Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Keutamaan Dan Pahala Berkurban? Ini Dia Jawaban Tepatnya

Berkurban memang hukumnya sunah, namun apabila mampu sebaiknya laksanakanlah. Pahala yang didapatkan ketika berkurban pn berlipat ganda dan tentu saja mendapat ampunan dari Allah. Lalu apa saja keutamaan dan pahala berkurban? Penasaran dengan pertanyaan tersebut, mari simak jawabannya berikut:

1. Menambah Amal Kebaikan

keutamaan kurban
Keutamaan qurban idul adha

Melakukan amal kebaikan senantiasa harus selalu dilakukan di setiap waktu. Hal tersebut sebagai tabungan dan juga bekal ketika sudah di akhirat nanti.

Melakukan kurban merupakan bagian untuk menambah amal kebaikan. Hewan yang dijadikan sebagai kurban pun bisa dijadikan sebagai saksi di hari perhitungan amal.

Terdapat Hadis Riwayat Ahmad yang menyatakan bahwa setiap bulu dari hewan kurban yang disembelih akan mendatangkan 1 kebaikan bagi orang yang berkurban. Hewan yang telah disembelih pun bisa dibagikan kepada orang yang membutuhkan sehingga akan lebih bermanfaat bagi sesama.

2. Syiar Agama

Kewajiban untuk berkurban memang sudah diperintahkan Allah kepada Nabi Ibrahim yang diberi mimpi untuk menyembelih anaknya yaitu Nabi Ismail. Ajaran islam ini pun akhirnya dilakukan oleh umat muslim sebagai salah satu upaya untuk menaati perintah Allah SWT. Tujuan dari berkurban ini pun sangat baik sehingga bisa dijadikan syiar agama.

Baca juga: Hikmah Qurban dan Akikah dalam Islam

Orang non muslim yang melihat kegiatan berkurban ini pun akan merasa tertegun karena menganggap bahwa orang islam begitu dermawan. Perjuangan ketika mengumpulkan uang untuk berkurban pun ikut dicatat oleh malaikat sehingga akan disuguhkan pahala yang tidak terkira dan bisa dinikmati di akhirat kelak.

3. Tanda Syukur

Apa saja keutamaan dan pahala berkurban yang jarang disadari? Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah sebagai rasa syukur. Banyak yang tidak menyadari bahwa dengan menyembelih hewan kurban, bisa dijadikan sebagai sarana untuk mensyukuri segala pemberian Allah yang bisa dinikmati saat ini.

Allah senantiasa memerintahkan kepada hambaNya untuk berkurban meskipun keadaanya sedang tertekan atau banyak serangan dari orang kafir. Bisa kembali berkurban di tahun berikutnya pun patut disyukuri karena hal tersebut menandakan bahwa Allah masih mencukupkan hidup di dunia ini sehingga bisa saling berbagi.

4. Membersihkan Harta

Berkurban merupakan metode untuk mensucikan rezeki dan juga harta yang telah diperoleh selama ini. Sadarilah bahwa harta yang dimiliki juga merupakan bagian dari orang lain sehingga harus dipisahkan dengan cara menyembelih hewan kurban.

Nantinya hewan tersebut bisa diberikan kepada fakir miskin. Harta yang dimiliki tidak akan menjadi berkah jika dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi saja.

Ada kalanya harta tersebut juga dibagikan kepada orang lain agar bisa sedikit membantu. Tak perlu khawatir harta akan semakin menipis karena Allah akan menggantinya dengan yang lebih banyak.

5. Meningkatkan Ketakwaan

Ketakwaan seseorang pun akan meningkat apabila sudah menyembelih hewan kurban. Bahkan, di kitab suci umat islam juga dijelaskan bahwa Allah menerima kurban yang berasal dari orang-orang yang memiliki bertakwa. Orang yang sudah berniat untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk berkurban, maka amal baik tersebut sudah tercatat secara otomatis.

Baca juga: Apa perbedaan akikah dan kurban? Berikut penjelasannya

Betapa pentingnya melakukan kurban pun sangat terlihat dari cara Allah memerintahkan malaikat untuk menyampaikan kepada manusia supaya berkurban. Banyak sekali kebaikan yang telah Allah siapkan bagi orang yang dengan ikhlas membeli hewan kurban, menyembelihnya, serta membagikan hasil sembelihan tersebut kepada sesamanya.

Itulah jawaban dari apa saja keutamaan dan pahala berkurban yang patut untuk disimak. Menarik sekali menyimak informasi tersebut karena bisa sebagai pengetahuan dan media untuk semakin mendekatkan diri dengan sang pencipta. Wallahua'alam bissowab

Terimakasih sudah mampir di blog kami Bungaab.my.id