Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Bayi Baru Lahir Bahasa Arab lengkap dengan Artinya

Kehadiran sang buah hati memang menjadi kebanggaan bagi setiap orang tua. Diharapkan bayi yang baru lahir tentunya bisa menjadi anak yang berbakti kepada orang tua. Kali ini akan dijelaskan bagaimana membaca doa bayi baru lahir bahasa arab lengkap dengan artinya.

Doa Bayi Baru Lahir Bahasa Arab lengkap dengan Artinya
Doa bayi baru lahir dalam islam.
Ⓒ Pixels.com
Membaca doa untuk bayi yang baru lahir sangat dianjurkan bahkan diwajibkan. Hal tersebut karena menunjukkan bahwa Sahabat bersyukur atas rezeki dan karunia yang Allah SWT berikan dalam bentuk seorang anak.

Seorang anak yang dilahirkan merupakan salah satu bentuk rezeki yang Allah SWT berikan. Dari sang anak, Sahabat akan belajar banyak hal serta bagaimana menjaga titipan Allah SWT tersebut. Dari seorang anak juga nantinya akan bisa memuliakan orang tuanya di hari kiamat nanti.

Baca juga: Doa untuk keluarga dan saudara

Anak bayi yang baru lahir masih bersih dari segala dosa dan kesalahan, oleh sebab itu dianjurkan untuk membacakannya doa-doa yang positif dan baik. Di bawah ini merupakan beberapa doanya yang bisa dibaca ketika menemui bayi yang baru lahir.

Ucapan Doa Kelahiran seorang Anak

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ، وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ، وَبَلَغَ أَشُدَّهُ، وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

Artinya: “Semoga Allah memberkahi untukmu anak yang diberikan kepadamu, dan engkaupun bersyukur kepada Sang Pemberi, dan dia dapat mencapai dewasa, serta engkau dikaruniai kebaikannya.”

أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

Artinya: “Aku memohon perlindungan bagimu berdua dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu, serta dari pandangan mata buruk.”

أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Artinya: “Aku memohon perlindungan untuknya dan anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaann) Engkau, daripada syaitan yang terkutuk.”

Bayi yang baru lahir tentu diharapkan bisa menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, taat agama, serta berbakti kepada nusa dan bangsanya. Sang bayi juga diharapkan bisa menjadi anak yang pintar, cerdas, bisa memberi manfaat bagi lingkungannya serta menjadi panutan bahkan penolong orang tuanya di akhirat kelak.

Doa Bayi Baru Lahir

Ketika bayi yang baru lahir, hendaknya langsung dilakukan adzan pada telinga sebelah kanannya. Hal ini sering dilakukan oleh umat muslim sebagai tanda pengenalan Tuhan pada sang bayi.

Tidak hanya membacakan adzan, orang tua laki-laki alias ayah dari sang bayi juga dianjurkan untuk membaca doa di bawah ini.

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَآمَّةٍ  وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَآمَّةٍ

 Artinya:“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah dari segala setan, kesusahan, dan pandangan yang jahat.”

اللهم اجْعَلْهُ بَارًّا تَقِيًّا رَشِيْدًا وَأَنْبِتْهُ فِي الْإِسْلَامِ نَبَاتًا حَسَنًا

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah ia orang yang baik, bertakwa, dan cerdas. Tumbuhkanlah ia dalam islam dengan pertumbuhan yang baik.”

Setelah membaca doa tersebut, kemudian dianjurkan juga bagi sang ayah untuk membacakan surat pendek Al-Ikhlas dan surat Al-Qadr pada telinga sebelah kanan bayi.

Membacakan doa pada bayi baru lahir sangat bagus dan sangat dianjurkan karena akan memberi dampak yang positif pada sang bayi. Sebaiknya dibacakan juga iqamah pada telinga kiri bayi setelah membacakan adzan pada telinga kanan bayi.

Diriwayatkan oleh Ibnu Sunni dari Hasan bin Ali RA bahwasanya Rasulullah Salallahu’alaihi wassalam bersabda, “Barangsiapa melahirkan seorang anak, maka dianjurkan untuk adzan pada telinga kanan dan iqamah pada telinga kiri, niscaya anak itu tidak akan diganggu setan.”

Baca juga: Doa mengubur ari-ari dan tata caranya

Dari hadist tersebut, sudah diketahui bahwa membacakan adzan dan iqamah pada bayi yang baru lahir sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad Salallahu’alaihi wassalam.