Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Dengan Mudah

Bungaab.my.id - Satu dari beberapa merek smartphone berjenis android yang cukup terkenal adalah Xiaomi. Bahkan jenis smartphone ini banyak dipakai oleh orang yang ada di Indonesia. Sebagaimana yang banyak diketahui bahwa jenis smartphone ini memang asalnya dari negeri Tiongkok. Untuk itu pengguna setidaknya perlu mengetahui cara membersihkan RAM HP Xiaomi sebagai tambahan wawasan.

Mengingat jika tidak dilakukan proses pembersihan, bakal berdampak pada sejumlah kinerja yang dimiliki oleh aplikasi bahkan lebih dari itu. Banyak pengguna yang tertarik akan jenis smartphone ini lantaran harga yang dibanderol cukup terbilang terjangkau. Meskipun demikian spesifikasi yang dihadirkan cukup terbilang tinggi. Berikut daftar cara untuk melakukan pembersihan RAM pada Xiaomi:

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Dengan Mudah
Cara membersihkan ram pada hp xiaomi
1. Menghapus Aplikasi Yang Tak Diperlukan

Daftar pertama sebagai cara membersihkan RAM HP Xiaomi yaitu dengan melakukan penghapusan terhadap sejumlah aplikasi yang tak dibutuhkan. Mengingat aplikasi sendiri menjadi satu dari beberapa sebab smartphone ini mengalami kinerja lambat. Pasalnya sejumlah aplikasi, entah dipakai maupun tidak terus membuat RAM berkurang. Hingga jika terdapat aplikasi yang tak penting, maka dihapus saja.

Baca juga: Cara menambah RAM HP 2GB menjadi 4GB

2. Menghapus Foto dan Video Tak Penting

 Tak hanya aplikasi saja yang mampu membuat RAM penuh dan perlu dilakukan pembersihan. Pasalnya sejumlah foto maupun video juga mampu membuat ruang RAM menjadi semakin sedikit. Ditambah lagi apabila pengguna melakukan pengunduhan gambar dalam jumlah banyak. Namun guna menghindari penghapusan data penting, maka proses menghapus ini dapat dijalankan dengan cara satu-satu.

3. Memindahkan Penyimpanan Data ke Cloud

Cara lain yang dapat pengguna lakukan untuk membersihkan RAM dari smartphone berjenis Xiaomi yaitu dengan melakukan pemindahan penyimpanan data ke bagian cloud. Nantinya pengguna dapat melakukan pemindahan setiap mengambil video maupun foto langsung saja back up.

Kemudian file foto serta video maupun lainnya dapat dihapus dari smartphone. Mengingat saat ini telah tersedia sejumlah cloud yang dapat dimanfaatkan stengah cara gratis, misalnya saja seperti Google Drive.

4. Menggunakan Clear Security

Aplikasi bawaan dari smartphone bernama Clear Security ini dapat pengguna manfaatkan unit membersihkan RAM dari smartphone Xiaomi yang dimiliki. Hal ini lantaran aplikasi ini mampu melakukan penghapusan sejumlah data yang terdapat pada smartphone. Untuk melakukan hal ini nantinya pengguna perlu menjalankan sejumlah langkah. Mulai dari membuka aplikasi terlihat hingga mengklik tulisan "Clear Up".

5. Membersihkan Data Cache

Sebab lainnya yang mampu membuat RAM menjadi penuh hingga mengganggu kinerja smartphone yaitu kondisi dimana data cache yang penuh. Untuk itu pengguna perlu melakukan pembersihan terhadap data cache tersebut supaya kinerja smartphone dapat berjalan dengan lebih baik. Nantinya pengguna juga perlu melakukan sejumlah langkah dalam proses ini.

6. Mematikan Live Wallpaper dan Widget

Bagi sejumlah pengguna keberadaan dari Wallpaper serta juga Widget memang mempunyai daya tarik tersendiri. Akan tetapi terdapat pengguna yang belum mengetahui bahwasanya hal tersebut mampu memakan sisa jumlah RAM yang terdapat pada smartphone.

Baca juga: Cara membersihkan RAM HP Oppo semua tipe

Untuk itu bagi pengguna yang hendak melakukan pembersihan terhadap RAM smartphone berjenis Xiaomi dianjurkan untuk memakai Wallpaper berjenis statis. Di samping itu sebaiknya pengguna juga melakukan penghapusan terhadap sejumlah Widget yang tak diperlukan. Cara penghapusan ini cukup mudah yaitu tinggal tekan lalu arahkan pada tombol delete.

Demikian pembahasan mengenai tata cara membersihkan RAM HP Xiaomi supaya kinerja smartphone lebih lancar. Ulasan di atas kiranya penting diketahui terutama bagi para pengguna smartphone berjenis ini. Mengingat yang sering dijumpai bahwa Hp yang kerap kali mengalami gangguan penyimpanan yang penuh drama waktu cepat. Untuk itu pengguna perlu melakukan pembersihan tersebut.