Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Awet Muda Menurut Islam Yang Mudah Diamalkan

Bungaab.my.id - Seiring dengan bertambahnya usia, seseorang tentu akan mengalami perubahan pada fisiknya atau menua. Penuaan ini ditandai dengan munculnya uban dan kulit menjadi keriput. Meski begitu, tidak perlu khawatir karena terdapat rahasia awet muda menurut Islam yang bisa diamalkan dengan mudah.

Tips Awet Muda Menurut Islam

cara awet muda menurut islam
Cara agar terlihat awet muda menurut islam

Dalam agama islam sendiri menganjurkan untuk melakukan amalan-amalan sunnah yang biasa dilakukan setiap harinya dan ternyata diantara manfaatnya adalah bisa membuat awet muda jika rutin diamalkan. Berikut cara agar awet muda menurut islam: 

1. Wudhu

Menjaga tubuh agar awet muda boleh dilakukan sebab tujuannya bukan untuk melawan takdir Tuhan melainkan suatu bentuk cara bersyukur kepada-Nya. Selain menjadi syarat sah shalat, wudhu juga menjadi salah satu rahasia awet muda menurut Islam yang mudah diamalkan.

Baca juga: Amalan Nabi Yusuf untuk membuka aura ketampanan

Seorang Psikiater yang sekaligus Neurolog bernama Leopold Werner von Ehrenfels melakukan penelitian mengenai wudhu. Hasil penelitiannya mengungkapkan bahwa syaraf yang terletak di sebelah dahi, tangan dan kaki merupakan bagian yang sensitif terhadap air.

Hal tersebut berdampak baik terhadap kesehatan kulit. Sehingga hal ini dapat membuat seseorang yang rutin melakukan wudhu akan tampak lebih muda dari usianya. Selain dapat membuat awet muda, wudhu juga akan membuat seseorang terjaga kebersihannya dari najis.

2. Tersenyum

Dalam Islam, tersenyum dinilai sebagai ibadah dan termasuk salah satu perbuatan yang baik. Rahasia awet muda menurut Islam bisa juga dilakukan dengan tersenyum. Menurut sebuah penelitian, saat tersenyum terdapat 17 otot yang bergerak sedangkan saat cemberut menggunakan 43 otot wajah.

Sehingga hal tersebut dapat membuat seseorang tetap awet muda. Selain itu, secara tidak langsung tersenyum juga membuat seseorang untuk berperilaku sopan kepada orang lain. Dengan banyak tersenyum juga akan memancarkan aura kecantikan dari diri seseorang.

Tersenyum juga mampu memberikan dan menyalurkan energi positif terhadap orang lain. Tersenyum memang memiliki banyak dampak baik yang mana hal ini pun sudah diyakini oleh banyak orang dari berbagai kalangan.

Baca juga: 5 Cara mengikhlaskan seseorang menurut Islam

3. Melakukan Sholat

Setiap gerakan - gerakan dalam sholat sudah terbukti memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Sehingga sholat juga menjadi salah satu bentuk rahasia awet muda yang sangat mudah diamalkan oleh seorang yang beragama Islam.

Pasalnya, sholat menjadi suatu kewajiban bagi orang muslim yang dilakukan sebanyak 5 kali dalam sehari dengan waktu yang sudah ditentukan. Tidak hanya itu, seorang muslim juga dapat menambahnya dengan sholat - sholat sunnah.

Setiap gerakan sholat memiliki manfaatnya masing - masing. Misalnya gerakan sujud, seorang Phd Neuroscience, Dr Fidelma o’Leary mengungkapkan bahwa sujud membuat otak manusia dialiri oleh darah. Dimana urat pada otak hanya dapat dimasuki darah hanya saat sujud saja.

4. Menjaga Pola Makan Yang Sehat

Rasulullah SAW telah mengajarkan seluruh umatnya untuk mengatur pola makannya karena berpengaruh terhadap kesehatan sekaligus kecantikan kulit. Dengan menjaga pola makan yang sehat dapat membuat seseorang menjadi awet muda dan terhindar dari penyakit.

Pola makan yang dianjurkan langsung oleh Rasulullah SAW adalah makan saat merasa lapar dan harus berhenti sebelum kenyang. Makanannya pun jangan sembarangan, Rasulullah SAW sendiri memilih sayur, buah - buahan dan roti gandum yang dijadikan sebagai menu makanannya.

Dengan mengkonsumsi makanan - makanan yang sehat akan membuat kondisi kesehatan tubuh tetap terjaga. Sehingga kulit tubuh pun bisa mendapatkan nutrisi yang baik secara alami dan membuat kulit terlihat awet muda.

Baca juga: Cara melunasi hutang riba menurut islam

5. Berfikir positif

Amalan agar awet muda menurut islam berikutnya adalah berfikir positif. Fikiran yang posisitif tentu akan menghadirkan wajah yang berseri-seri.

Wajah yang berseri-seri telah ada dalam hadits Nabi Muhammad SAW:

لَا تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا، وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ

Artinya: janganlah engkau meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun hanya dengan bertemu dengan saudaramu dengan wajah yang berseri. HR Muslim: 2626

Selain itu juga kita diperintahkan untuk berperasanka baik terhadap siapa pun dan dalam keadaan apa pun. Hal ini senada dengan berfikir positif. Sebaliknya agama islam memerintahkan kepada kita untuk menghindari yang namanya berperasangka buruk. Peresangak buruk tentu akan membawa keburukan terhadap orang itu sendiri. 

Wajah dengan perangai yang bahagia akan membuat seseorang lebih awet muda dan bisa membuat kesan baik kepada orang yang melihatnya. 

Agar kesehatan tetap terjaga, begitu pula dengan kecantikan akan tetap terpancar dengan berfikir positif. 

Hindari pikiran yang tidak baik dan kendalikan emosi, perlu difahami bahwa secara tidak langsung fikiran yang negatif dan emosi akan membawa dampat buruk terhadap kesehatan dan kejiwaan seseorang. 

Itu dia rahasia awet muda menurut Islam yang diyakini bisa memperlambat proses penuaan yang bisa diamalkan dengan mudah dan murah. Jadi, mulai terapkan hal tersebut supaya awet muda seperti dambaan banyak orang, sehingga dapat percaya diri meski usia bertambah. Wallahua'alam bissowab