Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Nabi Ibrahim Dan Mukjizatnya Ini Bisa Dijadikan Pelajaran Berharga

Nabi Ibrahim terkenal dengan kisah penyembelihan anaknya. Namun, dibalik kisah tersebut ternyata masih banyak lagi kisah Nabi Ibrahim dan mukjizatnya yang belum banyak diketahui. Tak ada salahnya untuk menyimak informasi tersebut karena akan semakin menambah pengetahuan tentang agama islam.

Kisah Singkat Nabi Ibrahim dan Mukjizatnya

kisah nabi ibrahim dan mukjizatnya
Kisah singkat nabi ibrahim dan mukjizatnya

Nabi Ibrahim lahir dari seorang ayah yang sangat ahli sekali dalam membuat sebuah patung. Kelahiran Nabi Ibrahim yaitu saat kerajaan dipimpin oleh Raja Namrud yang saat itu sangat sombong sekali.

Di negara Babilonia tersebut, mayoritas masyarakatnya sangat senang sekali menyembah patung sehingga keadaan ini sangat miris sekali. Setelah Nabi Ibrahim usianya dewasa, merasa miris sekali dengan keadaan di negara tersebut.

Baca juga: Sikap teladan Nabi Nuh AS ini patut dilestarikan

Saat itu Nabi Ibrahim telah menetapkan diri untuk meyakini agama Allah SWT yaitu Islam. Nabi Ibrahim pun memerintahkan kepada kaum untuk menjauhi berhala, namun tentu hal tersebut tidaklah mudah karena itu sudah menjadi tradisi.

Kisah Nabi Ibrahim dan mukjizatnya yang paling terkenal yaitu ketika Nabi Ibrahim bisa menghidupkan hewan yang sudah mati atas seizin Allah SWT. Hewan yang saat itu dihidupkan kembali adalah burung yang berjumlah 4 ekor.

Sebelumnya, burung tersebut sudah dipotong menjadi 4 bagian dan akhirnya bisa bersatu kembali. Mukjizat lain yang tidak kalah mencengangkan dan membuat kaum penyembah berhala merasa kaget yaitu ketika Nabi Ibrahim dibakar secara hidup-hidup.

Mukjizat Allah datang sangat tepat yaitu tubuh nabi Ibrahim tidak terbakar karena apinya berubah menjadi dingin. Akhirnya beberapa orang pun mulai tertarik dengan dakwah Nabi Ibrahim.

Baca juga: 10 Perintah Allah SWT kepada Nabi Musa di Al Qur'an beserta isinya

Teladan Nabi Ibrahim

Setiap nabi memiliki keteladanan tersendiri yang patut dicontoh oleh umat muslim. Nabi Ibrahim memiliki beberapa sikap teladan yang mungkin belum banyak diketahui oleh umat muslim.

Mengajarkan sikap teladan tersebut sangat cocok sekali diterapkan kepada anak kecil agar tertanam sampai dewasa. Berikut beberapa sikap teladan Nabi Ibrahim:

1. Berpikir Kritis & Teguh Pendirian

Nabi Ibrahim terkenal sebagai nabi yang cerdas dan memiliki kemampuan berpikir kritis. Hal tersebut bisa dilihat dari pemikirannya yang berbeda dengan orang pada zaman tersebut. Disaat orang terdekatnya menyembah berhala, Nabi Ibrahim merasa ada yang tidak beres sehingga mencari tahu agama yang benar.

Saat itulah, Nabi Ibrahim menemukan bahwa agama yang paling benar adalah islam. Tak hanya itu saja, Nabi Ibrahim juga terkenal teguh pendirian.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya tekanan dari orang sekitar yang menyembah berhala namun Nabi Ibrahim tetap pada agamanya Allah SWT. Meski berat, namun Nabi Ibrahim bisa melaluinya dengan baik.

2. Berprasangka Baik Kepada Allah SWT

Nabi Ibrahim senantiasa memiliki prasangka yang baik kepada Allah meskipun ketika itu harus mengorbankan anaknya. Suatu ketika Nabi Ibrahim bermimpi mendapatkan perintah Allah untuk menyembelih anaknya.

Baca juga: Beberapa hikmah kisah Nabi Nuh AS yang dapat diambil

Mimpi tersebut terjadi berkali-kali sehingga Nabi Ibrahim merasa bahwa mimpi tersebut harus dilakukan. Tanpa ada prasangka yang buruk kepada Allah, Nabi Ibrahim segera melakukan perintah tersebut dengan ikhlas.

Nabi Ibrahim percaya bahwa setiap perintah Allah pasti memiliki tujuan yang baik sehingga harus segera dilaksanakan. Ketika itu, tubuh anaknya diganti oleh Allah dengan seekor kambing sehingga tubuh Nabi Ismail aman.

Itulah segelintir kisah Nabi Ibrahim dan mukjizatnya yang patut untuk dikagumi. Sosok Nabi Ibrahim tentu bisa dijadikan sebagai panutan melalui sikapnya yang begitu teladan dan tidak pernah melanggar perintah Allah. Belajar kisah dari para nabi memang menyenangkan sekali dan bisa diambil hikmah yang terkandung di dalamnya. Wallahua'alam bissowab.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog kami Bungaab.my.id.