dan membantu dalam mendidik anak sebagai sosok yang paling baik. Walllahu'alam bissowab