Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab Kenapa Efek Kamera di Instagram tidak Bisa Digunakan

Kenapa Efek Kamera di Instagram tidak Bisa Digunakan - Sebagian pengguna Instagram pasti pernah mengalami kejadian menjengkelkan, salah satunya yaitu efek kamera yang tidak berfungsi. Hal ini cukup membingungkan, terlebih jika ingin segera menggunakan efek kamera di Instagram yang unik dan beragam. Ada beberapa alasan kenapa efek kamera di Instagram tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Simak penjelasan berikut:

1. Aplikasi Instagram Belum Update

Kenapa Efek Kamera di Instagram tidak Bisa Digunakan
Kenapa Efek Kamera di Instagram
tidak Bisa Digunakan
Instagram terus melakukan pembaharuan terkait fitur yang ada di dalamnya, termasuk efek kamera. Maka dari itu, Instagram terus melakukan update secara berkala. Sehingga bagi pengguna smartphone yang tidak terbiasa melakukan update aplikasi, tentunya hal ini akan terlewat begitu saja. Banyak pengguna Instagram yang membiarkan aplikasi dalam kondisi expired atau masih menggunakan versi lama.

Baca juga: Cara mewaktu kamera instagram dengan mudah

Update aplikasi bisa dilakukan melalui Google Play Store kemudian cukup tekan tombol update pada aplikasi Instagram. Agar pengguna tidak mengalami hal serupa, alangkah baiknya untuk mengaktifkan update otomatis untuk Instagram. Cara ini cocok dilakukan bagi pengguna yang sering lupa upgrade aplikasi.

2. Cache Penuh

Penyebab lain kenapa efek kamera di Instagram tidak bisa digunakan adalah karena cache penuh. Cache merupakan data sementara yang tersimpan pada sistem penyimpanan internal smartphone. Semua aplikasi pasti memiliki cache, begitu juga dengan Instagram. Jika cache atau sampah ini tidak dihapus secara rutin, maka akan terus menumpuk.

Baca juga: Kenapa kamera Hp tidak bisa memotret? temukan jawabannya di sini

Cache yang menumpuk akan memenuhi memori penyimpanan smartphone. Sehingga aplikasi yang terpasang tidak bisa beroperasi dengan optimal. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menghapus cache atau sampah yang terdapat pada aplikasi.

3. Koneksi Internet tidak Stabil

Ketika koneksi internet lambat atau tidak stabil maka akan berpengaruh terhadap kinerja sebuah aplikasi. Salah satunya adalah tidak dapat menggunakan efek kamera di Instagram dengan baik. Bahkan Instagram tidak mampu membuka efek kamera yang tersedia.

Salah satu indikasi bahwa koneksi internet lambat adalah ketika membuka Instagram gambar akan muncul lama, feed Instagram juga sering berhenti dan lainnya. Untuk mengatasinya, pengguna bisa mengganti provider internet atau menggunakan WiFi. Selain itu, pengguna juga bisa menginstal aplikasi untuk melancarkan koneksi internet.

4. Perangkat tidak Kompatibel

Alasan lain kenapa efek kamera di Instagram tidak bisa digunakan yaitu karena perangkat tidak kompatibel terhadap aplikasi. Perlu diketahui bahwa tidak semua smartphone dapat menjalankan beberapa aplikasi tertentu. Hal ini bergantung terhadap system requirement dari sebuah aplikasi.

Pada Instagram terdapat batasan mengenai sistem operasi yang mendukung penggunaan aplikasi ini. Ketika perangkat yang digunakan memiliki sistem operasi di bawah batas minimal, tentunya membuat beberapa aplikasi tidak bisa beroperasi dengan baik. Oleh sebab itu, pastikan perangkat yang digunakan mendukung aplikasi Instagram.

5. Faktor Geografis

Efek kamera di Instagram tidak dapat digunakan karena adanya faktor geografis. Artinya hal ini berkaitan dengan lokasi di mana pengguna Instagram itu tinggal. Karena bisa jadi beberapa fitur terbaru yang dirilis oleh Instagram belum tersedia di daerah tempat tinggal pengguna saat ini. Baca juga cara menggabungkan kamera Hp ke Hp lain tanpa aplikasi

Jika hal ini terjadi, tentunya pengguna hanya bisa menunggu kebijakan dari Instagram tersebut berubah. Walaupun begitu, pengguna Instagram juga bisa melaporkan masalah tersebut ke pihak Instagram. Caranya yaitu melalui fitur bantuan yang tersedia di menu pengaturan. Dengan melaporkan masalah ini, pihak Instagram akan melakukan peninjauan kembali.

Itulah beberapa alasan kenapa efek kamera di Instagram tidak bisa digunakan dengan optimal. Dengan efek Instagram story, pengguna bisa membuat unggahan Instagram menjadi lebih menarik dan hidup. Tentunya postingan story tidak akan membosankan. Selamat mencoba!