Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mewaktu Kamera Instagram dengan Mudah

Cara Mewaktu Kamera Instagram - Ada berbagai macam fitur yang sudah disediakan oleh Instagram. Salah satunya yaitu fitur timer di kamera Instagram yang dapat digunakan ketika membuat story. Dengan menggunakan fitur ini, maka pengguna bisa mendapatkan posisi yang tepat saat mulai mengambil gambar atau merekam aktivitas. Di samping itu, cara mewaktu kamera Instagram juga sangat mudah, berikut panduannya:

Cara Mengaktifkan Fitur Timer di Kamera Instagram

Cara Mewaktu Kamera Instagram dengan Mudah
Cara Mewaktu Kamera Instagram
Ada banyak fitur menarik yang bisa digunakan ketika membuat story di Instagram. Mulai dari boomerang, tata letak, beberapa tangkapan, photobooth, Hands Free dan lainnya. Untuk bisa mewaktu karena di Instagram, maka fitur yang bisa digunakan adalah Hands Free. Namun, untuk mengaktifkannya membutuhkan beberapa langkah sebagai berikut:

1. Update Instagram Terlebih Dahulu

Untuk bisa menggunakan fitur timer yang ada di kamera Instagram, maka pengguna perlu memastikan bahwa aplikasi yang digunakan sudah update. Cara memastikannya adalah dengan melakukan pengecekan melalui Google Play Store. Selanjutnya cari Instagram pada kolom pencarian. Apabila muncul tombol update, klik tombol tersebut untuk memperbarui aplikasi. 

Baca juga: Cara mengatasi HP Lag saat main game

2. Buka Aplikasi Instagram

Jika aplikasi sudah berhasil di update, berikutnya buka aplikasi Instagram tersebut. Kemudian pada halaman beranda, ketuk fitur cerita yang terletak di bagian atas. Selain itu, pengguna juga bisa swipe halaman beranda Instagram ke kiri. Maka otomatis akan muncul halaman fitur story Instagram. Pastikan koneksi internet stabil, agar semua fitur bisa diakses dengan lancar.

3. Pilih Fitur Rekam Hands Free

Pada halaman ini akan muncul beberapa fitur untuk menunjang membuat story Instagram. Salah satu fiturnya yaitu fitur timer. Cara mewaktu kamera Instagram adalah dengan memilih fitur Hands Free yang terdapat pada fitur rekam Instagram. Fitur ini berada di sebelah kiri, cuku klik tanda panah dan cari fitur tersebut. Kemudian ketuk fitur Hands Free untuk menggunakannya.

Baca juga: Cara memotret yang baik dengan kamera HP terkini

4. Tahan Tombol Rekam

Setelah sudah memilih fitur Hands Free, maka akan muncul tombol rekam di layar HP. Untuk mengaktifkan timer, ketuk dan tahan tombol rekam tersebut. Perlu diperhatikan, jika hanya mengetuk tombol rekam, maka fitur akan langsung mulai merekam aktivitas tanpa ada timer.

5. Timer Aktif

Jika sudah menekan dan menahan tombol rekam, tunggu beberapa saat. Maka timer akan mulai berjalan secara otomatis selama 3 detik. Selanjutnya, kamera Instagram bisa merekam aktivitas yang akan dibagikan. Dikarenakan waktu timer hanya 3 detik, pastikan pengguna sudah mengatur posisi yang tepat agar foto atau video yang dihasilkan sesuai.

Fungsi Fitur Timer di Instagram

Fitur timer yang ada pada kamera tentunya memiliki fungsi tertentu, begitu juga pada Instagram. Secara garis besar, fungsi timer kamera adalah untuk memungkinkan penggunanya bersiap-siap sebelum merekam atau shoot foto. Fitur ini digunakan sebagai penghitung waktu mundur sebelum mengambil gambar atau video agar hasil bidikan tepat.

Baca juga: Kamera HP tidak bisa memotret? Berikut jawabanya

Terlebih untuk beberapa orang memang membutuhkan waktu yang lebih banyak ketika ingin mengatur gaya atau pose. Sehingga bisa ditemukan gaya yang sesuai. Namun, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa timer hanya berjalan 3 detik saja. Sehingga pastikan untuk megatur posisi sebelum menggunakan timer. Dengan demikian pengguna tidak perlu mengulangi pose yang sama berkali-kali.

Itulah cara mewaktu kamera Instagram melalui fitur Hands Free. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna menjadi lebih mudah untuk mengambil gambar maupun video. Story juga lebih menarik karena pengamblan gambar tepat sasaran. Apabila fitur Hands Free ini tidak ada, maka pengguna harus update aplikasi Instagram terlebih dahulu.