Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Hal Penting yang Belum Diketahui Wanita Muslimah Untuk Menjaga Dirinya (Bagian 2)

 Di pembahasan sebelumnya kita membahas bagaimana wanita muslimah bersama dirinya, yaitu menjaga tubuhnya dari berbagai macam penyakit dengan rutin berolahraga, kemudian menjaga penampilannya agar tetap anggun dan menarik dengan tetap memperhatikan batas-batas yang sudah di tetapkan oleh agamanya dan menerapkan pola hidup sehat untuk dirinya dan keluarganya.

Kemudian kita akan kembali lanjutkan pembahasan  selanjutnya tentang bagaimana Wanita Muslimah Bersama Dirinya.


3 Hal Penting yang Belum Diketahui Wanita Muslimah Untuk Menjaga Dirinya

2. Akalnya

Akalnya Dipenuhi Ilmu

Manusia pada dasarnya sangat ditentukan oleh hati dan lisannya. Atau dengan ungkapan lain; ditentukan oleh akal, pemikiran dan ucapannya. Bermuara dari sini maka terlihat jelas pentingnya membekali akal dengan wawasan ilmu yang bermanfaat, kemudian mengembangkannya dengan jalan mempelajari berbagai macam ilmu. 

Wanita muslimah yang sadar dengan petunjuk agamanya disetiap zaman dan tempat, mengetahui pentingnya mengiasi diri dengan ilmu yang bermanfaat. Karena ilmu akan memberikan dampak bagi kepribadiannya, anak-anaknya, keluarga dan masyarakatnya. Sehingga ia benar-benar terdorong untuk mengejar ilmu, dengan tekun dan rasa haus. Guna meraih ilmu yang bermanfaat bagi agama dan dunianya.

 

Ilmu-Ilmu Yang Wajib Di Pelajari Dan Ditekuni Oleh Wanita Muslimah

Yang pertama harus ditekuni oleh wanita muslimah adalah Al-Qur’an, baik itu bacaan, tajwid atau penafsirnnya. Kemudian ilmu hadits, sirah nabawiyah, biografi tokoh wanita sahabat dan tabi’in. selanjutnya ia menelaah permasalahan fiqih, untuk memperbaiki ibadah dan mu’amalahnya serta mengetahui hukum-hukum agama secara baik dan benar.

Sesudah itu ia mulai menekuni ilmu yag terkait dengan tugas utamanya di dunia yaitu ilmu yang berhubungan dengan kiat-kiat sukses mengurus rumah tangga, suami, keluarga, dan anak-anaknya. Karena dialah makhluk ciptaan Allah SWT yang akan berperan sebagai salah satu pilar penegak rumah tangga, pendamping suami, ibu bagi anak-anaknya. Juga sebagai penebar kasih sayang, sumber ketenangan, kebahagian, keteduhan, dan keindahan.

  

Penguasaan Wanita Muslimah Di Bidang Ilmu

Wanita muslimah di era modern ini hendaknya menjaga warisan berharga yang telah ditinggalkan oleh wanita muslimah terdahulu, untuk menambah kecintaan terhadap ilmu dan semakin tekun mempelajarinya. Karena wanita muslimah tidak akan sampai pada kedudukan mulia, keluasan cakrawala berfikir, ketajaman pandangan, kepribadian yang kuat dan kecemerlangan akal, kecuali dengan ilmu yang bermanfaat dan Pendidikan yang lurus.

 


Terbebas Dari Segala Warna Khurafat

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Sebagian istri-istri nabi SAW, bahwasannya beliau pernah bersabda: 

“Barangsiapa yang mendatangi peramal dan menanyakan tentang suatu hal, maka tidak akan diterima shalatnya selama empat puluh malam.” (HR. Muslim)

Wanita muslimah yang sadar dengan ajaran agamanya, memiliki keyakinan bahwa kedekatan dengan ahli bid’ah, khurafat, tahayul, paranormal dan dukun termasuk dosa besar yang akan menghapus amalan orang beriman dan akan menghancurkan akhiratnya. Oleh karena itu wanita muslimah haruslah menjauhkan dirinya dari segala macam warna khurafat tersebut. 


Selalu Menelaah Buku

Seorang wanita muslimah, dirinya akan sepenuhnya sadar bahwa menuntut ilmu itu merupakan kewajiban bagi seorang muslim, baik laki-laki atupun perempuan. Oleh karena itu ia selalu memenuhi akalnya dengan ilmu pengetahuan. Tidak pernah sepi dari membaca buku-buku yang bermanfaat, meskipun seberapa banyak pekerjaan rumah tangga dan seberapa berat pekerjaan seorang ibu.

Ia sisihkan waktunya untuk membaca buku yang bermanfaat atau majalah ilmiah. Sehingga akalnya akan selalu terisi dengan pengetahuan baru.


3. Rohaninya

Tekun Beribadah Dan Mensucikan

Wanita muslimah yang bertakwa senantiasa memperkuat rohaninya dan mensucikan jiwanya dengan jalan istiqomah dalam ibadah, zikir, introspeksi diri. Menghadirkan rasa takut kepada Allah SWT dan merasa diri senantiasa diawasi oleh-Nya. Melaksanakan apa yang mendatangkn keridhoan-Nya dan menjauh dari apa yang mendatanngkan kemurkaan-Nya. 


Mencari Teman Yang Baik Dan Mnghadiri Majlis-Majlis Dzikir

Teman yang shalehah memiliki dampak yang besar bagi keistiqamahan wanita muslimah, juga dalam penghiasan diri dengan akhlak yang mulia dan sifat-sifat yang terpuji. Karena biasanya teman dekat merupakan gambaran dari akhlak dan tingkah laku seseorang. Dengan demikian wajib bagi wanita muslimah untuk berteman dengan wanita-waita yang baik dan menjauhi wanita-wanita yang berperangai buruk.

Selain memperhatikan teman yang baik, wanita muslimah juga memiliki perhatian yang besar untuk menghadiri majelis-majelis, yang di dalamnya di bahas  tentang keagungan islam dan membina pribadi, keluarga dan masyarakat. Sehingga peserta majlis bisa merasakan kebesaran dan keagungan Allah SWT, dan menjadikan meteka semakin konsisten melaksanakan perintah-perintah Allah dan tunduk patuh dalam ketaatn kepada-Nya.


Memperbanyak Dzikir Dan Doa

Diantara sebab yang dapat membantu wanita muslimah dalam memperkuat rohaninya dan mengikat hatinya dengan Allah SWT adalah dengan menghafal doa-doa yang ma’tsur dari nabi SAW pada setiap harinya. Selanjutnya ia membiasakan diri untuk membaca dzikir dan doa pada waktu-waktu tertentu sesuai dengan kemampuannya. Dengan demikian hatinya tetap terhubung dengan Allah SWT, tersucikan jiwanya, terhidupkan perasaanya dan bertambah imannya.

  Wanita muslimah yang senantiasa sadar dengan petunjuk agamanya akan memperhatikan jalan yang dilaluinya, memperbanyak amal shaleh, agar selamat dari tempat kembali (neraka) yang menakutkan. Dimana setan dari golongan jin dan manusia senantiasa berupaya untuk menjerumuskan wanita masuk kedalamnya. Baca juga 3 Hal Penting yang Belum Diketahui Wanita Muslimah Untuk Menjaga Dirinya (Bagian 1)


Wallahu A’lamu bis Shawab

Sumber : Kepribadian Wanita Muslimah, Muhammad Ali Al-Hashimi