Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Cara Membersihkan Lensa Kamera HP bagian Dalam Dengan Mudah

Daftar Cara Membersihkan Lensa Kamera HP bagian Dalam Dengan Mudah
Cara Membersihkan Lensa
Kamera HP bagian Dalam
Daftar Cara Membersihkan Lensa Kamera HP bagian Dalam Dengan Mudah., Saat ini tidak jarang dijumpai kamera smartphone yang bermasalah, misalnya saja seperti buram maupun yang lainnya. Masalah ini pun perlu segera dilakukan penanganan supaya kegiatan dengan kamera tidak terganggu. Contohnya adalah seperti mengambil gambar maupun video. Untuk itu pengguna smartphone perlu mengetahui cara membersihkan lensa kamera hp bagian dalam, tentunya agar tampilan jernih nan bersih.

Baca juga: Cara membersihkan RAM HP

Mengingat keberadaan dari fitur kamera cukup memegang aspek penting pada smartphone. Akan sangat disayangkan apabila pengguna mempunyai smartphone dengan kualitas kamera yang bagus. Akan tetapi gambar yang dihasilkan kurang berkualitas lantaran terganggu oleh debu maupun kotoran lain. Berikut daftar cara membersihkan lensa kamera hp bagian dalam yang perlu diketahui:

1. Menggunakan Pembersih Cairan

Pilihan pertama dari cara membersihkan lensa kamera hp bagian dalam supaya tampak kinclong adalah dengan memakai pembersih cairan. Nantinya pengguna perlu menyiapkan sejumlah bahan serta alat. Misalnya saja seperti pembersih kaca, kemudian ada cotton bud, lalu juga siapkan tisu dan lainnya.

Untuk menjalankan proses ini pun pengguna perlu melakukan beberapa langkah. Diantara langkah yang dimaksud tersebut adalah seperti berikut:

  • Tahap pertama pengguna dapat menyiapkan smartphone yang bakal dilakukan pembersihan lensanya.
  • Kemudian lanjutkan dengan melakukan pembukaan terhadap bagian belakang casing dari hp. Untuk tahap ini pengguna dapat memakai alat berupa obeng yang khusus untuk hp apabila memang dibutuhkan.
  • Apabila smartphone tersebut telah terbuka, maka pengguna bisa mengambil cotton bud guna melakukan pembersihan pada lensa kamera.
  • Lakukan pembersihan dengan cara menggosokkan bagian cotton bud di bagian lensa perlahan saja. Usahakan jangan sampai kamera smartphone tersebut tergores.
  • Jika proses tersebut telah usai dijalankan, maka pengguna bisa lap kamera dengan memakai tisu maupun kapas di tahap akhir ini.
  • Lalu lakukan pemasangan terhadap casing hp yang telah dibuka tadi seperti semula. Kamera pun siap dipakai untuk mengambil momen.

2. Menggunakan Semprotan Pembersih

Cara lain yang dapat pengguna jalanan untuk membersihkan lensa kamera hp yang terdapat di bagian dalam adalah memakai semprotan pembersih. Tentunya untuk cara satu ini pengguna perlu menyiapkan semprotan yang bakal dipakai. Untuk tahapan yang terdapat pada cara ini adalah seperti berikut:

  • Langkah pertama pengguna perlu membuka casing hp kemudian bersihkan lensa kamera menggunakan cotton bud.
  • Kemudian lanjutkan dengan melakukan penyemprotan cairan tertentu.
  • Apabila semprotan yang diberikan telah merata dan selesai, maka pengguna bisa membersihkan sisa semprotan tersebut memakai tisu maupun cotton bud.
  • Lakukan pemasangan kembali terhadap casing serta baut yang tadinya dilepaskan untuk membuka casing.
  • Tutup rapat smartphone tersebut dan kamera yang ada sudah siap untuk dipergunakan.

3. Menggunakan Blower Karet Mini

Alat berupa blower karet yang mempunyai ukuran kecil. Dimana alat satu ini dapat pengguna temukan dan beli di pasaran. Langkah yang perlu dijalankan oleh pengguna terbilang cukup gampang. Adapun detailnya adakah seperti berikut:

  • Pertama pengguna bisa buka casing hp terlebih dulu.
  • Siapkan serta arahkan blower karet menuju ke lensa kemudian pencet. Fungsinya supaya mampu mengeluarkan angin hingga debu yang ada dapat terbang.
  • Jika dirasa telah bersih, maka pengguna dapat melakukan pembersihan ulang memakai tisu ataupun kapas pada lensa.
  • Terakhir pengguna hanya perlu menutup casing serta memasang bautnya kembali dan tutup rapat.
  • Lensa kamera hp sudah siap untuk dipakai.

Demikian pembahasan mengenai cara membersihkan lensa kamera hp bagian dengan beberapa langkah. Pengetahuan semacam diatas penting dipahami oleh pengguna smartphone yang mengalami kendala berupa kamera yang buram. Walaupun jenis smartphone yang dimiliki telah menyediakan kualitas kamera yang cukup baik. Hingga cukup disayangkan jika tidak dibersihkan, lantaran dapat berdampak pada kualitas gambar yang dihasilkan.