Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menidurkan Bayi Tanpa Harus Digendong

Sejak dini, bayi harus dilatih untuk tidur dengan cara yang baik. Oleh karenanya, cara menidurkan bayi harus dipelajari orang tua sejak awal. Apabila proses tidur dilakukan secara efektif, maka kualitas tidur bayi akan lebih baik.

Pada artikel ini, akan dijelaskan lima cara menidurkan yang baik untuk diterapkan pada bayi. Penasaran apa saja cara yang bisa dilakukan? Untuk mengetahui daftar dan penjelasannya, maka sobat bisa menyimak uraian yang ada di bawah ini:

Cara Menidurkan Bayi

1. Hindari Mengayunkan Bayi

Cara pertama yang harus diperhatikan dengan baik adalah tidak mengayunkan bayi saat tidur. Apalagi saat bayi sudah masuk usia 4 bulan, maka proses menidurkan dengan mengayunkan serta menggendong harus segera dihindari.

Apabila proses tersebut dilakukan terus-menerus bahkan setelah 4 bulan, maka bayi akan tumbuh dengan cara tidur yang sama. Nantinya bahkan saat besar, anak akan meminta tidur dengan cara digendong.

Sebagai penggantinya, bayi yang sudah menunjukkan tanda mengantuk bisa segera dibaringkan di tempat tidur. Beri kesempatan pada bayi untuk menenangkan diri sendiri dengan pendampingan sampai tidur.

2. Maksimalkan Pemberian ASI

Kemudian untuk cara kedua, pastikan pemberian ASI-nya sudah maksimal. Bayi yang mendapat ASI cukup, maka akan mengantuk dan tidur dengan sendirinya. Cara ini termasuk sangat potensial untuk dilakukan karena bisa memberikan hasil yang efektif.

ASI yang diberikan kepada bayi memang memiliki kandungan nukleotida. Kandungan ini akan membuat bayi tidur lebih cepat. Jadi Ibu tidak harus menggendongnya saat akan menidurkan bayi secara maksimal.

Apabila bayi terbangun di tengah tidurnya, jangan langsung beri ASI lagi. Coba untuk menepuknya perlahan sampai kembali tidur. Namun jika menangis, maka beri ASI lagi sampai bayi merasakan kantuk dan tidur.

3. Redupkan Penerangan Kamar

Cara menidurkan bayi selanjutnya adalah dengan meredupkan penerangan kamar yang digunakan. Hal ini termasuk efektif untuk bayi agar proses tidurnya lebih mudah dan tidak perlu membutuhkan waktu yang panjang.

Perlu sobat pahami bahwa cahaya yang ada di kamar akan berpengaruh pada siklus tidur dan proses bangun secara alami. Jadi jika lampu terang, maka bayi akan sulit tidur dan masih terangsang untuk terus bangun.

Untuk itu, buat lampu lebih redup. Matikan lampu utama dan nyalakan tambahan lampu tidur yang lebih temaram. Meski di siang hari, proses ini akan sangat efektif dan akan memudahkan orang tua untuk menidurkan bayinya.

4. Beri Tempat Tidur yang Nyaman

Membuat tempat tidur bayi menjadi nyaman juga termasuk dalam cara menidurkan yang efektif. Bayi akan lebih cepat tidur saat tempat tidurnya tidak mengganggu. Oleh karenanya, berikan alas tidur yang cocok dengan kulit bayi.

Selain kenyamanan, beri juga keamanan yang maksimal. Jangan tidurkan bayi di pinggir ranjang tanpa pembatas. Usahakan bayi selalu di tengah dengan pembatas di kanan dan kirinya. Dengan demikian, bayi tidak akan jatuh.

5. Beri Pijatan

Terakhir, beri pijatan pada bayi agar proses tidurnya lebih mudah. Pijatan yang lembut akan membuat bayi lebih rileks dan nyaman. Oleh karenanya, proses tidur akan mudah dan tidak menghabiskan waktu panjang.

Bagian tubuh bayi yang bisa diberi pijatan adalah di kaki, lengan, dan perut. Beri saja pijatan sekitar 15 menit sebelum tidur dengan baby oil. Prosesnya juga tidak bisa sembarangan dan harus dilakukan dengan baik.

Demikianlah lima cara menidurkan bayi paling baik yang bisa sobat ikuti. Meski caranya tidak mudah, namun proses ini akan memberikan dampak yang baik untuk bayi. Oleh karenanya, tetap konsisten sehingga bayi terbiasa dengan cara-cara tersebut.