Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sikap Teladan Nabi Nuh AS Ini Patut Dilestarikan

Nabi Nuh terkenal dengan perahunya yang mampu menyelamatkan para umat. Meneladani sikap nabi tentu patut dilakukan dalam kehidupan agar lebih tenang dan merasa damai. Beberapa sikap teladan Nabi Nuh mungkin sudah banyak diketahui melalui kisah-kisahnya yang begitu menginspirasi.

Perilaku Teladan Nabi Nuh AS

Sikap Teladan Nabi Nuh
Sikap keteladanan Nabi Nuh AS

Terdapat banyak perilaku teladan yang patut untuk dicontoh dari sosok Nabi Nuh. Beberapa orang islam pun sudah mengetahuinya. Namun tidak ada salahnya jika menyimak informasi apa saja perilaku teladan Nabi Nuh yang disajikan berikut guna menambah wawasan.

1. Penyabar

Sikap teladan Nabi Nuh yaitu penyabar. Tentu sabar bukanlah perkara yang mudah karena membutuhkan suatu perjuangan. Nabi Nuh pun diberikan ujian yang besar ketika menyebarkan agama islam, namun kesabaran yang dimilikinya mampu membuatnya bertahan.

Segala hinaan dan cemooh dari dari kaum dan anaknya sendiri tidak membuatnya menyerah. Ketika Nabi Nuh membuat sebuah perahu pun banyak yang mengejek, namun Nabi Nuh tidak pernah sekalipun marah atau berkeinginan membalas.

Sampai akhirnya perahu tersebut pun jadi dan bencana datang menerjang. Beruntung semua makhluk yang mau ikut dengan Nabi Nuh ke dalam perahu pun selamat.

Baca juga: Keteladanan Nabi Ibrahim As dan Nabi Ismail As

2. Adil

Pengikut Nabi Nuh mayoritas berasal dari kaum yang miskin. Namun, tidak sedikitpun ada perbedaan perlakuan antara si miskin dan si kaya. Semua kaum dilakukan secara adil.

Bahkan, kaum yang kaya yang mau ikut ajaran Nabi Nuh namun harus mengusir kaum miskin terlebih dahulu pun langsung ditolak mentah-mentah. Tak hanya melakukan penolakan saja, Nabi Nuh pun tidak segan-segan untuk mengusir kaum yang kaya nan sombong tersebut.

Prinsip yang dimiliki oleh Nabi Nuh adalah ingin semua pengikutnya mengikuti ajaran dengan hati yang bersih tanpa ada iri ataupun kesombongan. Hal tersebut memang cukup sulit didapatkan saat itu.

3. Saleh

Nabi Nuh sangat takut dengan Tuhannya yaitu Allah SWT. Hal tersebut menjadikannya selalu menyembah dan berdoa hanya kepada Allah. Sikap teladan Nabi Nuh yang satu ini pun wajib dimiliki oleh setiap umat muslim agar senantiasa diberi kemudahan oleh sang pencipta. Meskipun memiliki gelar nabi, namun tidak membuatnya merasa menjadi superior.

Baca juga: Hikmah kisah Nabi Yusus As

Nabi Nuh selalu takut dengan siksa yang akan diberikan oleh Allah SWT sehingga selalu berbuat baik dengan sesama dan tidak lupa menyebarkan agamaNya. Kesalehan Nabi Nuh ini semakin membuat Allah mengasihi serta menyayangi sepenuh hati.

Mukjizat Nabi Nuh AS

Setiap nabi diberikan mukjizat yang berbeda-beda. Hal tersebut sebagai tanda dari kekuasaan Allah SWT. Nabi Nuh pun memiliki mukjizat yang tidak bisa dinalar menggunakan otak namun memang nyata adanya. Umat islam tentu sudah banyak yang mengetahui mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Nuh ini. Supaya lebih jelas, simak ulasannya berikut:

1. Umur Panjang

Siapa sangka bahwa Nabi Nuh diberikan keistimewaan berupa umur yang sangat panjang. Dimana, umurnya bisa mencapai 950 tahun lamanya. Meskipun usianya yang sudah sangat tua, namun bukan berarti fisiknya sudah tidak bisa berbuat apa-apa.

Baca juga: Hikmah kisah Nabi Nuh As

2. Mampu Membuat Bahtera

Menggunakan segala kemampuan fisiknya, Nabi Nuh berhasil membuat sebuah bahtera yang sangat besar dan juga kokoh. Bahtera tersebut mampu menampung banyak orang dan juga hewan. Adanya bahtera ini berguna untuk menyelamatkan kaum yang mau ikut dengan ajaran Nabi Nuh.

Itulah beberapa sikap teladan Nabi Nuh beserta dengan mukjizatnya yang sangat mengagumkan. Diharapkan setiap manusia bisa meniru perilaku baik yang telah dilakukan oleh Nabi Nuh pada zaman dulu. Kisah dari Nabi Nuh juga bisa semakin menambah kecintaan terhadap Allah. Wallahu'alam bissowab

Terimakasih sudah mempir di blog kami Bungaab.my.id