Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kamera Instagram seperti iPhone Pengguna Android Wajib Tahu Agar Konten Tetap Bagus

Cara Membuat Kamera Instagram seperti iPhone - Mayoritas aplikasi berfungsi jauh lebih baik di iPhone dibandingkan dengan Android. Termasuk pada Instagram yang juga menjadi medsos yang banyak digunakan di Indonesia. Mengapa demikian dan adakah cara membuat kamera Instagram seperti iPhone?

Alasan Kamera Instagram di Android Tidak Sebaik di iPhone

Cara Membuat Kamera Instagram seperti iPhone
Cara Membuat Kamera Instagram seperti iPhone
Seperti yang diketahui, untuk urusan pengembangan hardware kamera, Android sebenarnya sudah yang paling terkini. Beragam pengembangan kamera di Android bahkan bisa menghasilkan kualitas gambar selayaknya menggunakan kamera pro. Sayangnya, setiap pengembangan yang ada akan menyulitkan developer aplikasi.

Baca juga: Penyebab kenapa efek kamera isntagram tidak bisa digunakan

Secara konsep, media sosial seperti Instagram masih menggunakan hardware kamera yang ada di ponsel. Yang berbeda adalah penggunaan sistem algoritmanya, yang mana kamera Instagram menggunakan algoritma yang dibuat oleh Instagram sendiri.

Oleh karenanya, ketika terdapat perubahan pada sistem gadget, maka aplikasi pun akan turut dikembangkan. Itulah yang terjadi pada penggunaan kamera Instagram yang harus mengikuti perkembangan sistem yang ada ponsel.

Sayangnya, perubahan sistem pada ponsel Android ini jauh lebih cepat dan lebih banyak dibandingkan dengan ponsel iPhone. Tercatat ada lebih dari 20 versi Android yang menggunakan Instagram, sementara untuk iPhone tidak lebih dari 10 versi.

Itulah yang menyebabkan Instagram hanya menyediakan versi standarnya untuk penggunaan kamera pada Android. Meski begitu, ada beberapa pilihan cara membuat kamera Instagram seperti iPhone yang masih bisa ditempuh untuk mengatasi ini.

Baca juga: Kenapa kamera Hp tidak bisa memotret? Berikut alasannya

Cara Membuat Kamera Instagram Android seperti iPhone

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kamera Instagram pada Android memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan pada iPhone. Untuk menyiasati hal ini, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Gunakan Kamera Asli Ponsel

Agar kualitas postingan dan Story, gunakan fitur kamera asli ponsel. Jadi alih-alih menjepret atau merekam dari kamera Instagram, sebaiknya melakukannya dengan fitur kamera di ponsel terlebih dahulu, baru mengupload-nya.

Memang proses ini tidak real-time dan tidak mungkin digunakan untuk Instagram Live. Hanya saja, untuk sekedar posting foto atau update Insta Story, masih sangat memungkinkan. Setelah foto diambil atau video direkam, tinggal pilih file media yang akan diupload ke Instagram.

2. Gunakan Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

Jika masih belum puas dengan kamera asli ponsel, maka coba download aplikasi kamera pihak ketiga. Biasanya aplikasi kamera seperti ini memang didesain untuk memperbaiki hasil jepretan atan rekaman dari objek yang diambil.

Baca juga: Cara memperbaiki kamera depan yang rusak secara sederhana

Misalnya saja aplikasi seperti Open Camera dan Google Camera, yang memang sudah didesain untuk memperbaiki kualitas layaknya menggunakan kamera pro. Terlebih pada Open Camera memiliki fitur untuk menentukan tingkat kualitas yang diinginkan.

3. Gunakan Instagram Mode

Beberapa ponsel Android keluaran terbaru dari Samsung ada yang didesain dengan mode Instagram secara khusus. Jika ponsel Android yang digunakan masuk dalam golongan ini, maka gunakan bisa mencobanya.

Untuk menggunakan Instagram mode, buka fitur kamera yang ada pada ponsel. Kemudian, pilih mode Instagram yang bisa ditemukan di sisi kiri atas layar. Jika menggunakan mode ini, maka pengguna bisa langsung menggunakan pilihan fitur yang dimiliki Instagram dan langsung mempostingnya.

Itulah 3 cara membuat kamera Instagram seperti iPhone yang bisa dilakukan pengguna Android. Selain itu, ketika memposting sesuatu di Instagram, pastikan untuk mengeditnya pada aplikasi khusus editor terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan Instagram memiliki standar ukuran tersendiri. Jika konten yang akan diupload memiliki ukuran yang lebih besar, maka Instagram akan mengecilkannya secara otomatis.