Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Hal Penting yang Belum Diketahui Wanita Muslimah Untuk Menjaga Dirinya (Bagian 1)

Islam sudah menganjurkan kepada pengikutnya untuk menampilkan wajah yang ceria kepada saudaranya sesama muslim ataupun kepada yang lainnya. Nabi SAW bersabda : 


لاَ تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ


“Janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun juga walau engkau bertemu saudaramu dengan wajah berseri” (HR. Muslim no. 2626).


Bukan hanya wajah yang ceria, tapi seorang muslim juga harus memperhatikan pakaian, penampilan, juga tingkah laku dan amalan yang lainnya. 

Setelah islam mengajak pengikutnya untuk berpenampilan menarik dan rapi di tengah-tengah masyarakat, islam juga mengajak kepada muslimah secara khusus untuk berpenampilan anggun dan menjaga sikap dan penampilannya. Karena itu akan memberi pengaruh pada kehidupannya, suaminya, rumah tangganya, juga anak-anaknya. Oleh karenanya wanita muslimah sepatutnya tidak mengabaikan penampilan juga kebersihan lahiriyahnya ditengah kesibukannya. Dengan tetap terbingkai dalam kesederhanaan, tidak terkesan boros dan berlebih-lebihan. 


Bukan hanya penampilan lahiriyah saja yang perlu di perhatikan, tapi akalnya dan ruhnya juga sangat perlu di perhatikan. Karena wanita muslimah yang cerdas senantiasa menyelaraskan antara jasad, akal dan ruh. Sehingga dirinya bisa memberikan hak-haknya secara adil dan proposional.

Lalu bagimana cara wanita muslimah merealisasikan keseimbangan antara jasad, akal, dan ruh? 

  1. Tubuhnya 

Sederhana Dalam Makan Dan Minum


3 Hal Penting yang Belum Diketahui Wanita Muslimah Untuk Menjaga Dirinya

Wanita muslimah senantiasa berusaha agar tubuhnya selalu sehat, kuat, dan tidak loyo. Oleh karenanya ia tidak pernah makan dengan rakus dan berlebihan. Tetapi ia memilih makanan terbaik yang bisa menguatkan tulang-tulangnya, memelihara kesehatan tubuhnya dan memberikan semangat, kekuatan, dan keseimbangan pada tubuhnya. Dirinya menyadari sepenuhnya bahwa orang mukmin yang kuat lebih disukai oleh Allah daripada mukmin yang lemah, berdasarkan petunjuk Rasulullah SAW. 


Rasulullah SAW bersabda : “Tiada seorangpun dari manusia yang mengisi bejana lebih buruk dari perutnya. Tetapi apabila ia harus melakukannya jua, maka sepertiga untuk makanannya. Sepertiga untuk minumannya dan sepertiga lagi untuk pernapasannya.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi).


Wanita muslimah juga akan menjauhkan dirinya dari segala bentuk narkoba, hal-hal yang membahayakan dan dilarang dalam agamanya. Juga menghindarkan dirinya dari kebiasaan yang kurang terpuji pada masyarakat islam dan kaum muslimin. Seperti bergadang, menghabiskan malam dengan bersenda gurau, acara yang tidak bermanfaat, atau hanya ingin menghabiskan waktu saja.  


Gemar Berolahraga

Wanita muslimah membiasakan dirinya berolahraga yang sesuai dangan tubuh, berat badan, usia, lingkungan sosialnya serta pada waktu-waktu yang telah ditentukan.

Dengan berolahraga diharapkan tubuhnya menjadi sehat dan akan memberikan kekuatan juga kekebalan dari berbagai macam penyakit. Juga menjadikan dirinya mampu menunaikan kewajiban-kewajibannya dengan baik, terutama dalam melaksanakan misinya yang asasi. Baik itu menjadi seorang ibu, istri, anak perempuan ataupun anak remaja.

  

Badan Dan Pakaiannya Bersih

Wanita muslimah selalu memelihara kebersihan badan juga pakaiannya. Hal demikian itu seuai dengan ajuran nabi Muhammad SAW. Sebagai mana sabda nabi SAW :

<<“Bersihkanlah badanmu pada hari jum’at, dan basuhlah kepalamu, meskipun tidak dalam keadaan junub. Dan pakailah wangi-wangian pada tubuhmu.”>>  (Fathul Bari : 2/370)

Diriwayatkan juga dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda : “Wajib bagi setiap muslim mandi satu hari dalam satu pekan, membasahi kepalanya dan membersihkan badannya.” (Muttafaq ‘Alaihi)

Yang demikian adalah karena kebersihan adalah sifat yang lazim melekat pada diri manusia terutama wanita muslimah. Kebersihan bukan hanya menjadikan wanita muslimah dekat dan dicintai oleh suaminya saja, tetapi oleh semua orang yang melihatnya dan mengenalnya dari setiap wanita maupun karib kerabatnya.

 

Memelihara Kebersihan Mulut Dan Giginya

Wanita muslimah yang cerdas, senantiasa memperhatikan kebersian mulut dan giginya. Sehingga tidak ada sorangpun yang terganggu oleh bau mulutnya, yaitu dengan cara membersihkan giginya setiap kali sesudah makan, baik itu dengan sikat gigi ataupun dengan siwak atau pembersih lainnya. Memeriksakan giginya ke dokter spesialis gigi, minimal setahun sekali, tanpa menunggu sakit gigi. Hal itu adalah sebagian dari usaha untuk menjada kebersihan gigi dan bau mulut.


Jika perlu ia juga bekonsultasi dengan dokter THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan), agar nafasnya selalu segar, bersih dan tidak berbau.

Aisya radiallahu ’anha, sangat memperhatikan kebersihan giginya. Ia tidak pernah lupa untuk bersiwak. Hal ini banyak diriwayatkan dalam hadits-hadits shahih dalam kitab shahih bukhori dan muslim, yang diriwayatkn dari banyak sahabat. Salah satunya dari Mujahid Bin Urwah ra., ia berkata : “ Dan kami pernah mendengar Aisyah ummul mukminin membersihkan giginya di dalam biliknya…” (HR. Bukhari) 


Merawat Keindahan Rambutnya

Diantara petunjuk nabi SAW yang sangat agung adalah bahwasannya beliau memerintahkan untuk merawat rambut dan memperindahnya sesuai syariat islam. Sebagaimana hadits yang diriwaytkan oleh Abu Daud dari Abu Hurairah ra. Bahwa rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang memiliki rambut, maka hendaklah ia menghormatinya.” (HR. Abu Daud)

Maksud dari memuliakan rambut dalam islam adalah dengan, membersihkannya, menyisir, memakai minyak rambut, serta memperindah bentuknya. 


Berparas Menarik

Wanita muslimah yang benar-benar sadar akan ajaran agamanya, sangat memperhatikan pakaian dan penampilannya serta berparas menawan, tanpa melakukan tabarruuj (bersolek), tidak berlebih-lebihan dan tidak pula bermewah-mewahan. Menyejukkan mata suami, anak-anaknya, mahramnya juga para Wanita Muslimah yang memandangnya. 

Ia tidak menampakkan penampilan yang semerawut dan acak-acakan terhadap orang yang boleh melihatnya. Tapi sebaliknya, ia senantiasa memperhatikan penampilannya yang rapih dan menarik, sebagai wujud realisasi terhadap ajaran islam yang menyeru kepada penampilan yang baik, menarik, dan berhias diri. Allah SWT berfirman : {Katakanlah : “Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan (siapa pulakah yang mengharamkan) rezeki yang baik?”} (QS. Al A’raf : 32)


Tidak Tabarruj Dan Berhias Secara Berlebihan

Perhatian wania Muslimah terhadap penampilan tidak menjadikannya melakukakn tabarruj (menampakkan kecantikannya) selain kepada suaminya ataupun mahramnya. Dan tidak pula menjadikannya berlebih-lebihan dan melampaui batas dalam berhias, yaitu dengan melampaui batas norma-norma yang telah digariskan islam.


Bersambung di bagian 2: 3 Hal Penting yang Belum Diketahui Wanita Muslimah Untuk Menjaga Dirinya (Bagian 1)


Wallahu A’lamu bis Shawab

Sumber : Kepribadian Wanita Muslimah, Muhammad Ali Al-Hashimi