Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top 12 Tempat Wisata Yang Sayang di Lewatkan Saat Liburan ke Mesir

Top 12 Tempat Wisata Yang Sayang di Lewatkan Saat Liburan ke Mesir
Pixel - Foto by Mouad Mabrouk
Liburan tidak melulu dengan pantai, boleh dong sesekali liburan dengan melihat - lihat padang pasir yang ada di Afrika. Ialah Mesir menjadi salah satu negara yang banyak dikunjungan oleh pelancong dari berbagai negara. Negara Mesir mungkin akrab dengan negara yang kaya akan wisata religinya, seperti Makam Imam syafi'i, Universitas Al Azhar dan Masjidnya yang terkenal, Masjid Amru Bin 'As dan banyak lainnya. Disamping itu juga banyak pelancong dari selain agama islam loh. Seperti Buhda, kriten dan lainnya. 

Negara piramida ini memiliki banyak wisata umum yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain wisata yang ditawarkan sarat akan budaya dan kultur juga bisa menjadi wisata religi yang bisa menambah keimanan atas kuasa Allah SWT. Sejarah dari wisata nya pun menarik untuk disimak. Berikut kami rincikan top 12 tempat wisata di Mesir yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. 

Top 12 Tempat Wisata Yang Ada di Mesir

1. Masjid Al Azhar

Masjid Al Azhar selain menjadi pusat pembelajaran ilmu agama juga tempat ibadah layaknya masjid biasanya, juga menjadi tempat yang sering dikunjungan para pelancong dari berbagai negara. Mereka biasanya yang datang mengunjungi masjid Al Azhar melihat-lihat desain bangunan dan teksturnya, juga pengunjung bisa melihat keadaan dan aktifitas dalam masjid seperti adanya ruwaq - ruwaq yang disetiap ruwaq itu ramai oleh pelajar yang sedang talaqi, belajar dari berbagai disiplin ilmu agama. 

Tidak sedikit, masjid Al Azhar dikunjungi pelancong barat. Melihat mereka yang datang dengan tidak menutup aurat, pengurus Masjid Al Azhar sudah menyediakan kostum kusus yang dipakaikan kepada mereka yang datang dengan berbusana tidak menutup aurat. 

2. Sungai Nil

Jangan bilang sudah pernah ke Mesir bila belum mengunjungi sungai Nil. Sungai terpanjangan di dunia ini berhulu di negara Sudan dan berakhir di Negara Mesir. Mesir tanpa sungai Nil bagaikan sawah tanpa air. Sungai Nil ini merupakan sumber air satu-satu nya yang ada di Mesir. 

3. Kota Alexandria

Kotsa Alexandria menjadi salah satu kota pinggir pantai terindah yang ada di Mesir. Kota ini dibangun oleh Alexander The Great.  Kemegahan kota Alexandria hingga saat ini menjadi primadona di mata pelancong yang ingin bersantai di pinggiran pantai nan indah. Tatanan kota yang rapi menghadap laut menjadi ciri tersendiri kota ini.

4. The Great Piramida dan Sphinx di Giza

Sampai saat ini Piramida dan Sphinx masih merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia. Dengan itu tidak heran jika ia menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di dunia. Bangunan dari Piramida dan Sphinx ini merupakan salah satu peninggalan peradaban Mesir Kuno, dibangun 3500 SM. Serasa tidak sempurna ke Mesir jika belum menghirup hawa Piramid dan sphinx.

5. Abu Simbel

Ramses II membangun sebuah kuil untuk dirinya dan satu unutk istrinya Nefertari tepat disebelahnya. Nah di kuil inilah terdapat didalamnya satu ruang yang dimasuki cahaya matahari hanya 2 kali dalam setahun. Kuil ini pun banyak diperbincangankan dengan sebutan kuil terindah di dunia.

6. Kuil Luxor

Kuil Luxor menghadap ke sungai Nil yang luas. Kuil dengan tiang - tiang berdiri tegak tak jauh dari kuil karnak. Jalan setapak yang diapit oleh patung - patung singa berkepala domba menghubungkan kuil ini dengan kuil Karnak.

7. Komplak Kuil Karnak

Komplek Kuil Karnak ini menjadi salah satu peribadatan terluas yang pernah dibangun manusia, bangunan kuno ini terdiri dari patung - patung raksasa dan tiang-tiang istana yang menjulang ke angkasa. Sangat menakjubkan.

8. Musium Cairo

Musium ini merupakan salah satu musium terlengkap. Didalamnya menyimpan sebagian besar hasil peradaban Mesir kuno. Di Musium inilah terdapat mumi Fir'aun yang di yakini kaum muslimin pernah hidup pada masa Nabi Musa As. Terdapat 120.000 artefak di musium ini.

9. The Valley Of The King

Nah di tempat inilah bangsa Mesir kuno menyimpan raja - jara mereka yang sudah dimumikan. Pekuburan yang digali jauh bermeter - meter ke dalam bumi. Merupakan tempat yang layak dikunjungi. Ada sekitar 62 mumi ditemukan di pemakaman ruang bawah tanah ini.

10. Padang Pasir  & Oase Siwa

Melihat mata air di tengah-tengah padang pasir yang gersang tentu menjadi sangat indah di mata. Apa lagi bisa berenang langsung ditengah Oase itu. Wah pasti seru banget yaa. Perlu diketahui bahwa mata air ditengah padang pasir yang gersang sangat jarang ditemukan. Oase ini akan menjadi daya tarik tersendiri ketika mengunjungi Mesir. Jika Alexander The Great saja menyukai tempai ini, kenapa Anda tidak?

11. Pantai Laut Merah

Syarm El Sykeh dan Hurgada dianggap syurga yang bocor bagi sebagian pelancong. Dengan resort yang indah dan daya tarik taman laut yang memesona, tentu menjadi alasan tersediri bagi turis untuk berlama - lama di sini.

12. Universitas Al Azhar

Di Mesir juga Anda bisa meilhat langsung universitas Al Azhar yang terkenal itu. Selain itu Anda juga bisa berkeliling kampus dan bisa langsung bersantai dengan berbagai jenis buku yang ada di perpurtakaan. Anda akan langsung merasakan dan melihat langsung kegiatan mahasiswa Al Azhar.

Demikian 12 tempat wisata yang direkomendasikan saat Anda nantinya ke Mesir. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan buat teman - teman semua. 

Sumber: "Long Journey To Egypt" dan penambahan oleh penulis