Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Hikmah Kisah Nabi Nuh Yang Dapat Diambil

Umat Islam mungkin sudah pernah dengar mengenai kisah Nabi Nuh yang membuat kapal atas perintah Allah SWT. Terdapat hikmah yang bisa dijadikan sebagai pedoman dari kisah nabi Allah SWT Nuh itu. Berikut ini akan disebutkan beberapa hikmah kisah Nabi Nuh dalam Alquran.

Beberapa kejadian mengenai kisah Nabi Nuh juga tertera dalam beberapa ayat Alquran. Oleh sebab itu kali ini akan disebutkan beberapa hikmah yang sekiranya bisa diambil dari kisah tersebut. Berikut beberapa hikmah tersebut:

Hikmah Beberapa Sifat Nabi Nuh 

Hal pertama yang bisa diambil dari kisah Nabi Nuh adalah dari segi sifat Nabi Nuh yang bisa dijadikan teladan atau contoh bagi manusia. Bagaimana Nabi Nuh menyikapi saat mendapatkan musibah-musibah tersebut. Berikut ulasan yang lebih rinci.

pelajaran dari kisah nabi nuh
Hikmah yang bisa diambil dari kisah nabi Nuh a.s

1. Keimanan Yang Dimilikinya

Salah satu sifat yang bisa bahkan harus dicontoh adalah keimanan atau kuatnya iman yang dimilikinya. Saat namun Nuh ditunjuk sebagai rasul Allah beliau telah dan sangat yakin kepada Allah. Hingga sebab itu ia tak pernah menyerah dalam menyebarkan agama Allah.

Baca juga: Hikmah kisah Nabi Yusuf dengan saudara-saudaranya dan dengan Zulaikha

Ia sama sekali tidak goyah dan dalam menyebarkan agama kebenaran tersebut. Meski penolakan bukan lagi hal asing baginya. Sebab Nabi Nuh percaya dengan janji Allah, ia juga takut akan siksaan yang Allah berikan. Sebab itu ia terus berusaha mengingatkan kaumnya.

2. Penyabar

Kedua, sifat dari Nabi Nuh yang patut dicontoh dan diambil hikmahnya adalah sifat penyabar yang dimiliki. Sebab perjalanan Nabi Nuh dalam menyebarkan agama Allah sangatlah sulit. Banyak yang menyebut bahwa Nabi Nuh adalah pembohong.

Namun hal tersebut sama sekali tidak membuat Nabi Nuh menyerah, ia terus bersabar dan tetap berusaha menjalankan perintah Allah. Cemooh tidak hentinya ia terima, bahkan oleh salah satu anaknya sendiri. Bahkan juga saat ia diperintahkan Allah untuk membuat kapal.

Baca juga: Sifat keteladanan Nabi Ibrahim dan Nabi Islamail

3. Rendah Hati

Pada urutan ketiga mengenai apa hikmah kisah Nabi Nuh yang bisa diambil adalah sifat rendah hatinya. Beliau tidak pernah merasa sombong dengan apa yang telah dimilikinya. Sebab beliau yakin, bahwa segala yang dimilikinya adalah milik Allah. Hal tersebut patut dicontoh.

Hikmah Dari Kaum Nuh

Jika sebelumnya adalah hikmah yang dapat diambil dari sifat Nabi Nuh maka kali ini akan disebutkan beberapa hikmah yang bisa diambil dari kaum Nuh. Karena kaum tersebut tidak mempercayai yang disampaikan Nabi Nuh hingga menimbulkan bencana besar. Berikut uraiannya:

1. Perbuatan Sesat Akan Mendatangkan Azab

Pertama mengenai hikmah yang dapat diambil dari sifat kaum Nuh adalah perbuatan sesat yang dilakukan kaum Nuh lakukan akan mendatangkan azab. Sebab perbuatan sesat yang dilakukan sama dengan durhaka kepada Allah. Hingga Nabi Nuh memperingatkan akan datangnya azab Allah.

2. Azab Benar-benar Nyata

Dalam kisahnya, bahwa setelah Nabi Nuh selesai membuat kapal muncullah air bah. Air tersebut menenggelamkan seluruh kaum tersebut kecuali orang yang beriman pada apa yang dikatakan oleh Nabi Nuh. Sebab orang yang beriman kepada Allah dan percaya dengan Nabi Nuh diikutsertakan dalam kapal.

Karena kaum Nuh telah bersekutu dengan setan hingga kaum tersebut membangkang dan tidak percaya dengan utusan Allah. Hal tersebutlah yang membuat Allah SWT murka dan langsung membuat air bah. Hingga seluruh penduduk bumi yang membangkang dan kafir mati tenggelam.

Baca juga: Contoh wabah penyakit di zaman nabi Musa yang pernah terjadi

Berikut tadi adalah beberapa hikmah kisah Nabi Nuh yang bisa dipelajari oleh umat manusia. Azab tidak hanya berlaku pada kaum terdahulu saja. Namun kini atau bahkan nanti bisa saja Allah mengirimkan azab pada manusia karena telah lalai dengan perintahnya. Wallahua'lam bissowab

Terimakasih sudah berkenan mampir di blog kami Bungaab.my.id. Semoga bermanfaat dan jumpa lagi di artikel berikutnya.