Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Apa Saja Keistimewaan Wakaf

Ketahui Apa Saja Keistimewaan Wakaf- Wakaf Merupakan salah satu sedekah yang istimewa, karena amalan wakaf memiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri. Wakaf termasuk dalam shadaqah jariyah, yaitu sedekah yang bertujuan memberikan harta untuk kemaslahatan umat. 

Harta wakaf tidak dapat dijual, bersifat kekal, tidak dapat diwariskan dan nilainya tidak dapat dikurangi. Hakikat wakaf adalah menyerahkan kepemilikan harta seseorang kepada Allah SWT untuk kepentingan umat Islam. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Keistimewaan Wakaf.

Keistimewaan Wakaf

Ketahui Apa Saja Keistimewaan Wakaf
Keutamaan waqaf
Tujuan wakaf adalah untuk memberikan manfaat harta benda wakaf kepada orang yang berhak dan digunakan sesuai dengan ajaran syariat Islam. Berikut akan dijelaskan apa saja keistimewaan wakaf ini.

Harta Yang Dihibahkan Tetap Utuh Dan Terpelihara

Keistimewaan wakaf akan terus dirasakan oleh banyak orang, bahkan lintas generasi. Karena yang digunakan oleh penerima wakaf adalah hasil pengelolaannya, sedangkan harta benda yang diwakafkan tetap utuh dan terjaga. Pada prinsipnya, barang wakaf tidak boleh dijual, dihibahkan, atau diwariskan, hilang, atau berpindah tangan. Dengan demikian, kesinambungannya terjamin.

Pahala Akan Berlipat Ganda

Perumpamaannya jika wakaf yang dikeluarkan oleh orang-orang yang mewakafkan hartanya di jalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir tumbuh seratus biji. Maka Allah akan melipat gandakan bagi siapapun yang di kehendaki, dan hanya Allah yang  maha Kuasa lagi Maha Mengetahui.” (QS Al Baqarah: 261).

Pahala Terus Mengalir Walaupun Sudah Meninggal 

Sebenarnya Berwakaf hukumnya Sunnah, Namun siapa saja yang mengerjakannya hanya untuk mendapatkan keridhaan Allah maka orang itu  akan mendapatkan ganjaran yang begitu besar. Pahala dari wakaf akan terus mengalir meskipun pewakaf meninggal dunia karena wakaf ini berbeda dengan sedekah pada umumnya. Itu sebabnya Karena harta wakaf yang diberikan akan terus dimanfaatkan oleh penerimanya.

Membantu memberdayakan masyarakat miskin

Wakaf adalah salah satu bentuk ibadah dengan merelakan harta kita untuk kepentingan umat Islam dengan maksud beribadah mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Para Fuqaha (ahli fiqh dan ulama) berpendapat bahwa amalan wakaf adalah ibadah berupa sedekah yang menjanjikan pahala yang kekal dan mengalir kepada wakif selamanya dan sangat dituntut dalam Islam. 

Wakaf adalah amal saleh yang pahalanya akan diberikan terus menerus oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala kepada wakif sedangkan harta yang dihibahkan itu kekal dan digunakan oleh orang banyak. Bahkan dengan melakukan wakaf tidak hanya membantu meringankan kesulitan fakir miskin, hasil wakaf juga dapat digunakan untuk mengembangkan potensi dan memberdayakan umat. Sehingga dapat menghilangkan ketimpangan sosial.

Membangun Peradaban Muslim

Keistimewaan wakaf lainnya yakni sebagai ibadah yang dianjurkan oleh Allah SWT dan memiliki landasan hukum yang terjamin baik dalam konteks produk hukum negara maupun Al-Quran dengan membangun peradaban muslim. Hal ini karena wakaf merupakan salah satu bentuk perbuatan mulia yang terpuji dan bermanfaat bagi banyak orang. 

Menjalankan perintah Allah SWT untuk selalu berbuat baik, hal ini juga sesuai dengan firman Allah SWT. Memanfaatkan harta atau barang yang tidak terbatas untuk kepentingan umat Islam merupakan usaha dan tanggung jawab umat Islam. Mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi karena wakaf biasanya diberikan kepada badan hukum yang bergerak dalam kegiatan sosial dan kemasyarakatan. . 

Berdasarkan pembahasan di atas tentang keistimewaan tersebut yang sudah dijelaskan, tentunya dengan berwakaf Sahabat dapat memberikan kesejahteraan bagi banyak pihak, seperti keluarga, orang sekitar, dan diri kita sendiri.

Nah, disini Jadiberkah.ID merupakan platform digital yang memudahkan Sahabat menghubungkan calon wakif atau pemberi wakaf. Segala kebaikan dan hikmah wakaf bisa sahabat dapatkan dengan berbagai cara, salah satunya bisa diwujudkan dengan mendonasikan sebagian rezeki sahabat. Disini kami sarankan agar sahabat bisa bersimulasi donasi wakaf di website Jadiberkah.id.