Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Laptop Tanpa di Format

Halo Sobat semua, dengan Bung Aab di sini. Semoga sobat semua sehat selalu ya. Kali ini saya akan berbagi tips cara mengatasi Flashdisk yang tidak terbaca di laptop. Jika sobat pernah mengalami masalah yang sama, yaitu Flashdisk sobat mengalami masalah seperti tidak bisa terbaca saat dicolokkan ke laptop jangan terburu-buru untuk dijual melaikan coba simak tutrial ini semoga bisa membantu sobat semua.

Flasdisk Saat ini sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting bagi sobat yang terbiasa berkerja dengan komputer. Pasalnya Flashdisk ini bisa menyimpan data - data penting dan juga bisa digunakan sebagai alat pemindah file dari perangkat ke perangkat lain nya.


Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca

Sebelum lebih jauh kita membahas cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca, ada baiknya kita ketahui dulu apa saja yang menyebabkan flasdisk bisa tidak terbaca di perangkat laptop. Berikut daftar penyebab flashdisk tidak terbaca:

1. Port USB atau Konektor Flashdisk Terhalang Oleh kotoran

Jangan buru - buru panik saat mengalami malasah Flasdisk sobat tidak terbaca di laptop. Karna biasa terjadi Port USB atau Konektor Flasdisk sobat terhalang oleh kotoran seperti debu dan lainnya. Terlebih dahulu coba bersihkan Port USB atau Konektor Flasdisk sobat laju colokkan kembali. Kotoran bisa menghalangi atau menghambat kinerja dari flasdisk sobat.

2. Terkena Virus dan Malwere

Penyebab Flashdisk sobat tidak terbaca selanjutnya adalah bisa juga disebabkan terkena virus atau malware. Lantas bagaimana virus atau malware tersebut bisa menyerang flashdisk sobat? Jawabanya simpel saja yaitu karena Flashdisk sobat pernah tersambung ke perangkat lain yang mungkin perangkat tersebut telah terkena virus atau malware tadi. Dan sayangnya setelah flashdisk sobat dicolokkan ke perangkat yang bervirus maka flashdisk sobat juga akan terkena virus. Parahnya, selain Flasdisk tidak terbaca, juga bisa menyebabkan file sobat yang ada didalam flashdisk hilang lantaran virus atau malware tadi.

3. Mencabut Flashdisk tanpa Eject

Kebiasaan mencabut Flashdisk tanpa Eject biasanya sering dilakukan diantara kita. karna Ingin cepat akhirnya main cabut saja flashdisk yang sedang terkonek pada perangkat. Padahal, kebiasaan mencabut flashdisk dari perengkat yang terkoneksi tanpa melakukan Eject terlebih dahulu bisa menjadi penyebab Flashdisk tidak terbaca di komputer atau leptop. Baiknya lakukan Eject terlebih dahulu saat ingin mencabut Flashdisk dari komputer atau leptop hingga proses Eject berjalan sepurna barulah dicabut. 

4. Flashdisk Bajakan

Beberapa faktor tidak terbacanya flashdisk sobat bisa saja flashdisk sobat adalah palsu alias bajakan. Kejadian ini cukup sering dialami oleh sebagian dari sobat kita yang mungkin saat membeli kurang teliti atau mungkin membeli flashdisk bukan pada toko yang terpercaya. karna saat ini banyak  beredar barang - barang palsu termasuk flashdisk. Jika kita kurang hati-hati saat membeli terkusus di marketplace, maka bisa saja sobat menjadi korban selanjutnya. Tentunya hal ini tidak dinginkan bukan? Yuk, sama-sama kita terapkan teliti dan hati - hati saat mebeli barang. Barang apa pun itu. Biasakan membeli pada toko yang benar-benar sudah terpercaya. 

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Laptop

cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca tanpa format
Pixabay.com foto by Stocksnap
Baik, setelah mengetahui apa saja penyebab Flashdisk tidak terbaca, Maka selanjutnya kita akan berbagi tutorial cara mengatasi Flashdisk yang tidak terbaca dilaptop. Kejadian flashdisk tidak terbaca di Laptop penulis sendiri pernah mengalaminya. Sempat bingung karna file yang ada di dalam Flashdisk cukup penting. Setelah searching kesana kemari alhamdulillah bisa teratasi. Maka pada tulisan ini saya ingin berbagi cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca berdasarkan pengalaman sendiri dan berhasil. Oya, sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi flashdisk yang tidak terbaca namun saya akan berbagi yang saya rasa mudah dan berhasil saja.

1. Silahkan klik kanan pada bagian "This PC" kemudian pilih "Manage" 

2. Selanjutnya apabila jendela "Computer Management" sudah terbuka silahkan pilih menu "Disk Management" 

3. Pada saat mengklik Disk Management di sana biasanya akan terlihat "Disk 1 Removable" Nah itulah Flashdisk yang tidak terbaca tadi. Namun ketika kembali klik "This PC" Flashdisk tetap tidak terbaca.

4. Agar flashdisk terbaca pada bagian jendela "Computer Management" silahkan klik kanan pada bagian "Disk 1 Removable" lalu pilih " Change Drive Latter and Paths..." kemudian klik tombol "Add"
 
5. Silahkan pilih nama atau inisial Falshdisk yang diinginkan Contoh: A,B,G,H, I dan seterusnya. Lalu Klik "OK"

6. Selanjutnya silahkan cek di bagian "Windos Explorer" Atau "Disk PC". Maka Flashdisk yang awalnya tidak terbaca sekarang sudah terbaca dengan baik.

Demikianlah tutorial cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca. Mudah-mudahan bisa membantu sobat yang mengalami flashdisk yang tidak terbaca. Jika ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar sobat di kolol komentar ya. Insya Allah akan kita bantu jawab.