Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Kenapa Baterai HP Saat di Cas Tidak Bertambah dan Justru Berkurang!

5 Alasan Kenapa Baterai HP Saat di Cas Tidak Bertambah dan Justru Berkurang! - Sudah lama melakukan pengecasan, namun baterai HP tidak juga kunjung bertambah, apakah ada yang pernah mengalaminya? Beragam penyebab kenapa baterai HP saat di cas tidak bertambah pun ada alasannya. Simak berikut ini penjelasan lengkapnya yang dapat pengguna ketahui yaitu:

1. Adaptor yang Rusak

Kenapa Baterai HP Saat di Cas Tidak Bertambah
Kenapa Baterai HP Saat di Cas Tidak Bertambah
Pertanyaan terkait kenapa baterai HP saat di cas tidak bertambah, padahal hal tersebut sudah lama dilakukan. Hal tersebut mungkin saja disebabkan oleh adaptor yang rusak atau tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Kondisi ini tentu sangat merugikan para pengguna, tidak hanya rugi akan waktu namun juga tenaga ketika menunggu pengecasan.

Baca juga: Cara cepat mengisi baterai Hp Xiaomi tanpa aplikasi bantuan

Berdasarkan jenis dari HP yang digunakan, adaptor yang terdapat beredar saat ini sudah beragam. Beberapa diantaranya ada yang menggunakan kabel USB dan ada juga yang langsung tanpa kabel. Biasa Nya untuk permasalahan pengecasan yang lambat dikarenakan dari pemakaian kabel USB.

2. Sumber Daya

Selanjutnya yang mengakibatkan kenapa HP saat di cas lambat atau tidak bertambah salah satu alasannya karena sumber daya. Ketika pengguna menghubungkan pengisian baterai lewat PC atau laptop hal tersebut akan membuat baterai lambat penuh. Hal tersebut dikarenakan adanya sistem lain yang beroperasi di dalamnya.

Baca juga: Cara mengetahui posisi seseorang lewat sinyal Hp secara sederhana

Namun jika pengguna memakai perangkat terbaru yang sudah dilengkapi dengan sistem Wireless, maka hal tersebut tidak akan terjadi. Pengguna tidak akan mengalami pengecasan yang lambat. Jadi disarankan lebih baik untuk cas HP langsung ke stop kontak.

3. Bermain Game Saat HP di Cas

Alasan selanjutnya yang mengakibatkan HP yang di cas tidak bertambah yaitu karena dilakukan sambil bermain game. Kegiatan tersebut membuat sistem yang bekerja di dalam komponen HP menjadi panas, sehingga tidak akan penuh ketika di cas. Oleh sebab itu sebaiknya hindari penggunaan HP saat dalam kondisi di cas.

Jika pengguna tidak melakukan hal tersebut, maka baterai yang akan terisi pun semakin cepat. Tidak hanya itu, dengan menghindari penggunaan HP ketika di cas akan membuatnya menjadi awet. Maksudnya HP tidak akan cepat panas dan stabil sistem kerjanya.

4. Banyak Aplikasi Tak Berfungsi

Nah, hal yang sering terjadi namun banyak yang diabaikan oleh para pengguna yaitu banyaknya aplikasi yang terdapat dalam HP. Jika sebuah HP terlalu banyak menyimpan perangkat, maka akan berpengaruh pada cepat atau lambatnya saat di cas. Terlebih lagi jika HP yang dipakai hanya mempunyai memori penyimpanan yang kecil.

Hal tersebut akan membuat kinerja HP semakin berta dan berimbas pada pengisian baterai yang tidak bertambah. Oleh sebab itu, pengguna lebih baik untuk menghapus aplikasi yang tidak penting. Pasang antivirus untuk meningkatkan kinerja atau sistem yang terdapat di HP.

Baca juga: Cara memperkuat sinyal Hp di daerah terpencil

5. Port USB Kotor

Terakhir, penyebab dari baterai yang tidak juga penuh bisa jadi diakibatkan oleh port USB yang kotor. Tidak hanya USB saja yang memicu pengecasan terhambat, namun Port yang kotor juga. Pengguna bisa memeriksa bagian port USB yang terdapat di konektor charger.

Hal yang menyebabkan port ini kotor bisa jadi karena pemakaiannya yang sudah lama, lalu perawatan yang kurang diperhatikan. Kondisi tersebut akan membuat kotoran seperti debu dan yang lainnya dapat menempel dan mengendap sehingga mengganggu aliran daya. Ketika hal serupa terjadi, pengguna bisa langsung membersihkannya dengan media yang ramah pada HP.

Baca juga: Penyebab masalah sinyal Hp hilang timbul dan solusinya

Itulah penjelasan terkait penyebab kenapa baterai HP saat di cas tidak bertambah meskipun sudah lama dilakukan. Terdapat beberapa faktor yang mengakibatkan hal tersebut terjadi, sehingga daya sulit masuk dan diterima oleh HP. Sebelum membawanya ke tempat reparasi, pengguna bisa melakukan pengecekan, apakah penyebab yang sudah dijelaskan menjadi salah satu penyebabnya.