Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Posisi Seseorang Lewat Sinyal HP Secara Sederhana

Cara Mengetahui Posisi Seseorang Lewat Sinyal HP Secara Sederhana - Karena kemajuan teknologi, saat ini bukanlah komponen yang sulit untuk mengetahui posisi seseorang. Hanya dengan modal ponsel, sinyal HP, dan nomor ponsel maka prosesnya sudah bisa dilakukan. Metode atau cara mengetahui posisi seseorang lewat sinyal HP secara khusus bisa dilakukan dengan beberapa proses berbeda.

Setidaknya akan ada tiga metode atau cara yang bisa diaplikasikan. Setiap metode ini tentunya memiliki rangkaian proses yang berbeda-beda. Jika ingin mencobanya, maka harus menerapkan langkah yang tepat dan sistematis. Untuk mengetahui semua metodenya, simak daftar penjabarannya berikut ini:

Memanfaatkan GPS dan Situs Bantuan

Cara Mengetahui Posisi Seseorang Lewat Sinyal HP
Cara Mengetahui Posisi Seseorang Lewat Sinyal HP
Metode pertama yang bisa diaplikasikan adalah dengan memanfaatkan GPS. Dengan menyalakan mode GPS di perangkat, maka proses ini bisa dilakukan secara menyeluruh. Ada beberapa komponen yang diperlukan dalam proses ini. Salah satunya adalah situs bantuan. Untuk memulai langkahnya, ikuti panduan di bawah ini:

  • Masuk ke alamat https://www.SAT-GPS-Tracker.com di halaman browser dalam perangkat.
  • Setelah masuk ke halaman utamanya, pilih dan pencet menu "Track a Phone Number Here". Menu ini berguna untuk memasukkan nomor ponsel orang yang ingin dilacak keberadaannya.
  • Masukkan nomor milik orang lain yang ingin dilacak. Pastikan juga untuk memasukkan kode +62 jika nomornya adalah nomor Indonesia. Jika nomor negara lain, maka bisa disesuaikan.
  • Setelah nomor dimasukkan, pencet tombol "To Search" dan sistem akan memulai proses pencariannya.
Dengan metode ini, maka pengguna bisa melacak seseorang dengan mudah. Prosesnya sendiri tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Asal jaringan internet yang dipakai stabil, maka sistem akan menampilkan hasil dengan baik dan akurat. Selain itu, pastikan GPS tetap menyala agar prosesnya tidak mendapatkan hambatan.

Memakai Google Maps

Selain memakai GPS dan situs bantuan, cara mengetahui posisi seseorang lewat sinyal HP melalui komponen Google Maps juga bisa diaplikasikan. Pada penerapannya, Google Maps sudah menyediakan fitur untuk melakukan pencarian seseorang. Sama seperti metode pertama, nomor HP masih diperlukan untuk langkah ini. Berikut urutan prosesnya:
  • Buka Google Maps yang ada di perangkat.
  • Jika sudah masuk ke halaman utamanya, buka dan pencet menu "Option" dan lanjutkan masuk ke bagian "Friend List". Pada menu tersebut, akan ada daftar teman yang ada dalam kontak.
  • Pilih saja kontak yang ingin ditambahkan ke dalam list. Nomor yang ingin dilacak juga bisa ditambah dalam daftar ini.
  • Jika sudah ditambahkan, maka akan ada undangan persetujuan yang dikirim ke tiap nomor tersebut. Agar proses bisa dilanjutkan, maka nomor tujuan harus menerima undangan tersebut.
  • Apabila undangan sudah diterima, maka proses pelacakan bisa dilakukan dengan mudah pada nomor tertentu yang sudah ditambahkan tadi.

Menggunakan Aplikasi Bantuan

Metode ketiga yang bisa dipakai adalah dengan menggunakan aplikasi bantuan. Dengan metode ini, maka prosesnya akan jauh lebih simpel dan sederhana. Hal ini dikarenakan dalam aplikasinya sudah tersedia fitur yang bisa mempermudah proses. Simak rangkaian cara di bawah ini untuk mengetahui detailnya:
  • Unduh dan pasang aplikasi bernama HLR Lookup di perangkat masing-masing.
  • Jika proses pemasangan sudah selesai, segera masuk ke dalam aplikasi dan lihat tampilan utamanya.
  • Masukkan nomor orang yang ingin dilacak ke dalam kolom yang ada, dan lanjutkan dengan memencet tombol "Check".
  • Jika sudah, maka sistem akan memberikan detail lokasi dari orang yang memiliki nomor tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengetahui posisi seseorang lewat sinyal HP melalui berbagai metode berbeda. Dengan berbagai metode ini, maka siapa pun bisa menemukan lokasi atau posisi orang lain dengan mudah. Pastikan untuk menerapkan semua rangkaian prosesnya dengan baik agar tidak ada hambatan.