Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Mengendalikan Emosi Menurut Islam Yang Tepat

Bungaab.my.id - Emosi merupakan fitrah manusia dalam merasakan suasana hati. Namun, emosi identik dengan perasaan marah yang sulit dikendalikan yang justru kadang malah berdampak buruk pada psikis dan fisik seseorang. Untuk itu ketahui cara mengendalikan emosi menurut islam yang tepat seperti berikut:

1. Cara Mengendalikan Emosi Menurut Islam Pada Orang Tua

Begini Cara Mengendalikan Emosi Menurut Islam Yang Tepat
Cara tepat mengendalikan emosi

Beberapa orang juga mungkin sering mendapati orang tuanya emosi. Agar emosinya tidak semakin menjadi maka harus segera dikendalikan, lalu bagaimana cara mengendalikan emosi menurut islam pada orang tua?.

Cara pertama adalah dengan memahami dahulu bahwa emosi pada orang tua juga merupakan hal yang wajar. Lalu, coba ketahui apakah yang menyebabkannya emosi agar dapat memahami situasi orang tua. Hal ini akan mempermudah untuk membantu mengendalikan emosi orang tua.

Baca juga: Amalan Nabi Yusuf membuka aura ketampanan

Supaya kedepannya juga tetap dapat mengantisipasi terjadinya kondisi serupa. Usahakan juga agar tetap sabar selama orang tua masih merasakan emosi agar tidak menambah konflik. Jangan lupa ingatkan orang tua agar membaca ta’awudz agar emosinya segera mereda.

2. Cara Mengendalikan Emosi Menurut Islam Pada Anak

Mungkin bagi beberapa orang tua, mengendalikan emosi pada seorang anak menjadi sebuah tantangan tersendiri. ini karena mengendalikan emosi pada anak apalagi jika usianya masih kecil tidaklah semudah yang dibayangkan.

Bahkan terkadang membuat orang tua ikut terpancing amarahnya ketika sedang berusaha mengendalikan emosi pada anak. Untuk itu orang tua harus mengetahui kapan harus bertindak tegas dan harus bicara baik - baik atas emosi sang anak.

Baca juga: Cara mencabut bulu ketiak sesuai dengan sunnah

Sebisa mungkin untuk menjaga lisan agar tidak sampai keluar kata - kata yang justru akan menyakiti hati anak. Pasalnya dalam islam, seseorang harus menjaga lisannya, termasuk pada anaknya sendiri. Coba tenangkan anak agar tidak semakin emosi dengan suara yang lembut.

3. Cara Mengendalikan Emosi Pada Pasangan

Sudah sewajarnya jika dalam berumah tangga terdapat beberapa konflik yang dapat menyebabkan emosi tersulut. Mengendalikan emosi menurut islam pada pasangan juga dimulai dari mengetahui dahulu masalah yang mendasarinya.

Beri sedikit waktu kepada pasangan untuk terbuka mengenai hal yang membuatnya emosi. Setelah mengetahui pokok permasalahannya usahakan untuk tetap tenang, sehingga dapat berpikir lebih jernih dan tidak ikut merasa emosi.

Pasalnya, jika ikut tersulut emosi tidak akan membuat emosi pasangan mereda tetapi malah semakin susah untuk diredakan. Beri masukan kepada pasangan mengenai apa yang harus dilakukan. Setelah itu tunggu dengan sabar hingga emosi benar - benar telah mereda.

Baca juga: Cara mengikhlaskan seseorang sesuai dengan sunnah

4. Cara Mengendalikan Emosi Pada Diri Sendiri

Meredakan emosi pada diri sendiri sama susahnya dengan mengendalikan emosi orang lain, tetapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Untuk mengendalikan emosi diri sendiri menurut islam yang harus dilakukan adalah memohon perlindungan kepada Tuhan agar terhindar dari godaan setan.

Memohon perlindungan tersebut dilakukan dengan membaca ta’awudz dan membaca doa yang khusus dibaca ketika marah. Hal yang sangat sulit dikendalikan saat sedang merasakan emosi adalah mengatakan perkataan buruk. Oleh sebab itu, segeralah diam saat emosi.

Jangan lupa untuk mengucapkan istighfar karena istighfar juga ampuh untuk menenangkan hati dan pikiran apalagi saat emosi. Bisa juga dengan berwudhu karena air dapat mematikan api, termasuk api setan yang dalam perasaan emosi.

Demikianlah cara mengendalikan emosi menurut islam. Kemenangan sesungguhnya dalam islam adalah menang dalam melawan hawa nafsu, termasuk emosi. Dengan cara mengendalikan emosi yang benar, maka seseorang akan jauh lebih tenang.