Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Mengisi Baterai HP Xiaomi Tanpa Aplikasi Bantuan

Cara Cepat Mengisi Baterai HP Xiaomi Tanpa Aplikasi Bantuan - Mengisi daya baterai adalah kegiatan yang wajib dilakukan agar ponsel bisa dipakai ulang. Namun sayangnya, banyak pihak yang mengeluhkan pengisian baterai HP Xiaomi yang lama. Bagi yang mengalami masalah seperti ini, maka harus tahu trik atau cara cepat mengisi baterai HP Xiaomi yang bisa diaplikasikan.

Setidaknya ada lima metode utama yang bisa dilakukan. Semua rangkaian metode ini tergolong yang paling mudah untuk dilakukan. Dengan proses yang mudah ini, maka siapa saja bisa mengaplikasikannya tanpa harus memiliki keahlian khusus. Penasaran dengan cara cepat mengisi baterai HP Xiaomi? Simak daftar metode yang ada di bawah ini:

1. Pakai Charger HP yang Asli

Cara Cepat Mengisi Baterai HP Xiaomi
Cara Cepat Mengisi Baterai HP Xiaomi 
Metode pertama yang bisa diterapkan agar proses pengisian baterai bisa menyeluruh adalah dengan memakai charger HP yang asli. Saat melakukan pembelian HP, maka akan ada charger asli yang diberikan. Pakai saja charger tersebut dan usahakan jangan memakai charger lain yang bukan pasangannya.

Baca juga: Cara mengetahui seseorang lewat sinyal Hp secara sederhana

Jika suatu saat charger aslinya rusak, maka beli yang sesuai dengan tipe HP. Hal ini penting untuk dilakukan agar proses pengisian bisa cepat. Apabila membeli charger yang tidak sesuai dengan tipe HP, maka proses pengisiannya juga akan lama. Selain itu, penggunaan charger yang kurang tepat juga bisa menimbulkan kerusakan.

2. Jangan Melakukan Pengisian dengan USB Port

Pengguna yang suka melakukan pengisian daya baterai di laptop, komputer, atau perangkat sejenisnya harus segera menghentikan kebiasaan ini. Mengisi baterai HP di USB port justru bisa membuat pengisian lebih lama. Selain itu, dampak yang ditimbulkan bisa lebih besar jika dilakukan secara terus-menerus.

Arus bawaan yang dihasilkan laptop dan komputer hanya sampai 1 ampere saja. Hal ini tentunya bisa membuat pengisian lebih lama. Kemudian, kinerja HP bisa menjadi buruk jika pengisian di tempat ini dilakukan secara signifikan. Maka dari itu, hentikan kebiasaan semacam ini agar pengisian daya cepat dan kinerja HP bisa terjaga.

3. Pakai Fitur Fast Charging

Cara cepat mengisi baterai HP Xiaomi yang ketiga adalah dengan memanfaatkan fitur Fast Charging. HP Xiaomi terbaru sudah memiliki fitur ini untuk dimanfaatkan oleh pengguna saat pengisian daya dilakukan. Dengan memanfaatkan fitur ini, maka proses pengisian daya baterai bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Saat melakukan pengisian, langsung saja nyalakan fiturnya dan proses pengisian akan dilakukan dengan lebih cepat. Namun untuk memakai fitur ini, maka proses pengisian harus dilakukan dengan kondisi HP yang menyala. Jika HP dimatikan, maka fiturnya juga ikut mati dan tidak bisa dimanfaatkan untuk mempercepat proses.

Baca juga: Penyebab sinyal Hp hilang timbul dan solusinya

4. Matikan HP

Selanjutnya, proses pengisian baterai bisa dilakukan lebih cepat dengan cara mematikan HP. Saat proses pengisian dilakukan, langsung saja matikan HP secara penuh. Proses ini dijamin bisa membuat pengisian daya lebih cepat. Hal ini dikarenakan tidak ada aplikasi atau sistem yang berjalan atau menyedot daya yang sedang dimasukkan.

5. Jauhkan dari Tempat yang Panas

Meski terdengar sepele, namun mengisi baterai di tempat yang panas bisa membuat prosesnya jauh lebih lama. Maka dari itu, saat pengisian berlangsung jauhkan HP dari tempat yang panas. Baik itu dari panas sinar matahari, maupun dari perangkat elektronik lain yang bisa memberikan atau memancarkan panas.

Baca juga: Cara memperkuat sinyal Hp di daerah terpencil

Semua cara cepat mengisi baterai HP Xiaomi diatas tentunya bisa segera dicoba. Setiap metode bukanlah langkah yang sulit untuk dilakukan. Selain itu, rangkaian prosesnya juga bisa secara menyeluruh dilakukan oleh siapa saja. Komponen aplikasi atau alat bantuan juga tidak diperlukan sehingga tidak akan membingungkan.