Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Masalah Sinyal HP Hilang Timbul dan Solusinya

Penyebab Masalah Sinyal HP Hilang Timbul dan Solusinya - Jika berbicara tentang permasalahan sinyal, maka tidak akan ada habisnya. Sinyal ini sering kali muncul dan hilang dalam ponsel. Bagi pihak yang sedang membutuhkan untuk komunikasi, maka hal ini akan sangat mengganggu. Masalah sinyal HP hilang timbul tentunya disebabkan oleh beberapa kondisi yang bisa mengganggu.

Dengan berbagai penyebab, tentu ada juga solusi yang bisa dipakai. Dengan penerapan solusi yang tepat, maka sinyal bisa kembali stabil dan tidak akan mudah hilang. Pada pembahasan ini, akan dijabarkan mengenai penyebab dan solusinya secara menyeluruh. Untuk mengetahuinya, simak bahasan di bawah ini:

Baca juga: Cara mengatasi layar Hp tidak bisa disentuh sebagain

Penyebab Sinyal Hilang Timbul

Pada dasarnya, sinyal yang sering hilang dan timbul di HP ini disebabkan oleh beberapa alasan. Jadi, bukan hanya karena cakupan sinyal yang tidak terjangkau saja sumber penyebabnya. Ada beberapa jenis penyebab lain yang tentunya perlu dipahami. Simak beberapa jenis penyebab yang ada di bawah ini:
  • Provider sedang melakukan maintenance atau perbaikan. Sehingga, jaringan sinyal yang dihasilkan tidak stabil.
  • Sinyal yang ada di tempat kurang bagus atau tidak stabil. Hal ini biasanya terjadi di tempat-tempat terpencil.
  • Sinyal ada di luar cakupan area. Jadi, tidak semua jenis provider bisa menjangkau seluruh area. Maka dari itu, hal ini mungkin saja terjadi.
  • Ada masalah sistem perangkat yang menghambat sinyal muncul. Bisa jadi ada aplikasi tertentu juga yang menyebabkannya.
  • Cuaca sedang buruk sehingga jaringan tidak stabil.
  • Ada kerusakan komponen di ponsel sehingga sinyal juga terganggu.
Semua jenis penyebab di atas tentunya penting untuk diketahui. Bukan hanya karena di luar jangkauan saja, tapi ada beberapa jenis alasan lain yang menjadi penyebab utama. Dengan mengetahui semua penyebab tersebut, maka proses menemukan solusi yang tepat bisa dilakukan dengan lebih baik dan menyeluruh.

Baca juga: Cara memperkuat sinyal Hp ditempat terpencil

Cara Mengatasi Sinyal Hilang dan Timbul

 
Penyebab Masalah Sinyal HP Hilang Timbul dan Solusinya
Solusi masalah sinyal hp hilang timbul
Masalah sinyal HP hilang timbul ini tentunya akan sangat mengganggu. Maka dari itu, penting untuk tahu bagaimana cara mengatasinya. Solusi yang bisa diterapkan ini tentunya bermacam-macam. Setiap komponen cara juga sangat mudah untuk diaplikasikan. Inilah daftar solusi yang bisa dipakai dengan mudah:

1. Coba Restart Ponsel

Metode pertama yang bisa dilakukan adalah merestart ponsel. Langkah ini tergolong langkah paling dasar dan paling mudah untuk dilakukan. Tujuan restart ini adalah agar jaringan bisa istirahat sejenak sebelum menemukan jaringan yang baru. Biasanya, setelah proses restart dilakukan maka sinyal akan kembali stabil.

2. Nyalakan Mode Pesawat

Selain restart ponsel, langkah lain yang bisa dilakukan adalah menyalakan mode pesawat di ponsel. Dengan melakukan proses ini, maka ponsel akan beristirahat dengan lebih baik. Nyalakan saja mode pesawat ini antara tiga sampai tujuh menit. Kemudian, matikan modenya dan perangkat akan menemukan sinyal yang lebih stabil.

3. Cek Setelan Jaringan

Metode terakhir yang direkomendasikan adalah mengecek setelan jaringan. Buka saja "Pengaturan" yang ada di perangkat, kemudian masuk ke bagian "Jaringan & Nirkabel". Lalu, masuk ke bagian "Jaringan Seluler" dan pastikan untuk memilih opsi 4G. Selain itu, pada bagian jenis jaringan pilih bagian "LTE/WCDMA/GSM Otomatis" agar jaringannya kembali stabil.

Baca juga: Cara mengatasi layar Hp gerak sendiri agar kembali normal

Itulah beberapa penyebab masalah sinyal HP hilang timbul beserta dengan beberapa solusinya. Dengan mengetahui apa masalahnya, maka proses pencarian solusinya juga akan mudah untuk dilakukan. Setiap poin solusi di atas tentunya bisa langsung diterapkan. Melalui langkah yang tepat, maka tidak akan ada hambatan di dalam prosesnya.