Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikuti Tips dan Cara Agar Mulut Tidak Bau Saat Puasa, Pasti Bekerja!

Puasa menjadi salah satu hal yang diwajibkan untuk dijalankan umat Islam setiap bulan Ramadhan. Ketika seseorang mulai berpuasa tentunya merasakan beberapa perubahan seperti bau mulut. Oleh karena itu perlu cara agar mulut tidak bau saat puasa supaya tetap percaya diri.

Singkatnya bahwa ketika seseorang berpuasa, maka akan mengurangi aktivitas dalam rongga mulut dan hal tersebut menyebabkan bau mulut. Selain tidak ada aktivitas, mulut juga jarang mendapatkan makanan yang masuk sehingga baunya semakin meningkat. Lebih jelasnya simak penjelasan berikut:

Cara Agar Tidak Bau Mulut Saat Puasa

cara agar tidak bau mulut saat puasa
Cara agar nafas tidak bau saat puasa

Hal pertama yang perlu diketahui untuk melakukan cara agar mulut tidak bau saat puasa yakni dengan mencegahnya. Proses pencegahan sangat perlu dilakukan agar dapat mengurangi penyebab bau mulut. Khusus pembahasan ini akan dibahas mengenai cara untuk mencegah bau mulut seperti:

Baca juga: Cara bayar fidyah puasa Ramadhan

1. Menghindari Makanan yang Berbau

Mulut berbau biasanya dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi, terutama makanan yang mengandung bau menyengat. Makanan yang dikonsumsi ketika sahur akan sangat berpengaruh ketika sedang berpuasa sampai saat berbuka.

Contoh makanan yang berbau dan sangat direkomendasikan untuk dihindari seperti jengkol dan pete. Selain bau mulut, sisa rasa yang ditimbulkan pada makanan tersebut seringkali tertinggal dalam mulut yang akan menyulitkan ketika puasa.

2. Memberhentikan Kegiatan Merokok

Hal berikutnya sebagai cara agar mulut tidak bau saat puasa adalah berhenti dari kegiatan merokok yang seringkali sulit ditinggalkan. Merokok ketika sahur umumnya dapat menyebabkan produksi air liur berkurang hingga menyebabkan peradangan pada gusi.

Baca juga: 3 Amalan pokok di bulan Ramadhan yang wajib dimaksimalkan 

Saran Untuk Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Beralih ke pembahasan berikutnya yaitu mengetahui bagaimana tips untuk mengatasi bau mulut saat puasa. Berbeda dengan pencegahan yang berisi hal-hal yang sebaiknya dihindari ketika akan berpuasa. Penjelasan mengenai tips ini meliputi hal yang sebaiknya dilakukan antara lain:

1. Menjaga Kebersihan Mulut Ketika Puasa

Ketika berpuasa, banyak orang yang menghindari untuk menggosok gigi dan berkumur supaya menghindari tertelannya air secara tidak sengaja. Menjaga kebersihan mulut menjadi salah satu keharusan untuk dilakukan agar mulut tidak menjadi bau.

Proses membersihkan mulut tidak hanya sikat gigi saja, namun tambahan lain seperti berkumur dengan pembersih mulut. Hal ini akan lebih menjaga kebersihan mulut dan menjadikannya agar tetap wangi.

Terdapat beberapa kandungan yang dapat menolong ketika berpuasa seperti eucalyptus dan adas. Kedua bahan alami tersebut dapat menjaga mulut dan menyegarkan napas dengan durasi lebih panjang dibanding bantuan bahan kimia.

Namun jika dilakukan sikat gigi di siang hari pada saat sedang berpuasa apakah dibolehkan? Untuk mendapatkan jawabanya, Sahabat bisa langsung baca secara lengkap dipembahasan bolehkah puasa boleh sikat gigi di siang hari.

2. Memenuhi Kebutuhan Air Untuk Tubuh

Berikutnya cara agar mulut tidak bau saat puasa adalah memenuhi kebutuhan air yang cukup ketika sahur dan berbuka. Kebutuhan air untuk manusia setidaknya adalah 8 gelas per hari. Sebab jika tidak dipenuhi akan menyebabkan bau mulut yang lebih parah.

Keberadaan air bagi manusia sangat penting, jika kekurangan maka air liur yang diproduksi akan semakin sedikit. Selain itu, tenggorokan juga akan terasa lebih kering dan menyebabkan bau mulut yang berlebihan.

3. Memakan Buah dan Sayur Ketika Sahur

Terakhir adalah memakan buah dan sayur ketika sahur untuk sahur atau berbuka supaya menetralkan keadaan mulut. Ditambah lagi, sayur dan buah dapat membuat air liur yang diproduksi meningkat dan menjaga mulut dari bau ketika puasa.

Baca juga: Niat puasa syawal dan keutamaannya

Itulah beberapa hal yang dapat disampaikan mengenai cara agar mulut tidak bau saat puasa meliputi tips dan langkah mengatasinya. Kini bagi umat Islam jadi tidak perlu khawatir untuk berpuasa dengan mulut yang bau karena sudah dapat ditangani.

Terimakasih sudah mampir di blog kami Bungaab.my.id