Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Pahala Membaca Alquran? Begini Penjelasannya Beserta Keutamaan

Bungaab.my.id - Membaca AlQuran tentu penting bagi para umat Islam. Pasalnya, AlQuran ini merupakan suatu kitab yang menjadi pedoman hidup setiap Muslim. Dalam membaca AlQuran tersebut juga akan menambah pahala. Lantas berapa pahala membaca AlQuran? Nah, simak penjelasannya berikut!

Penjelasan Berapa Pahala Membaca AlQuran di Bulan Ramadan dan Bulan Biasa

berapa pahala membaca alquran
Pahala dan keutamaan menbaca alquran

AlQuran merupakan suatu kitab yang dipegang umat Islam. Kitab tersebut diturunkan kepada Rasulullah SAW. Di dalam AlQuran banyak terkandung berbagai hal yang menjadi sebuah pedoman bagi umat Muslim. Dengan begitu, umat Islam sangat penting dan perlu untuk membaca dan juga mengamalkannya.

Baca juga: Kisah sahabat Nabi untuk anak yang mendidik

Adapun, ketika seseorang membaca AlQuran mereka akan mendapatkan pahala. Hal itu telah diriwayatkan pada hadits Tirmizi, yang menerangkan bahwa Rasululah SAW mengatakan jika siapa saja yang membaca AlQuran akan mendapat 1 kebaikan. Dimana, kebaikan tersebut akan dilipat gandakan menjadi 10 kali lipat.

Apabila, pada hari biasa seseorang membaca AlQuran, pada tiap hurufnya akan dinilai 10 kebaikan. Sementara, apabila seseorang membaca AlQuran di bulan Ramadan maka satu akan dilipat gandakan 10 kebaikan lagi. Jadi, dalam membaca AlQuran tersebut pahalanya dihitung berapa kali baca, namun setiap huruf akan dinilai kebaikan.

Baca juga: Kegunaan bisirril fatehah yang luar biasa

Keutamaan Membaca AlQuran di Bulan Ramadan

Selain dari berapa pahala membaca AlQuran yang akan didapatkan nanti, seseorang yang membaca AlQuran juga akan mendapatkan berbagai keutamaan pada dirinya. Tentunya, bagi setiap Muslim membaca AlQuran bukanlah menjadi hal berat yang dilakukan.

Mengingat, Islam saat ini telah diterima oleh masyarakat luas tidak seperti ketika zaman Rasulullah SAW. Nah, berikut ada beberapa keutamaannya.

Baca juga: Puitisasi Alqur'an surah At Tin

1. Mendapatkan Syafaat pada Hari Kiamat

Membaca AlQuran dengan rutin, membiasakannya dan mengamalkannya akan mendapatkan kemuliaan bagi orang tersebut. Dimana, kemuliaan tersebut di dapat di dunia serta akhirat. Pada hari kiamat nanti, orang-orang yang sering membaca serta mengamalkan AlQuran akan mendapat syafaat.

Hal itu, juga dijelaskan oleh sebuah hadits shahih dari Riwayat Muslim. Dalam hadits tersebut cukup jelas bahwa membaca AlQuran mendatangkan syafaat pada hari kiamat. Dengan begitu, sebagai umat Islam hendaknya membaca serta mengamalkan AlQuran di kehidupannya.

Baca juga: Cara mengusir jin kiriman orang di rumah

2. Menenangkan Hati dan Meningkatkan Keimanan

Membaca AlQuran tidak dinilai dari berapa pahala yang akan didapatkan saja. Lebih dari itu, seseorang akan mendapat ketentraman hati serta pikiran. Hal ini karena, baca AlQuran akan selalu ingat kepada Allah SWT. Dengan begitu, seseorang akan jauh lebih tenang meskipun banyak masalah yang menimpa.

Selain itu, dengan baca AlQuran juga akan meningkatkan keimanan seseorang. Menjaga keimanan dalam diri tentu sangat penting dilakukan. Dengan keimanan yang kuat, akan membuat seseorang terhindar dari hal-hal yang menyimpang.

Baca juga: Doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala doa

3. Memiliki Rumah yang Bercahaya dan Dilindungi

Dalam membaca AlQuran memang bisa dimana saja dan kapan saja dalam wudhu. Namun, sering kali seseorang akan membaca AlQuran di dalam rumahnya. Ketika membaca Alquran dalam rumah tersebut, akan membuat rumah lebih tentram dan juga bercahaya.

4. Obat Penyakit Fisik dan Hati

Membaca AlQuran memang memiliki banyak sekali keutamaan serta pahala yang didapatkan. Seseorang yang membaca AlQuran akan dapat pahala banyak serta akan ditingkatkan derajatnya.

Baca juga: 3 Amalan pokok di bulan Ramadhan yang wajib dimaksimalkan 

Tidak hanya itu, membaca AlQuran juga menjadi obat fisik serta hati. Hal tersebut juga dijelaskan pada surat al-Isra ayat 82, serta ar-Ra'd ayat 28. Tentu semua orang tidak ingin memiliki penyakit fisik dan hati, bukan?

Itulah tadi beberapa hal mengenai berapa pahala membaca AlQuran serta berbagai keutamaan yang didapatkan. Membaca AlQuran ini akan membuat seseorang mendapatkan pahala setiap hurufnya. Hal itu juga akan dilipat gandakan ketika bulan Ramadan. Selain itu, juga ada keutamaan lain yang bisa didapatkan. Wallahua'alam bissowab